Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

6 Oktober 2018

3 Cara Terbaik Menghilangkan Stress Dalam Islam

3 Cara Terbaik Menghilangkan Stress Dalam Islam

Salam sahabat islam yang semoga senantiasa dirahmati Allah Swt, kali ini pembahasan kita akan mengupas tentang Cara Jitu Menghilangkan Stress yang dipastikan akan bermanfaat bagi anda , keluarga atau mungkin pula bagi orang lain dan berikut ini adalah ulasannya : 

- Hidup Tenang  dan Tentram didalam Islam

Salah satu bentuk dari berbagai macam bentuk kebahagiaan, merasa hidup lebih tenang dan tentram adalah dengan menikah, mengapa tidak, baik laki laki ataupun wanita yang hendak membangun sebuah rumah tangga melalui pernikahan pasti berharap dan bercita cita bisa membentuk sebuah rumah tangga yang sakinah. Bahkan bagi yang telah menjalani kehidupn berumah tanggapun akan senantiasa berupaya  untuk meraih kehidupan dengan berbagai cara serta metode yang di bangun di atas persepsi berbeda dalam mencapainya. 

Salah satunya adalah dengan berusaha mencari dan menumpuk harta kekayaan sebanyak banyaknya karena menganggap bahwa dengan harta dapat memudahkan meraih kehidupan yang sakinah dan ada pula yang berupaya menyehatkan dan meperindah tubuh mereka.

Terlepas dari metode yang kita tempuh dalam kehidupan yang singkat ini alangkah beruntungnya jika kita mendapatkan karunia rumahtangga yang sakinah dan penuh dengan ketentraman karena kehidupan rumahtangga akan sangat indah jika kita jika kita sudah mengetahui rahasianya meski ada pula di antaranya yang mengalami beberapa kegagalan  dikarenakan rumah tangga itu miskin ilmu pengetahuan sehingga tidak jelas hendak di bawah kemana arahnya.

Sebuah rumah tangga tidak bisa di bangun hanya mengumpulkan uang. Sebab ada yang lebih berharga dari uang itu sendiri yakni sikap saling memahami dan menghormati di antara suami istri. 
Keluarga yang baik merupakan bagian dari masyarakat yang ideal, mengapa…? 
karena kondisi keluarga yang seperti ini akan mengundang kehangatan dan kasih sayang, jauh dari rasa tertekan, tiada acaman serta jauh dari silang sengketa dan perselisihan sehingga tercipta sakinah atau ketenangan yang di liputi cinta dan kasih sayang. 

Di dalam ( QS Ar Rum ayat 21 ) Allah Swt Menjelaskan : 

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

…” Dan di antara tanda tanda kekuasaannya ialah ia menciptakan untukmu istri istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya,dan di jadikannya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya, pada demikian itu benar benar  terdapattanda tanda bagi kaum yang berfikir…”  

Cara Jitu Menghilangkan Stress
katakanlah untuk segera menikah maka allah akan memenuhi dan mencukupkanmu dengan janjinya


Ayat tersebut di atas juga di perkuat dengan suatu penelitian yang membuktikan bahwa menikah mengandung banyak manfaat bagi kesehatan jiwa di antaranya adalah : 

1 . menikah dapat menghilangkan stress
2 . menikah lebih mempu menahan emosi
3 . menikah menjauhkan dari depresi yang berlebihan

1. Menikah Dapat Menghilangkan Stress…

Berbicara soal stress, baik tua atau muda, miskin atau kaya pasti semua pernah mengalami yang namanya stress, bentuk dari stees merekapun berbeda beda  begitu pula dengan cara mereka mengatasinya atau menyelesaikannyapun berbeda- beda.

Tahukah anda apakah yang di maksud dengan stress …? 

Banyak tokoh atau pakar psikologi yang berpendapat atau mendefinisikan stress sesuai dengan pengalaman atau dari dasar keilmuan mereka masing – masing dan dari hasil pemikiran dan devinisi mereka di ambil suatu kesimpulan bahwa stress itu sendiri adalah : keadaan suatu atau seorang individu yang meresa terancam oleh lingkungannya. Dan, ia berusaha menyeimbangkan antara psikis dan fisik terhadap lingkungan yang mengancam tersebut dengan kata lain bahwa stress memicu pada tekanan terhadap tubuh seseorang yang mengalami stress.

Pada umumnya penyebab stress adalah karena tidak terpenuhinya suatu keinginan seseorang, beban fisik yang relatif  lama, ketidak puasan terhadap suatu pencapaian, kurang percaya diri atau pula kekhawatiran terhada sesuatu serta lain sebagainya dan apapun penyebabnya pastilah stress sangat tidak bersahabat dan membuat orang tidak merasa bahagia dan kehilangan kebagaiaan bisa memicu pada munculnya berbagai macam artikel namun sayangnya banyak orang yang tidak tahu bagaimana mengelolah stress itu sendiri.

Banyak cara yang orang gunakan untuk menghilangkan stress dan salah satunya adalah dengan Menikah, mengapa demikian…?

