Artikel Pendidikan Bermanfaat

2/09/2017

Bulan Rhamadhan Dan Keistimewaannya

Bulan Rhamadhan Dan Keistimewaannya 


Bulan Rhamadhan . mengapa bulan yang satu ini begitu diistimewakan dibandingkan bulan-bulan yang lainnya ? apakah bulan Rhamadhan punya arti tersendiri bagi manusia. Jawabannya adalah Iya…..

Bulan Rhamadhan merupakan bulan yang paling di istimewakan bagi umat Muslim dan salah satu keistimewaannya serta keutamaannya tidak lain adalah dengan berpuasa selama satu bulan penuh dibulan tersebut serta masih banyak keutaman lainnya. Selain dari keutamaan bulan suci Rhamadhan sebagai perintah untuk berpuasa, bulan ini juga memiliki keistimewaan yang lainnya diantaranya adalah dijelaskan dalam kitab Sahih Muslim ,hadist nomor 1793 yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA bahwa 

Rasulullah SAW bersabda : 

“ Apa bila tiba bulan Rhamadhan, maka dibukalah pintu-pintu syurga, ditutuplah pintu neraka dan setan-setan dibelenggu “. 

Syurga ( Al-jannah ) adalah tempat bagi mereka yang dianggap beriman dan bertaqwa yang telah mendapatkan balasan bahala kebaikan dari Allah berupa berbagai macam kenikmatan syurga yang tidak pernah ditemukan, dirasakan dan dilihat serta disentuh atau pula dibayangkan sedangkan sebaliknya , Neraka ( An-Nar ) adalah merupakan tempat pembalasan bagi mereka yang dianggap Mendurhakai Allah atau hidup dengan dosa-dosa dan tak mau bertaubat dan An-Nar tempat mereka disiksa sebagai bentuk balasan Azab Allah .

Bulan Rhamadhan Dan Keistimewaannya
Bulan Rhamadhan Dan Keistimewaannya 
Khusus pada bulan suci Rhamadhan seperti dijelaskan dalam hadist diatas bahwa pintu-pintu syurga akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup maka pastinya tidak aka nada seorangpun yang akan menolak dirinya untuk masuk kedalam syurga, begitu pula sebaliknya bahwa tidak aka nada diantara kita yang mau diazab oleh Allah didalam panasnya Api neraka. 

Bulan Suci Rhamadhan adalah bulan dimana penuh rahmat dan ampunan allah, dimana Amalan-amalan yang dilakukan selama bulan rhamadhan itu dilipat gandakan Pahalanya Oleh Allah SAW.  Maka dari itu manfaatkanlah kesempatan sekali dalam setahun ini untuk benar-benar khusyu’ dalam beribadah karena ditahun berikutnya belum ada dan tak akan pernah ada jaminan bahwa kita masih akan hidup. 

Berdoa , memohon dipanjangkan umur, diberikan kesehatan di berikan kesempatan untuk menebus dosa dan kesalahan yang telah kita perbuat serta berharap semoga kelak kita kembali dengan khusnul khatimah di hadapannya berkat bulan Suci Rhamadhan yang kita manfaatkan sebaik-baik manusia yang meriman dan sebaik –baik muslim yang baik. 

Dan keutamaan yang paling utama di bulan Suci Rhamadhan adalah Allah Memuliayakan rhamadhan dengan hadirnya malam “ Lailatul Qadar “ yaitu malam yang menurut ( QS. AL- Qadar 97 ) bahwa malam lailatul Qadar lebih mulia dari seribu bulan. Pada malam tersebut para malaikat turun kebumi untuk mengatur segala urusan, selain itu mala mini juga disebut malam turunnya Al-Qur’an. 


“ Terimakasih semoga bermanfaat “ 

Bulan Rhamadhan Dan Keistimewaannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: edho kasiilmu

0 komentar:

Posting Komentar