Artikel Pendidikan Bermanfaat

3/23/2018

Apakah Yang Dimaksud Dengan Besaran dan Satuan Dalam Ilmu Fisika

Apakah Yang Dimaksud Dengan Besaran dan Satuan Dalam Ilmu Fisika 


Ilmu fisika benyak mempelajari segala bentuk gejala yang terjadi pada alam ini. Contohnya ilmu fisika yang mempelajari tentang mengapa air mendidih, mengapa ada siang ada malam, mengapa ada gempa dan apa penyebab terjadinya, apa penyebab air dapat membeku, menguap, mendidih dan lainnya.

1. Besaran 

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur. Didalam pengukuran terdapat pula aktifitas perbandingan besaran yang diukur dengan besaran jenis yang dipakai sabagai satuan dan disebut juga dengan besaran fisika. Besaran fisika sendiri terdiri dari beberapa jenis yaitu :

a. Besaran pokok adalah besaran yang telah didefenisikan terlebih dahulu yang terdiri dari panjang,massa, waktu,suhu, kuat arus, intensitas cahaya dan jumlah zat.

b. Panjang adalah dimensi suatu benda yang menyatakan jarak  antara ujung yang satu dengan ujung lainnya disebut dengan panjang.

c. Massa merupakan besaran yang menyatakan jumlah materi yang dikandung oleh suatu benda yang diukur dengan menggunakan satuan kilo gram (Kg).

d. Waktu adalah selang antara dua peristiwa atau dua kejadian yang dapat dikukur dengan menggunakan jam atau dengan menggunakan stopwatch.

e. Suhu  adalah ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda yang dapat diukur dengan menggunakan termometer.

f. Kuat arus adalah satuan standar kuat arus listrik disebut dengan istilah amperemeter yang didefenisikan sebagai satuan terap.

g. Intensitas cahaya didalam SI dikenal dengan satuan kandella yang besarannya sama dengan intensitas sumber cahaya yang memancarkan radiasi monokromatik

h. Besaran turunan adalah besaran yang dapat diukur selain dari 7 besaran pokok sebab besaran besaran tersebut diturunkan dari besaran-besaran pokok seperti luas, kecepatan cahaya, gaya, volume, laju, konsentrasi larutan dan lainnya.

2. Satuan 

Satuan adalah acuan yang digunakan dalam pengukuran  atau perbandingan  dalam suatu pengukuran besaran misalnya pada besaran panjang menggunakan satuan inci. kaki, mil dan sebagainya. Massa menggunakan satuan ton, kilogram, gram, dan sebagainya.


Pada ilmu fisika dipelajari pula berbagai macam bentuk satuan yang selalu digunakan untuk menyatakan besaran fisik, seperti waktu, panjang, volume, massa suatu benda dan lainnya.


Besaran dan Satuan Dalam Ilmu Fisika
Besaran dan Satuan Dalam Ilmu Fisika 

a. Mengapa kita sangat memerlukan besaran dan satuan ?

dari pertanyaan diatas kita dapat memberikan satu contoh bahwa ketika kita akan pergi ke suatu tampat dan agar kita tidak terlambat tiba ke tempat yang akan kita tuju maka tentu saja kita harus menggunakan perhitungan jarak lama perjalanan antara tempat tinggal kita dengan tempat tujuan kita yang akan kita tuju. Jarak yang kita tempuh dari tempat tinggal kita menuju tempat tujuan kita merupakan salah satu contoh besaran yang disebut dengan besaran panjang. Sedangkan lama perjalanan yang ditempuh disebut dengan besaran waktu.

Kedua contoh besaran yang berbeda tersebut juga memiliki jumlah satuan yang berbeda pula yaitu :

- Jika Besarannya adalah panjang maka satuannya adalah centi meter, meter, kilo meter dan seterusnya.

- Jika besarannya adalah waktu maka satuannya adalah : detik, menit, jam, hari , minggu , bulan, tahun dan seterusnya.

Karena banyaknya satuan untuk satu besaran yang sama maka digunakanlah suatu standar yang disebut dengan standar Internasional ( SI ). 

Selain dari besaran panjang dan waktu diatas, didalam Ilmu Fisika banyak pula dikenal berbagai besaran-besaran lainnya seperti : massa, temperatur, kuat arus, dan intensitas cahaya. Besaran-besaran fisika beserta satuannya didalm SI memiliki contoh dibawah ini :

Besaran                               Satuan

Panjang                                Meter (m)
Massa                                   Kilogram (kg)
Waktu                                   Sekon (s)
Temperatur                           Kelvin (K0
Intensitas Cahaya                Candela (Cd)
Arus Listrik                          Ampere (A)  

Besaran-besaran diatas disebut juga dengan besaran pokok, dan besaran -besaran tersebut dapat kita ukur dengan menggunakan alat yang masing-masing alat memiliki fungsinya sendiri atau memiliki fungsi yang berbeda-beda seperti :

- Penggaris yang berfungsi untuk mengukur besaran panjang dengan satuan dari centi meter ke meter
- Stopwach yang berfungsi untuk mengukur besaran waktu dengan satuan Sekon 
- Termometer yang berfungsi sebagai alat pengukur besaran temperatur dengan satuan kelvin
- Lightmeter yang berfungsi wsebagai alat pengukur besaran cahaya dengan satuan candela
- Timbangan yang berfungsi sebagai alat pengukur besaran massa dengan satuan kilogram
- Amperemeter yang berfungsi sebagai alat pengukur besaran arus listrik dengan satuan ampere.

Dari penjelasan diatas diharapkan agar penjelasan tersebut dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda dan menambah ilmu yang bermanfaat untuk anda. Selamat belajar dan sukses selalu menyertai anda. Terimakasih
Apakah Yang Dimaksud Dengan Besaran dan Satuan Dalam Ilmu Fisika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: edho kasiilmu

0 komentar:

Posting Komentar