Artikel Pendidikan Bermanfaat

10/15/2018

Tentang Internasional Bisnis dan Multinasional Bisnis

Tentang Internasional Bisnis dan Multinasional Bisnis

Perlu kiranya untuk diketahui bersama bahwa Bisnis Internasional merupakan bisnis yang dilaksanakan melalui kejasama antara satu negara dengan negara yang lainnya.

A. HAKIKAT BISNIS INTERNASIONAL.

Seperti yang telah diterangkan diatas bahwa Bisnis internasional merupakan perilaku bisnis yang dilakukan melewati batas – batas suatu Negara. Transaksi bisnis dengan metode seperti ini adalah transaksi bisnis internasional. Adapun transaksi bisnis yang dilaksanakan oleh sebuah Negara dengan Negara lain yang tidak lain disebut dengan Bisnis Internasional (International Trade). 

Dilain pihak transaksi bisnis itu dilaksanakan oleh sebuah perusahaan dalam sutu Negara dengan perusahaan berbeda atau pribadi di Negara berbeda disebut Pemasaran Internasional atau International Marketing. Pemasaran internasional berikut yang seringkali diartikan sebagai Bisnis Internasional, meskipun pada dasarnya terdapat dua pengertian. maka dari itu saya dan anda bisa membedakan adanya dua buah transaksi Bisnis Internasional yakni :

a. Perdagangan Internasional (International Trade)

Dalam hal perniagaan internasional yang adalahtransaksi antar Negara itu seringkali dilakukan dengan teknik tradisional yakni dengan teknik ekspor dan impor. Dengan adanya transaksi ekspor dan impor itu maka bakal timbul “NERACA PERDAGANGAN ANTAR NEGARA” atau “BALANCE OF TRADE”. Suatu Negara bisa mempunyai Surplus Neraca Perdagangan atau Devisit Neraca Perdagangannya. Neraca perniagaan yang surplus menunjukan suasana dimana Negara itu mempunyai nilai ekspor yang lebih besar dikomparasikan dengan nilai impor yang dilaksanakan dari Negara mitra dagangnya.

b. Pemasaran International (International Marketing)

Pemasaran internasional yang tidak jarang disebut sebagai Bisnis Internasional (International Busines) merupakan suasana dimana sebuah perusahaan dapat tercebur dalam sebuah transaksi bisnis dengan Negara lain, perusahaan beda ataupun masyarakat umum di luar negeri. Transaksi bisnis internasional ini pada lazimnya adalahupaya untuk menjual hasil buatan di luar negeri. Transaksi bisnis internasional semacam ini bisa ditempuh dengan sekian banyak  cara antara beda :

- Licencing
- Franchising
- Management Contracting
- Marketing in Home Country by Host Country
- Joint Venturing
- Multinational Coporation (MNC)

B. ALASAN MELAKSANAKAN BISNIS INTERNASIONAL.

beberapa dalil untuk mengemban bisnis internasional antara beda berupa :

1. Spesialisasi antar bangsa – bangsa

Dalam hubungan dengan kelebihan atau kekuatan tertentu beserta kelemahannya tersebut maka sebuah Negara mestilah menilai opsi strategis guna memproduksikan sebuah komoditi yang strategis yakni :

a. Memanfaatkan semaksimal barangkali kekuatan yang ternyata benar-benar sangat unggul sampai-sampai dapat menghasilkannya secara lebih tepat guna dan sangat murah diantara Negara-negara yang lain. 

b. Menitik beratkan pada komoditi yang memiliki kekurangan paling kecil diantara Negara-negara yang lain

c. Mengkonsentrasikan perhatiannya guna memproduksikan atau menguasai komoditi yang memiliki kekurangan yang tertinggi untuk negerinya