Hal ini di buktikan dengan beberapa penelitian dari salah satu Universitas di California yang mengungkapkan bahwa jika seseorang telah menikah maka ia akan jauh lebih bahagia dan kebagaiaan itu mampu mengurangi kadar stress di bandingkan dengan orang yang tidak menikah dan di dalam penelitian tersebut di lakukan suatu penelitian dengan mengambil sampel air liur partisipan untuk di jadikan bahan pengujian dan hasilnya adalah kadar korsitolnya ( orang yang sudah menikah ) lebih rendah sehingga kadar stresnya juga berkurang.
\
Maka di simpulkan pula bahwa pernikahan dan manfaatnya terhadap kesehatan laki laki sangat erat karena menikah dapat mengurangi kadar korsitol ( hormone stress ) yang mencegah kemungkinan terkena penyakit kronis dan bisa hidup sehat lebih lama, mengapa demikian..? karena hormone korsitol dapat membentuk plak arteri yang akan mengarah pada penyakit arterosklerosis dan jantung dan stress juga sangat berkaitan dengan berbagai macam masalah kesehatan termasuk di antaranya adalah peradangan yang mampu memicu penyakit autoinum. 

2. Menikah Lebih Mampu Menahan Emosi

Berbicara soal fakta, dengan menikah maka seseorang secara ruhani atau mental dapat mengendalikan emosinya ,sebab, keutuhan suatu rumah tangga sangat di tentukan oleh baik atau buruknya emosi suatu pasangan  yakni suami dan istri. 

Dan beberapa penyebabnya adalah kurang terkelolahnya suatu rumah tangga dengan baik, serta hal-hal sepele sampai yang sifatnya serius  yang dapat mengakibatkan emosi seorang suami ataupun istri yang mengakibatkan pengambilan keputusan yang tergesa- gesa apa lagi jika pasangan itu baru menikah dan miskin pengalaman, pikiran mereka masih kurang tenang dalam menghadapi persoalan-persoalan di dalam rumah tangga mereka dan berujung pada di rugikannya banyak pihak.

Emosi atau marah terhadap sesuatu adalah wajar dari sisi emosional manusia begitu juga dengan perasaan takut, malu dan merasa bersalah tetapi perlu kita ketahui pula bahwa rasa marah atau emosi juga di butuhkan karena jika seseorang  tidak memiliki rasa emosi itu jauh lebih rentang terhadap manipulasi dari orang lain, hanya saja emosi yang tidak dikelolah dengan baik bisa berdampak pada hal yang lebih buruk dan bahkan saat emosi menguasai seseorang bisa mengakibatkan ketidak seimbangan fikiran dan mengakibatkan hilanganya akal sehat.

Berkaitan dengan pengendalian amarah, ada empat ( 4 ) hal yaitu ; 

1 . Apabila sedang marah hendaklah kita membaca ta’awudz ( memohon perlindungan ) kepada Allah Swt sebab pada hakikatnya rasa marah yang  tidak dapat di kendalikan berasal dari setan. 

2 . Jika anda sedang marah maka cobalah untuk diam atau dengan kata lain tidak banyak bicara

3 . Manakala kala anda marah dalam keadaan berdiri maka duduklah dan jika duduk masih juga marah maka berbaringlah.

4 . jika upaya ketiganya tidak mampu mengendalikan emosi anda maka upaya terkhir yang bisa di lakukan adalah dengan cara berwudhu atau mandi. 

Adapun alternative lain yang mampu di lakukan untuk mengurangi akibat dari marah atau emosi itu sendiri adalah jika salah satu dari pasangan suami atau istri terpaksa harus marah maka yang pihak satunya lagi hendaklah mengekang keinginannya untuk membalas amarah pasangannya atau mendiamkannya lalu menunggu hingga marahnya reda kemudian mendekatinya lalu memberinya suatu kalimat sayang atau pula pelukan hangat penuh kasih sayang sembari meminta maaf atas apa yang telah terjadi. 

3. Menikah Menjauhkan Dari Depresi

Pada umumnya orang yang sudah menikah dapat saling member dukungan satu sama lain serta hasil dari pada dukungan itu ialah seorang pasangan tidak mudah cemas atau khawatir ketika menghadapi suatu masalah, sebab di antara mereka merasa memiliki pendukung yang siap kapanpun dan dimanapun. 

Mengapa menikah dapat mengobati depresi..? 

Berkaitan dengan hal di atas, telah dilakukan suatu penelitian yang telah di laporkan kedalam journal of health and social behavior yang menyatakan bahwa seseorang yang telah menikah yang memiliki depresi akan mendapatkan dorongan psikologis dari pernikahannya. 

Dengan demikian sudah bisa kita jelaskan bahwa kondisi jiwa seorang yang sudah menikah dan yang belum menikah akan jauh berbeda, seorang yang sudah menikah menjadi lebih bahagia dan optimis menatap masa depan, terhindar dari depresi dengan adanya dukungan atau support dari pasangannya dan hal ini juga di buktikan dengan beberapa penelitian bahwa pernikahan mampu menenangkan jiwa seseorang yang artinya akan terhindar dari berbagai ganguan mental, seperti depresi, kecemasan yang berlebihan, serta banyak hal lainnya.

Sudah menjadi sunnatullah bahwa setiap orang yang memasuki gerbang pernikahanakan memimpikan keluarga yang sakinah.keluarga sakinah adalah pilar pembentukan masyarakat yang ideal yang dapat melahirkan keturunan yang shalih yang di dalamnya kita akan menemukan kehangatan, kasih sayang,kebahagiaan,dan ketenangan yang akan di rasakan seluruh anggota keluarganya.

Semoga penjelasan diatas menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kita semua dan dapat di implementasikan dikehidupan kita sehari-hari dengan segera melakukan apa yang sudah seharusnya kita lakukan yang pastinya selama kita sudah mempu untuk melakukannya dan yang belum mampu maka berpuasalah serta bersabar. 

" Terimakasih semoga bermanfaat "

Advertisement by Google 2

3 Cara Terbaik Menghilangkan Stress Dalam Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar