Artikel Pendidikan Bermanfaat

4/12/2018

Pengertian Kulit, Lapisan dan Struktur serta Fungsi Kulit Pada Manusia

Pengertian Kulit, Lapisan dan Struktur serta Fungsi Kulit Pada Manusia


Setiap kehidupan dimuka bumi ini memiliki keanekaragaman yang sangat banyak mulia dari manusia, hewan dan tumbuhan. Semua kehidupan tersebut hidup dan berkembang diatas bumi. Kehidupan tersebut tidak lepas dari kebutuhan akan suatu perlindungan pada diri mereka masing-masing terutama jika itu berbicara tentang kulit seperti judul diatas maka kebutuhan mahluk hidup akan kulit sangatlah besar sebab kulitlah yang melindungi tubuh mahluk hidup tak terkecuali kita sebagai manusia dari panasnya matahari dan semua hal yang dapat merugikan tubuh itu sendiri.

Pengertian Kulit, Lapisan dan Struktur serta Fungsi Kulit Pada Manusia
Pengertian Kulit, Lapisan dan Struktur serta Fungsi Kulit Pada Manusia

Bayangkan saja jika setiap mahluk hidup di muka bumi ini lahir tanpa kulit maka akan seperti halnya dengan film-film horor yang bertemakan zombi yang menakutkan, bahkan mungkin lebih parah lagi hingga dunia ini ibarat neraka jika hal itu sampai terjadi. Lalu apakah kulit itu sendiri ? Berikut ini ulasannya :

1. Pengertian Kulit

Kulit ( Indera Peraba ) adalah : Alat tubuh yang terluas sebab kulitlah yang membungkus ( Sebagai Pembungkus sel tubuh lainnya ) semua bagian tubuh. Kulit sendiri memiliki ketebalan yang berbeda dengan bagian kulit tertentu lainnya seperti pada kulit yang berada pada kelopak mata kita itu sangat tipis namun pada panggungnya lebih tebal dan jika ingin melihat mana kulit yang paling tebal pada tubuh kita yaitu ada pada kulit telapak tangan dan kaki kita.

2. Lapisan dan Struktur Kulit

Lapisan kulit terdiri beberapa lapisan yaitu kulit luar yang bernama Epidermis dan kulit bagian dalam yang bernama Dermis. Dermis itu sendiri merupakan lapisan kulit yang paling tebal yang didalamnya terdapat jaringan pembuluh darah, serabut saraf, kelenjar keringat, serta akar rambut yang tumbuh pada kulit setiap mahluk hidup.

Pada lapisan luar dan dalam kulit terdapat berbagai jenis jaringan kulit yang terdiri dari :

- Pori-pori kulit dan batang rambut
- Jaringan Epidermis
- Ujung saraf
- Kelenjar minyak
- Kelenjar keringat
- Urat saraf
- Otot rambut
- Folikel rambut
- Pembulu darah dan
- Lapisan lemak.

3. Fungsi Kulit

Selain sebagai indera peraba dan pembungkus organ tubuh lainnya pada mahluk hidup, kulit juga memiliki peran utama yang lainnya dan sangat penting dalam prosesnya yaitu sebagai pengatur suhu tubuh. Contonya adalah pada saat suhu dipermukaan bumi sangat panas maka pori-pori yang berada pada permukaan kulit yang awalnya kecil, akan terbuka lebar untuk mengeluarkan keringat agar kulit menjadi dingin. Sebaliknya jika suhu sedang berada pada kondisi dingin maka pori-pori akan mengerut dan akibat dari hal tersebut maka kulit akan merinding sebab otot-otot halus pada kulit tersebut membuat rambut-rambut kulit menjadi berdiri.

Rambut yang tumbuh pada kulit itu sendiri pun memiliki ketebalan yang berbeda-beda yang dimana telah sama-sama kita ketahui bahwa rambut pada tubuh kita hampir tumbuh diseluruh tubuh kita keculai pada telapak tangan dan kaki kita. Contohnya pada rambut di kepala yang jauh lebih panjang dan lebat dari pada bulu alis dan mata dan bagian tubuh yang lain tumbuh rambut pendek dan jarang.

4. Kulit dan Keringat sebagai Pendingin Tubuh

Keringat adalah : Air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kulit mamalia melalui pori-pori yang terdapat pada kulit serta didalamnya terdapat kandungan yang mirip dengan bahan utama garam dapur yaitu  Natrium klorida.

Tujuan utama kulit mengeluarkan keringat pada pori-porinya adalah untuk mengatur suhu tubuh kita. Pada permukaan kulit terjadi penguapan keringat yang mempunyai efek pendinginan sebab panas laten penguapan air yang mengambil panas dari kulit. Maka dari itu, pada saat cuaca panas dan otot juga ikut memanas dikarenakan aktifitas berolahraga maka keluar akan keluar melalui pori-pori yang terdapat pada kulit kita. Selain dari aktifitas olahraga, keringat juga dapat keluar jika kondisi tubuh berada pada keadaan gugup atau mual.

Pada bagian kulit terdapat dua macam kelenjar keringat yang berbeda dalam komposisi keringat yang dihasilkan serta fungsinya yaitu ;

a. Kelenjar keringat akrin, tersebar diseluruh permuakaan tubuh namun lebih banyak terdapat atau terletak pada bagian telapak tangan, wajah dan telapak kaki. Keringat itu sendiri adalah air yang didalamnya terkandung berbagai macam garam yang berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh.

b. Kelenjar keringat apokrin yang menghasilkan keringat dengan efek lemak yang dimana kelenjar ini terutama terdapat pada bagian ketiak serta disekitar alat vital. Aktifitas kelenjar ini adalah menghasilkan  bau yang disebabkan oleh bakteri yang memecah komponen organik dari keringat yang dihasilkan.

Perlu kita ketahui pula bahwa setiap mahluk hidup memiliki berbagai cara untuk mengatur suhu tubuhnya dari panas atau kalor baik yang berasal dari dalam tubuh maupun dari luar tubuhnya. contohnya ada pada hewan buaya yang sering kali membuka mulutnya saat keadaan sedang panas dan anjing yang sering kali menjulurkan lidahnya ketika keadaan sedang panas.

Itulah penjelasan singkat tentang kulit dan bagiannya semoga bermanfaat dan terimakash atas waktu yang anda berikan. Selamat belajar.

Sumber Referansi :
Penulis : Yana Sutisna S.Si
Penerbit : Angkasa Bandung
Pengertian Kulit, Lapisan dan Struktur serta Fungsi Kulit Pada Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: edho kasiilmu

0 komentar:

Posting Komentar