2. Pertimbangan pengembangan bisnis

Perusahaan yang telah bergerak di bidang tertentu dalam sebuah bisnis di domestik seringkali mengupayakan untuk mengembangkan pasarnya ke luar negeri. Hal ini bakal menimbulkan sejumlah pertimbangang yang mendorong kenapa suatu perusahaan mengemban atau terjun ke bisnis internasional itu : 

a. Memanfaatkan kapasitas mesin yang masih menganggur yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

b. Produk domestik sudah merasakan tingkat kejenihan dan bahkan barangkali sudah merasakan tahapan penurunan (decline phase) sementara di luar negeri malah sedang berkembang (growth)

c. Persaingan yang terjadi di domestik kadang malah lebih tajam katimbang kompetisi terhadap produk itu di luar negeri

d. Mengembangkan pasar baru (ke luar negeri) adalah tindakan yang lebih gampang ketimbang mengembangkan produk baru (di dalam negeri)

e. Potensi pasar internasional pada lazimnya jauh lebih luas ketimbang pasar domestic

C. TAHAP-TAHAP DALAM MEMASUKI BISNIS INTERNASIONAL.

Perusahaan yang menginjak bisnis internasional pada umumnya tercebur atau melibatkan diri secara bertahap dari etape yang sangat sederhana yang tidak berisi resiko hingga dengan etape yang sangat kompleks dan berisi risiko bisnis yang paling tinggi. Adapun tahap itu secara kronologis ialah sebagai berikut ini :

1. Ekspor Insidentil
2. Ekspor Aktif
3. Penjualan Lisensi
4. Franchising 
5. Pemasaran di Luar Negeri
6. Produksi dan Pemasaran di Luar Negeri

D. HAMBATAN DALAM MEMASUKI BISNIS INTERNASIONAL.

Melaksanakan bisnis internasional pasti saja bakal lebih tidak sedikit mempunyai hambatan ketimbang di pasar domestic. Negara lain pasti saja bakal memiliki sekian banyak  kepentingan yang tidak jarang kai menghambat terlaksannya transaksi bisnis internasional. Disamping tersebut kebiasaan atau kebiasaan Negara lain pasti saja akan bertolak belakang dengan negeri sendiri. Oleh karena tersebut maka terdapat sejumlah hambatan dalam bisnis internasional yakni :

1. Batasan perniagaan dan tariff bea masuk
2. Perbedaan bahasa, social budaya/cultural
3. Kondisi politik dan hokum/perundang-undangan
4. Hambatan operasional

E. PERUSAHAAN MULTINASIONAL

Perusahaan multinasional pada hakikatnya ialah suatu perusahaan yang melaksanakan pekerjaan secara internasional atau dengan kata lain mengerjakan operasinya di sejumlah Negara. Perusahaan macam ini tidak jarang disebut Multinasional Corporations yang seringkali disingkat MNC. Era Globalisasi yang melanda dunia pada ketika ini dimana dalam kondisi tersebut tidak terdapat satu Negara juga di dunia ini yang terbebas dan tak tercapai oleh pengaruh dari Negara lain. 

Setiap Negara tidak jarang kali terpengaruh oleh perbuatan yang dilaksanakan oleh Negara lain. Hal ini dapat terjadi sebab pada ketika ini anda berada dalam abad komunikasi, sampai-sampai dengan teknik yang paling cepat dan bahkan dalam masa-masa yang bersamaan saya dan anda bisa mengetahui sebuah kejadian yang terjadi di masing-masing Negara di manapun di dunia ini.

Tentang Internasional Bisnis dan Multinasional Bisnis
Tentang Internasional Bisnis dan Multinasional Bisnis
Dari keadaan tersebut maka seakan-akan tidak terdapat lagi batas-batas antara negara yang satu dengan negara yang lain. Kehidupan keseharian menjadi lebih mempunyai sifat sama. Dengan kecenderungan yang terjadi pada ketika ini bahwa permintaan ataupun keperluan masyarakat di mana juga di dunia ini mendekati urusan yang sama. 

Kebutuhan bakal barang-barang konsumsi atau guna kehidupan sehari-hari tidak bertolak belakang antara negara yang satu dengan negara lain. Kebutuhan bakal sabun mandi, sabun cuci, alat-alat tulis, alat-alat kantor, pakaian, pun perabot rumah tangga dan sebagainya tidaklah jauh berbeda antara masyarakat Indonesia dengan Filipina, Jepang, Korea, Arab atupun di Eropa dan Amerika.

Demikian ulasan singkat tentang bisnis internasional diatas, semoga bermanfaat  dan terimakasih.
Tentang Internasional Bisnis dan Multinasional Bisnis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: edho kasiilmu

0 komentar:

Posting Komentar