Artikel Pendidikan Bermanfaat

5/15/2017

5 Lapisan Atmosfer Bumi dan Uraian Lengkapnya

5 Lapisan Atmosfer Bumi dan Uraian Lengkapnya

Sahabat pendidikan sekalian, sehubungan dengan artikel sebelumnya yang membahas mengenai Bumi dan Pengertian Atmosfer Bumi, maka kali ini kita akan membahas kelanjutan dari meteri tersebut yang bertemakan tentang Lapisan Atmosfer Bumi. Adapun ulasannya adalah sebagai berikut ini.

- Lapisan Lapisan Atmosfer

Ketika kamu menyeduh kopi kemudian membiarkannya sesaat, akan menemukan bahwa pada gelas tersebut terdapat 2 lapisan. Pada lapisan atas memiliki warnah lebih cerah dibandingkan lapisan bawah. Layaknya secangkir kopi, atmosfer bumi juga terdiri dari atas berbagai lapisan. Terdapat 5 lapisan pada atmosfer yang memiliki karakteristik yang berbeda. 

Secara garis besar, atmosfer bumi terbagi menjadi 2 bagian, yakni bagian bawah dan bagian atas. Bagian bawah terdiri atas troposfer  dan stratosfer. Bagian atas terdiri atas mesosfer, termosfer  dan eksosfer..

a. Troposfer

Sebagian besar aktivitas makhluk hidup di bumi, termasuk manusia yang sedang tidur, belajar, dan bermain berada pada lapisan troposfer. Troposfer merupakan lapisan atmosfer yang berada di bagian paling bawah. Ketinggian troposfer terhitung mulai dari permukaan laut (0 km) hingga 10 km di atas permukaan laut (dpl). Sebagian besar bagian troposfer berbentuk  uap air dan 75% terdiri atas gas-gas atmosfer. Troposfer merupakan tempat berlangsungnya system bumi, seperti hujan, angin, salju, dan awan.

b. Stratosfer 

Perhatikan pesawat yang melintas di udara. Ketika kamu memperhatikan pesawat yang melintas, pesawat tersebut terlihat terbang di atas awan. namun sebenarnya, pesawat tersebut berada di lapisan stratosfer.  Stratosfer  memiliki ketinggian antara 10-50 km dpl. Lapisan statosfer memiliki sedikit awan, namun tidak ada aktivits cuaca, sehingga tidak menganggu penerbangan. Sebagian besar stratosfer terdiri atas gas ozon (O3)yang akan leboih dibahas detail di bagian selanjutnya.

5 Jenis  Lapisan Atmosfer Bumi
5 Jenis  Lapisan Atmosfer Bumi

c. Mesosfer

Saat melihat fenomena meteor, tersebut melintasi bumi dan kemudian hilang. Namun yang sebenarnya terjadi adalah meteor sedang menuju bumi. Akan tetapi meteor tersebut terbakar habis di atmosfer. Dengan demikian, terlihat seolah-olah  meteor tersebut adalah mesosfer. Lapisan mesosfer terletak pad ketinggian 50-85 km dpl. Lapisan ini menjadi lapisan pelindung bumi dari benda-benda luar angkasa. Kebanyakan meteor yang menuju bumi akan terbakar habis di mesosfer.

d. Termosfer

Ketika pesawat ulang alik milik NASA bersamaan dengan peluncuran teleskop Hubbel, pernakah terpikirkan dimana teleskop Hubbel tersebut berada.? Apakah masih didalam bumi? Teleskop Hubbel milik NASA mengorbit pada lapisan termosfer. Lapisan termosfer memiliki ketinggian antara 85-500 km dpl. Dinamakan termosfer karena suhu yang sangat panas yakni pada lapisan ini mencapai 1.982 oC. selain sebagai tempat mengorbitnya teleskop Hubbel dan pesawat ualang-alik, termosfer juga berfungsi sebagai pelindung bumi dari radiasi UV. 

Pada mesosfer dan termosfer terdapat lapisan yang memiliki ion ( bermuatan ) yang disebut ionosfer. 
Ketika kamu mendengarkan radio pada malam hari, siaran radio dari kota lain akan terdengar lebih jelas. Hal ini disebabkan karena adanya lapisan ionosfer. Pada siang hari, energy dari matahari mengenai partikel dari ionosfer mengakibatkan partikel tersebut menyerab gelombang radio dengan frekuensi AM. Pada malam hari, tanpa energy matahari, gelombang radio dipantulkan pada ionosfer, sehingga dapat terpencar dengan jarak yang lebih jauh.

e. Eksosfer

dimanakah satelit tersebut mengorbit ? apakah masih didalam atmosfer bumi ? satelit-satelit buatan yang mengitari bumi tersebut masih berada didalam atmosfer bumi, tepatnya pada lapisan aksosfer. 
Lapisan eksosfer terdapat pada ketinggian lebih dari 500 km dpl. Kandungan utama dari eksosfer adalah gas hydrogen. Jika kamu pernah melihat video atau film tentang penjelajahan luar angkasa, kamu akan menjumpai bahwa pesawat luar angkasa maupun satelit yang mengorbit di eksosfer tidak dapat bergerak bebas seperti pesawat yang biasa kamu lihat. Hal ini disebabkan eksosfer memiliki sedikit molekul, sehingga gaya tekan udara sangat rendah, dan mengakibatkan sayap dari pesawat luar angkasa tidak berfungsi. Pergerakan dari satelit atau pesawat laur angkasa tersebut bergantung pada mesin pendorongnya.

Sekian penjelasan singkat daripada macam-macam lapisan atmosfer bumi yang diharapkan mampu membantu anda dalam proses belajar dan bermanfaat serta menambah keilmuannya tentang pelajaran yang berkaitan dengan alam semasta ini.

Sukses selalu dan terimakasih .
Sumber : KEMENDIKBUD


5 Lapisan Atmosfer Bumi dan Uraian Lengkapnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: edho kasiilmu

0 komentar:

Posting Komentar