Artikel Pendidikan Bermanfaat

3/21/2017

Amalan dan Keutamaan Bulan Rhamadhan Menurut Qur'an Hadist

Amalan dan Keutamaan Bulan Rhamadhan Menurut Qur'an Hadist


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Jamaah yang dimulyakan oleh Allah SWt, Sudah kita ketahui bersama bahwa setiap ibadah yang diperuntukkan untuk Allah masing-masing dari hal tersebut memiliki keutamaannya tersendiri dan begitu pula dengan tema yang akan kita bahas kali ini yakni mengenai keutamaan didalam berpuasa.

A. Beberapa amalan dan keutamaan yang harus diketahi untuk jamaah muslim sekalian adalah :

1. Berpuasa

Bukan rhamadhan namanya jika pada bulan rhamadhan kita justru meninggalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga tenggelam di ufuk barat. adapun dalil yang menguatkan hal tersebut adalah ( " Siapa yang berpuasa rhamadhan dengan keimanan dan mengharapkan pahala, diampuni dosa-dosanya yang teah lalu " HR Bukhari dan Muslim)

2. Shalat Malam atau Tarawih

Diriwayatkan leh Aisyah RA, beliau berkata bahwa ( " jangan tinggalkan shalat malam, karena sesungguhnya Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkannya. Apabila beliau sakit atau lemah maka beliau shalat dengan duduk " HR Abu Dawud dan Ahmad" )

3. Shadaqah dibulan Rhamadhan

Berdasarkan hadist Ibnu Abbas RA yang berbunyi ( " Rasulullah Saw adalah oran gyang paling dermawan dan lebih dermawan lagi saat rhamadhan, ketika dijumpai jibril Alaihissalam, yang mengunjungi beliau setiap malan dibulan ramadhan dan mengajarkan beliau Rasulullah Saw alqur'an, maka sesungguhnya Rasulullah Saw lebih dermawan dalam berbuat baik dari pada angin yang berhembus " HR Bukhari" ) 

Amalan shadaqah dibulan ramadhan terdiri dari beberapa jenis yang dapat dijadikan ilmu yang bermanfaat yaitu

a. Memberi makan orang miskin dan anak yatim dan orang yang ditawan.
b. Memberi buka puasa bagi orang-orang yang berpuasa

4. Membaca Alqur'an
5. Duduk bertafakkur dimasjid hingga matahari terbit
6. I'tikaf di akhir rhamaddhan
7. Umrah Dibulan Ramadhan
8. Menghidupkan Lailatul Qadar
9. Memperbanyak doa, berzikir dan beristiqfar.


Hadirin jamaah yang sama berbahagia, Allah SWT telah berfirman didalam AL-Qur’an yang berbunyi 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْه

Yang artinya : “ Bulan Rhamadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelas-penjelas mengenai petunjuk itu dan pembela ( antara yang benar dan yang batil ). Karena itu , barang siapa diantara kamu ada dibulan itu , maka berpuasalah “ ( QS Al-Baqarah : 185 ). 

B. Adapun beberapa keutamaan yang harus kita ketahui bersama adalah : 


1. ibadah yang amalannya akan diberi ganjaran ( pahala ) langsung oleh Allah SWt.

Amalan-amalan lain telah disebutkan pahalanya oleh Allah SWt, namun pahala untuk orang-orang yang berpuasa akan langsung diberikan oleh Allah terlebih dahulu tanpa diketahui batasan amalan yang diberikan untuk para ummatnya yang berpuasa semata-mata ikhlas untuk beribadah kepada 
Allah. Dan mengenai hal ini Allah SWt berfirman melalui hadist Qudsi yang berbunyi :

قَالَ اللَّهُ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلاَّ الصِّيَامَ ، فَإِنَّهُ لِى ، وَأَنَا أَجْزِى بِهِ

Artinya : “ Setiap amal anak adam untuknya kecuali Puasa, maka itu untukku dan aku yang akan membalasnya “ ( Muttafaq ‘ Alaih ).

Allah telah menjanjikan kebaikan didalamnya dan ganjaran yang besar dan tak terhingga nilainya serta langsung diberikan oleh Allah kepada ummatnya yang beriman, lalu.? Apakah kita masih mau bermalas-malasan dan sengaja meninggalkan puasa sementara telah diwajibkan atas kita untuk mengerjakannya ?

2. Aroma mulut ( bau mulut ) orang-orang yang berpuasa lebih baik daripada minyak wangi.

Meski pada dasarnya manusia tidak menyukai bau mulut orang berpuasa, namun bagi Allah dan disisi Allah SWT, itu lebih baik dan lebih harum dari pada bau minyak wangi lainnya sebagai mana 
Rasulullah SAW bersabda : 

وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ تَعَالَى مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

“ Demi dzat yang jiwa Muhammad berada ditangannya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum disisi Allah daripada harumnya minyak misik “ ( Muttafaq ‘Alaih ).

