Artikel Pendidikan Bermanfaat

11/30/2016

Pentingnya Pendidikan Akhlak Untuk Anak

Pentingnya Pendidikan Akhlak Untuk Anak 

Sahabat Muslim sekalian, Berikut ini adalah artikel singkat yang akan membahas mengenai Pentingnya Pendidikan Akhlak Untuk Anak  yang semoga dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua dan menjadi wacana yang menarik untuk kita bahas, berikut ini ulasannya : 

Anak adalah amanah Allah kepada kedua orang tuanya, anak adalah buah hati setiap orang tua, yang menjadi kebanggaan mereka dan menjadi dambaan setiap keinginan orang tuanya, terlahir sebagai penyejuk hati bagi setiap keletihan hati dan jiwa orang tuanya, menjadi semangat dan motivasi bagi kedua orang tuanya.

Tatkala anak sudah dewasa maka mereka bertanggung jawab atas diri mereka. Salah satu pertanggung jawaban tersebut adalah dengan memelihara diri sendiri serta keluarga dan salah satu caranya yaitu dengan mendidik anak anak agar kelak dapat memepertanggung jawabkan diri mereka sendiri.
Pendidikan tersebut banyak cabangnya. Salah satunya adalah pendidikan akhlak , akhlak anak yang baik dapat menyenangkan hati orang tuanya juga orang orang di lingkungannya, namun, satu hal yang disayangkan dari orang tua zaman sekarang, mereka jarang memperhatikan pendidikan akhlak bagi anak mereka, mengajarkan kepada mereka apa pentingnya akhlak yang baik bagi kehidupan kita ( manusia ) dikarenakan kesibukan mereka atau mungkin karena ketidak tahuan mereka. Prinsip yang mereka pegang adalah hanya sebatas membahagiakan anak, namun kebahagiaan apa yang ingin di ajarkan kepada mereka ?

Pentingnya Pendidikan Akhlak Untuk Anak
Pentingnya Pendidikan Akhlak Untuk Anak
Ada banyak pendapat tentang membahagiakan anak dan di antaranya adalah bahagia ketika ketika anak dapat sekolah di sekolah favorit dan menjadi bintang kelas, orang yang memiliki pendapat atau persepsi seperti ini maka akan menggebu gebu mencari mencarikan tempat Les hingga lupa waktu untuk memperkenalkan agama untuk anaknya. Ada pula yag berpendapat bahwa kebhagiaan adalah ketika kebutuhan anak dapat terpenuhi atau tidak kekurangan apapun didunia ini.

Orang tua tipe ini akan terus berambisi mencari dan mengejar materi untuk memuaskan sang anak tanpa disertai dengan pendidikan akhlak yang baik juga bagaimana cara mengatur dan memanfaatkan harta dengan baik dan benar. Dan ada pula yang berpendapat bahwa kebahagiaan adalah buah dari keimanan kepada  Allah dengan bentuk ketenangan didalam hati.

Namun di zaman sekarang,  persersi yang ketiga ini jarang ada orang yang meminatinya dan sepakat, ke banyakan dari mereka hanya sependapat dengan persepsi yang pertama dan yang kedua. Tatkala anak tumbuh menjadi dewasa lalu menjadi anak yang pembangkang, suka membantah orang tua bahkan menjadi anak durhaka.

Banyak orang tua yang menyalahkan anak dalam hal ini dengan mengatakan  anak tersebut salah memilih pergaulan atau tidak memiliki moral yang baik, hal ini terjadi bukan karena alasan tersebut melainkan orang tualah yang harusnya mawas diri dalam hal mengajarkan anak arti daripada pendidikan akhlak sang anak. Sudahkah anak di ajarkan tentang akhlak, dan apa pentingnya akhlah sejak iya masih kecil ? tahukah mereka cara berbakti kepada kedua orang tuanya, atau sudahkan mereka tahu bagaimana cara beretika dalam kehidupannya sehari – hari ? namun jika jawabannya belum maka wajarlah jika anak tersebut tumbuh dan dewasa seperti itu. 

Mungkin, jika saat ini si anak masih kecil maka belum terasa dampak dan arti tentang betapa pentingnya pendidikan akhlak bagi kita selaku orang tua, namun setelah dewasa nanti maka akan terasa bahkan kadang sangat menyakitkan untuk kita selaku orang tuanya dan perlu kita ketahui bersama bahwa akhlak anak baik itu jauh lebih berharga dibandingkan dengan harta yang kini sedang menjadi obssesi para orang tua maka dari itu mari kita mulai menanamkan pendidikan akhlak tersebut kepada masing msing calon generasi kita, genarasi penerus bangsa kita sebelum terlambat, semisal :

  • Dengan mengajarkan mengucapkan salam kepada orang lain atau ketika ingin masuk rumah apa lagi masuk rumah orang lain, 
  • Jangan ribut jika orang tua sedang ada tamu, 
  • Jangan berlalu lalang jika di rumah sedang ada tamu, 
  • Etika saat manikmati makanan, serta 
  • Mengajarkan kejujuran dan tak lupa ajarkan mereka mengaji dan shalat 

Karena percuma sopan dan santun serta akhlak yang baik jika kedua itu tidak ia ketahui sama sekali karena kedua hal tersebut adalah kunci salah satu kunci keberhasilan dari segala hal dimuka bumi ini, 

Ketahuilah bahwa akhlak yang baik dari seorang anak akan melahirkan generasi yang baik pula yaitu generasi muda yang berbakti dan taat kepada kedua orang tua, Negara dan Agamanya. 


“ Sekian, semoga bermanfaat “        

Pentingnya Pendidikan Akhlak Untuk Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: edho kasiilmu

0 komentar:

Posting Komentar