Artikel Pendidikan Bermanfaat

12/03/2016

Hakikat Hidup Menurut Qur'an Hadist

Hakikat Hidup Menurut Qur'an Hadist


Salam sahabat Muslim dan Muslimah yang sama-sama berbahagia, dibawah ini adalah artikel yang akan membahas mengenai Hakikat Hidup  yang sekiranya dapat menjadi pelajaran atau ilmu baru yang bermafaat bagi segenap pembaca dan dapat diaplikasikan dikehidupan kita sehari-hari, dan berikut ini ulasannya :

Bicara soal hakikat hidup sebenarnya membutuhkan rincian yang sangat panjang dan terinci. Namun secara ringkas hakikat hidup bisa terungkap dari pernyataan sahabat Nabi Muhammad SAW yaitu Ali Bin Abi Talib yang menurutnya awal kehidupan adalah tangisan, pertengahannya adalah ujian dan ujungnya adalah kefanaan, ketika anda lahir anda menangis, dan tangisan itu menjadi warna kehidupan yang dimana tangisan itu sendiri adalah tanda pada saat anda sedang sedih atau pula bahagia. 

Hakikat Hidup Menurut Qur'an Hadist
Hakikat Hidup Menurut Qur'an Hadist
Ketahuilah bahwa kehidupan dunia  itu hanyalah permainan dan sesuatu yang melalaikan, perhiasan dan  bermegah-megah antara kamu serta berbangga – bangga dengan banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang  tanam – tanamannya  mengagumkan para petani kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang  keras dan ampunan dari allah serta kerhidaannya.

Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. ( QS 57: 20 ) 

Dalam hidup tidak ada satupun manusia yang luput dari ujiannya allah. Dengan kadar yang berbeda – beda namun ujian itu pasti ada, segala hal didalah kehidupan yang kita genggam sebenarnya hanyalah asesoris dan hiasan termasuk gelar akademis, kekayaan, harta , keduniaan lainnya, 

Tiap – tiap yang berjiwa akan merasakan mati, kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan ( yang sebenar-benarnya ) dan hanya kepada kamilah kamu dikembalikan ( QS 21: 35 )

Dan carilah dari apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu ( kebahagiaan ) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari ( kenikmatan ) duniawi dan berbuat baiklah ( kepada orang lain ) sebagai mana allah telah berbuat baik kepadamu,dan janganlah kamu berbuat kerusakan di ( muka ) bumi.

Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. ( QS 28:77 )

Ada sesuatu yang akan kita miliki secara abadi sampai diakhirat nanti dan juga yang hanya didunia ini maka jadikanlah dunia ini sebagai sarana untuk mencari bekal untuk menuju alam yang selanjudnya. Karena alam yang akan dilalui manusia hanyalah memiliki 1 tiket saja dengan kata lain tidak dapat di kembalikan atau diganti lagi, ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Itulah ulasan singkat tentang Hakikat Hidup yang diharapan mampu menjadi angin penyegar bagi kita dalam memahami tentang apa hakikat hidup hidup kita sebagai manusia yang sebanarnya dan sebagai hamba Allah yang sesunguh-sungguhnya, terikasih dan sukses selalu bersama anda.

Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat
Hakikat Hidup Menurut Qur'an Hadist Rating: 4.5 Diposkan Oleh: edho kasiilmu

0 komentar:

Posting Komentar