Artikel Pendidikan Bermanfaat

4/04/2018

Manfaat Buah Alpokat Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Buah Alpokat Untuk Kecantikan dan Kesehatan 

Pembelajaranmu.com. Salam sejahtera untuk kita semua, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tanaman yang sudah dikenal banyak oleh kalangan manapun tak terkecuali anda yang sedang membaca tulisan ini, yah... buah alpukat namanya, yang dalam bahasa Sunda disebut juga dengan alpuket atau, jambu wolanda. dipulau Jawa, orang sering menyebutnya dengan nama apokat,avokat,plokat dan di Pulau Sumatera sering juga disebut dengan nama, apokat, alpokat, avokat atau advokat.

Mengapa buah ini begitu disenangi banyak kalangan? itu karena selain dari rasanya yang enak apalagi jika diracik sedemekian rupa maka akan nikmat rasanya, bahkan buah ini menjadi salah satu menu utama di cafe-cafe yang berada disemua wilayah atau kota-kota besar di Indonesia atau mungkin bahkan di dunia. 

Manfaat Buah Alpokat Untuk Kecantikan dan Kesehatan Serta Cara Pakainya
Manfaat Buah Alpokat Untuk Kecantikan dan Kesehatan Serta Cara Pakainya  

Buah alpokat atau Alpo ( begitu saya menyebutnya ) berasal dari Amerika Tengah yang tumbuh liar dihutan-hutan dan juga banyak ditanam dikebun-kebun petani serta dipekarangan rumah yang tanahnya gembur atau subur dan tidak tergenang oleh air. Meskipun buah ini dapat tumbuh  pada daratan rendah namun, jika berbicara mengenai soal hasil maka didataran tinggi dengan ketinggian 200-1000 m di atas permukaan laut pada daerah tropik dan subtropik akan jauh lebih baik.

1. Ciri-ciri

Pohon alpokat yang kecil bisa tumbuh hingga 3-10 m, memiliki akar tunggang, batang berkayu, bulat dan berwarna coklat kotor, memiliki banyak cabang, ranting dan berambut halus. Daunnya tunggal dan bertangkai yang penjangnya bisa mencapai 1,5-5 cm. Daun yang muda memiliki warna kemerahan dan berambut padat dan yang tua warnanya hijau dan gundul. Selain itu, buah ini juga memiliki bunga yang majemuk, berkelamin dua,warnanya kuning kehijauan. Memiliki buah buni berbentuk byla atau oval seperti telur dengan panjang rata-rata 5-20 cm, warnanya hijau atau hijau kekuning-kuningan, bintik-bintik ungu atau ungu. Berbiji tunggal atau satu dengan diameter 2,5-5 cm yang berkeping biji putih kemerahan, memiliki daging yang lunak jika sudah matang, berwarna hijau kekuningan.

2. Penyakit yang Dapat di Obati

Buah alpokat dapat digunakan untuk mengobati sariawan, melembabkan kulit yang kering, kencing batu, sakit kepala, darah tinggi ( Hipertensi ), nyeri syaraf ( neuralgia ), nyeri lambung, saluran pernafasan membengkak ( Bronchial swellings ), sakit gigi, kencing manis ( Diabetes melitus ) dan menstruasi tidak teratur.

Bagian dari pohon alpokat yang dapat dimanfaatkan ada 3 macam yaitu daging buahnya, Daunnya dan Bijinya yang dimana, masing-masing dari 3 bagian diatas memiliki kegunaanya masing - masing antara lain adalah :

A. Daging buah

- berkhasiat untuk menyembuhkan sariawan
- berkhasiat untuk melembabkan kulit kering


Manfaat Buah Alpokat Untuk Kecantikan dan Kesehatan Serta Cara Pakainya
Manfaat Buah Alpokat Untuk Kecantikan dan Kesehatan Serta Cara Pakainya  
Baca juga : Manfaat Asam Jawa Untuk Penyembuhan Penyakit Luar Dalam

B. Daun Alpokat

- Untuk mengobati penyakit kencing batu
- Penyakit darah tinggi atau sakit kepala
- Penyakit nyeri pada syaraf
- Nyeri pada lambung ketika sedang atau akan haid
- Saluran pernafasan yang bengkak
- Melancarkan dan mengatur Menstruasi

C. Biji Buah

- Mengobati sakit gigi dan 
- Mengobati penyakit kencing manis.

3. Cara Pemakaian atau Penggunaan

Untuk daun pohon alpokat, jika untuk diminum maka dapat dimanfaatkan daunnya sebanyak 3-6 lembar. Untuk pemakaian luar maka dapat memanfaatkan daging buah alpokat dan bijinya. Berikut uraiaanya :

a. Untuk mengobati sariawan.

Daging buah alpokat di keluarkan ke wadah gelas atau mangkuk yang kemudian di haluskan dan dicampurkan dengan madu asli yang selanjudnya di makan perlahan sembari dikumur-kumur pada bagian mulut yang terkena sariawan. Lakukan setiap hari hingga sembuh.

b. Untuk menyembuhkan kencing batu

Ambillah 4 lembar daun buah alpokat,  buah rimpang teki, 5 tangakai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari buah enau, cuci bersih kemudian direbus dengan 3 gelas air bersih hingga menyisakan 2 gelas saja. setelah dingin disaring kemudian diminum 3 kali sehari sebanyak 3/4 gelas.

c. Untuk penyakit darah tinggi

3 lembar daun alpokat di bersihkan dengan cara dicuci kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas dan tunggu hingga dingin kemudian air seduhan tersebut diminum hingga habis. lakukan secara rutin 2 kali sehari hingga merasa baikan.

d. Mengatasi kulit kering

Terutama untuk kaum hawa, pastinya hal ini sangat penting dan sangat dibutuhkan terutama untuk soal penampilan wajah yang ingin nampak lebih menarik. Caranya adalah daging buah alpokat dihaluskan dengan blender atau yang lainnya kemudian oleskan kewajah seperti membuat masker wajah, kemudian bersihkan setelah mengering dengan air bersih. Lakukan 2 kali sehari siang dan malam selama 3 minggu secara rutin dan lihat hasilnya.

e. Menyembuhkan sakit gigi

Terutama untuk gigi yang berlubang, cukup menghaluskan biji buah alpokat tersebut kemudian masukkan biji yang telah dhaluskan tersebut kedalam lubang gigi anda.

f. Bengkak karena peradangan

Biji alpokat dihaluskan hingga halus menyerupai adonan kemudian, dicampurkan dengan sedikit air lalu dioleskan kepada bagian tubuh yang terasa sakit.

g. Menyembuhkan kencing manis

Biji alpokat di panggang di atas perapian kemudian di potong - potong kecil, selanjudnya direbus dengan air bersih hingga air rebusan tersebut berubah warna menjadi coklat. Saring hasil rebusan lalu minum setelah dingin. lakukan rutin 2 kali sehari.

4. Komposisi Alpokat

Di dalam buah, biji dan daun alpokat, terdapat senyawa kimia yang baik untuk kesehatan yang di antaranya adalah mengandung Saponin, Alkaloida dan, Flavonoida yang bermanfaat atau berkhasiat untuk berbagai macam penyakit yang telah dijelaskan diatas, tinggal kita sendiri yang kurang memahami manfaatnya.

Semoga dengan tulisan singkat ini kita dapat mengerti apa manfaat utama buah alpokat yang cukup besar dan semoga dapat menjadi bahan penanggulangan dini atas penyakit anda. Terimakasih atas perhatiannya dan semoga sehat selalu.

Sumber :
Penulis : Budi Setyo Wicaksono
Penerbit : CV Karya Mandiri Nusantara 2007.


   
Manfaat Buah Alpokat Untuk Kecantikan dan Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: edho kasiilmu

0 komentar:

Posting Komentar