Artikel Pendidikan Bermanfaat

10/03/2018

Pengertian Pendidikan Secara Umum, Etimologi, Undang-undang dan Jenisnya


Pengertian Pendidikan 

Pendidikan ( edukasi ) adalah pembelajaran tentang pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan orang-orang dari generasi ke generasi berikutnya, melalui pelatihan, atau penelitian.

Pengertian Pendidikan adalah hal yang umum dan bertujuan untuk mewujudkan proses belajar dan pembelajaran bagi para siswa yang ingin bekerja untuk mengembangkan kekuatan spiritual, kebebasan, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Pengertian Pendidikan Secara Umum, Etimologi, Undang-undang dan Jenisnya
Pengertian Pendidikan 
Pendidikan dapat juga diartikan sebagai usaha sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup atau untuk kemajuan yang lebih baik. Pendidikan dapat mengembangkan berbagai macam kegiatan, seperti penanaman nilai, pengembangan budi pekerti, nilai agama, pelatihan dan pemahamam tentang nilal moral, dan lain sebagainya.

Secara sederhana, Pengertian pendidikan adalah proses pembelajaran bagi peserta didik untuk dapat mengerti, paham, dan membuat manusia lebih kritis dalam berpikir. Juga, setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau dapat diakses pendidikan.

- Pengertian Pendidikan secara Umum.

Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Pendidikan terdiri dari beberapa bagian seperti sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang. Bentuk pendidikan dengan hadir di sekolah adalah yang umum terjadi dan tak sedikit pula ada juga sebagian kecil orang tua memilih untuk pendidikan nonformal seperti home-schooling, e-learning atau yang mirip untuk anak-anak mereka.

- Dari sudut pandang garis besar, pendidikan dibagi menjadi  2 jenis:

Pendidikan formal, yaitu pendidikan yang bisa didapat dengan mengikuti kegiatan atau program pendidikan yang berstruktur dan terencana oleh badan pemerintahan melalui sekolah atau universitas.

Pendidikan non formal, yaitu pendidikan yang bisa didapat melalui aktivitas kehidupan sehari-hari yang tidak diatur oleh lembaga bentukan pemerintahanan, misalnya belajar sendiri melalui buku bacaan atau belajar dari pengalaman diri dan orang lain.

Tujuan pendidikan sendiri sangat banyak, salah satu bentuk yang digunakan dalam undang-undang untuk mengumpulkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan juga menjadi warga negara yang pemerintah juga bertanggung jawab.

- Pengertian Pendidikan Secara Etimologi. 

Pengertian pendidikan secara etimologi berasal dari bahasa Latin educatum yang tersusun dari dua kata yaitu E dan Duco dimana huruf E pada Edocatum mengartikan sebuah perkembangan dari dalam keluar atau sebaliknya dan duco bererti  sementara atau sedang berkembang. Jadi, Etimologi pengertian pendidikan adalah proses mengembangkan diri dan kekuatan individu.

- Pengertian Pendidikan Menurut KBBI. 

Kata pendidikan berasal dari kata 'didik' dan mendapat imbuhan 'pe' dan akhiran 'an', maka kata ini memiliki arti proses atau cara atau perbuatan mendidik. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam upaya mendewasakan manusia dan pelatihan.

- Pengertian Pendidikan berdasarkan Undang Undang & GBHN. 

a. Menurut UU No 20 Tahun 2003.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta melakukan potensi untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

b. Menurut UU No. 2 tahun 1989.

Pendidikan adalah usaha sadar untuk melakukan tugas-tugas yang dilakukan, melatih, dan melatih untuk peran yang di masa yang akan datang.

c. Menurut GBHN.

Pendidikan adalah usaha untuk mengembangkan kepribadian dan pendidikan dalam dan luar sekolah. 

Demikian penjelasan tentang pengertian pendidikan tersebut diatas, semoga bermanfaat untuk anda dan terimakasih.
Pengertian Pendidikan Secara Umum, Etimologi, Undang-undang dan Jenisnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: edho kasiilmu

0 komentar:

Posting Komentar