Artikel Pendidikan Bermanfaat

11/30/2016

Peranan Media Pendidikan Di Sekolah Dasar

Peranan Media Pendidikan Di Sekolah Dasar 

Sahabat pendidikan sekalian berikut ini adalah artikel singkat yang akan membahas mengenai Peranan Media Pendidikan Di Sekolah Dasar  yang diharapkan dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua dan menjadi wacana yang menarik untuk kita bahas, berikut ini ulasannya : 

- Media  

Adalah : Bentuk – betuk komunikasi baik tercetak ataupun audio visual serta peralatannya. Media pembelajaran mencakup semua sumber yang diperlukan untuk melakukan komunikasi dengan siswa. Media juga bisa di artikan sebagai segala sesuatu yang dapat dimanipulasi, dipandang, didengar ataupun dibicarakan untuk menyampaikan suatu materi atau suatu pesan tertentu. Media ini dibagi menjadi bebrapa jenis antar lain : audio yaitu media berbentuk sarana penyampai, pembawa dan pengantar pesan yang ditangkap melalui indara pendengaran.

- Visual 

Yaitu : Media berupa gambar, model , atau ala yang dapat memberikan pengalaman visual yang nyata bagi anak. 

- Audio visual 

Yaitu : media yang memiliki unsure suara dan juga gambar berbasis teknologi informasi. Yaitu media yang sesuai dengan perkembangan  teknologi contohnya computer. 

- Human media 

Yaitu : yaitu media yang bisa berupa orang, materi atau peristiwa yang member kesempatan kepada peserta didik untuk memperoleh pengetahuan.

Baca juga : Pentingnya Pendidikan Akhlak Untuk Anak

- Model 3 dimensi 

yaitu : media tiruan dari beberapa objek nyata yang berbentuk tiga dimensi.
Pentingnya media pembelajaran di sekolah dasar.


Peranan Media Pendidikan Di Sekolah Dasar
Peranan Media Pendidikan Di Sekolah Dasar 
Media pembelajaran sangatlah penting  pada proses KBM di sekolah dasar, terutama di kelas rendah, karena karakteristik anak di sekolah dasar yang masih senang bermain dan juga bergerak. Oleh karena itu seorang guru sekolah dasar dituntut untum mampu membuat dan mengembangkan media pembelajaran. Itu artinya peran guru sebagai mediator akan terwujudkan.

Dalam mengembangkat media pembelajaran juga harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik atau karakteristik peserta didik, dan yang pentingnya lagi, guru harus memiliki keterampilan dalam merancang suatu media dan harus sesuai dengan tujuan serta bahan pelajaran. Guru juga dipandang sangat perlu  mengetahui dan memahami berbagai jenis media dan sumber belajar beserta fungsi dari masing masing media pembelajaran tersebut. 

Dengan adanya media pembelajaran dapat memberikan manfaat kepada peserta didik maupun pendidik. Diantaranya adalah : 

1. Membengkitkan minat belajar peserta didik dan motivasi peserta didik 
2. Dapat menarik perhatian peserta didik agar lebih focus dalam belajar
3. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan ukuran
4. Menjadikan peserta didik lebih aktif dalam kegiatan belajar 
5. Memungkinkan peserta didik untuk menyaksikan sebuah benda/suatu peristiwa yang ada
6. Memungkinkan peserta didik mengamati benda/peristiwa yang sulit dikunjungi karena tempat yang berbahaya atau jauh dengan kata lain sulit dijangkau.
7. Memngkinkan pesesrta didik untuk belajar sesuai dengan minat dan kemampuannya
8. Memudahkan guru dalam menjelaskan 

Jika seorang guru benar benar menerapkan hal tersebut diatas maka kegiatan pelajaran akan berhasil sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Karena peserta didik seakakn akan melihat langsung sesuatu yang kongkrit dari sesuatu yang abstrak setalah adanya bantuan media pembelajaran tersebut sehingga peserta didik merasa senang dan termotivasi serta tidak merasa bosan dalam mengikuti setiap mata pelajaran yang di ajarkan oleh guru. Guru yang kurang dalam hal berkomunikasi akan merasa terbantukan dan tertutupi setelah adanya media pembelajaran tersebut.

Demikianlah uraiaan singkat diatas semoga ada manfaatnya dan semoga menjadi pedoman kita dalam menghadapi peserta didik dilingkungan sekolah kita aminn. 


Peranan Media Pendidikan Di Sekolah Dasar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: edho kasiilmu

0 komentar:

Posting Komentar