3. Orang yang berpuasa akan menadapatkan dua (2) Kegembiraan.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi : 

لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ يَفْرَحُهُمَا إِذَا أَفْطَرَ فَرِحَ ، وَإِذَا لَقِىَ رَبَّهُ فَرِحَ بِصَوْمِهِ

Artinya  : “ Orang yang berpuasa memiliki dua kegembiraan; ketika berbuka dia gembira dengan bukanya dan ketika bertemu Tuhannya dia gembira dengan puasanya “ ( Muttafaq Alaih ).

Dengan berbuka maka lapar dan haus akan hilang seketika terutama pada saat menikmati buka puasa dengan air yang pertama kali masuk ketenggorokan yang begitu nikmat terasa, begitu pula dengan kenikmatan ketika bertemu dengan Allah diakhirat nanti, segla bentuk ketakutan, kekhawatiran,kesusahan dan penderitaan saat hidup didunia hilang sebagaimana hilangnya rasa haus dan lapar saat berbuka puasa.

4. Ganjarannya ( balasannya ) adalah Surga.

عَنْ أَبِى أُمَامَةَ قَالَ أَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَقُلْتُ مُرْنِى بِعَمَلٍ يُدْخِلُنِى الْجَنَّةَ. قَالَ « عَلَيْكَ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لاَ عِدْلَ لَهُ ». ثُمَّ أَتَيْتُهُ الثَّانِيَةَ فَقَالَ « عَلَيْكَ بِالصِّيَام

" Dari Abu Umamah berkata : “ saya datang kepada Rasulullah SAW, maka saya berkata : “ Perintahkan kepada saya dengan sebuah amal yang dapat memasukkan saya kedalam surga “, Rasulullah menjawab : “ berpuasalah, sesunghnya tiada tandingan baginya “ , kemudian saya datang untuk kedua kalinya, maka berliau berkata : “ Berpuasalah “ ( HR Ahamad, Nasa’I dan Hakim ).

Apakah ada diantara kita yang tidak ingin mendapatkan ganjaran yaitu surga yang mengalir sungai dibawahnya ? 

5. Amalan berpuasa akan menjadi syafaat bagi yang melaksanakannya.

Pada hari kiamat yang dmana tak ada lagi yang berguna selain dari pertolongan Allah dan syafaat yang diizinkannya maka betapa bahagiannya para muslim yang mendapatkan syafaat tersebut yakni syafaat yang berasal dari amalan yang dilakuklannya selama ia hidup didunia termasuk sayfaat daripada puasanya serta AL-Qur’an yang dibacanya selama berpuasa. 

Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi : 

“ Puasa dan Al_Qur’an akan meberikan Syafaat bagi seorang hamba dihari kiamat “ ( HR Ahmad , Hakim)

6. Puasa Akan Menjauhkan seseorang dari Api Neraka.

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW yang artinya : 

“ Puasa Adlah perisai yang melindungi dari api neraka “ ( HR Ahmad dan Hakim ).

7. Puasa sehari Menjauhkan pelakunya dari neraka sejauh 70 musim.

Rasulullah SAW Bersabda yang artinya : 

“ Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari dijalan Allah kecuali menjauhkan wajahnya dengan hari itu dari api neraka tujuh puluh musim “ ( HR Jama’ah ).

8. Setiap hamba yang berpuasa , maka doanya akan dikabulkan oleh Allah.

Rasulullah SAW telah menjelaskan bahwa Do’a orang berpuasa tidak akan ditolak oleh Allah SWt terlebih lagi ketika ia berdo’a disaat atau setelah berbuka, sebagaimana  Hadist yang menyatakn bahwa :

“ Tiga orang ynag doanya tidak ditolak : orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil dan doa orang yang dizalimi “ ( HR Ahmad ). 

Selain dari doa berbuka puasa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW, dikatakan pula oleh Syekh Yusuf Qardhawi bahwa boleh berdoa dengan doa apapun untuk kebaikan didunia dan akhirat karena Allah akan mengabulkan doa-doa orang yang berpuasa terutama pada saat sedang berbuka puasa .

Para Jemaah yang InsyaAllah dimuliakan Allah SWt, dari semua penjelasan tentang keutamaan daripada berpuasa tersebut, muncullah satu pertanyaan untuk kita semua yang berbunyi, apakah kita sebagai hamba Allah mau menjalani puasa tersebut tanpa bermalas-malasan dan beribadah kepada Allah SWT dengan ikhlas semata-mata karena Allah ?, 

Semoga jawabannya bisa menjadi pelajaran untuk kita semua dan terutama untuk diri kita masing-masing serta berharap puasa kali ini dan puasa yang akan datang jauh lebih dari puasa ditahun-tahun sebelumnya, aamminn…

Terimakasih Semoga Bermanfaat  

Amalan dan Keutamaan Bulan Rhamadhan Menurut Qur'an Hadist Rating: 4.5 Diposkan Oleh: edho kasiilmu

0 komentar:

Posting Komentar