Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

6 Oktober 2018

Pentingnya Pendidikan Islam Untuk Kemajuan Masyarakat

Pentingnya Pendidikan Islam Untuk Kemajuan Masyarakat 

Artikel berikut adalah artikel yang mengajak kita untuk menyedari akan Pentingnya Pendidikan Untuk Kemajuan Masyarakat Islam yang pastinya diharapkan dapat diimplemetasikan dikehidupan kita, barikut ini adalah penjelasan singkatnya : 

Setiap kita merenungkan keadaan masyarakat islam di berbagai tempat dan negeri kita akan mendapati bahwa masyarakat – masyarakat islam mengalami berbagai masalah budaya, ekonomi, social, dan politik. Jika kita renungkan lebih lama masalah masalah ini niscaya kita sampai kepada kesimpulan bahwa walaupun masalah itu kelihatannya banyak dan bermacam macam tetapi sebenarnya dapat di kembalikan kepada sebab sebab yang sedikit saja.

Yang paling pertama adalah sebab kaum mislimin tidak melaksakan dengan sempurnah ajaran ajaran dan hukum hukum agama dalam segala urusan kehidupannya, begitu juga sebab keterbelakangan pemikiran dan pendidikan pada kehidupan hari ini jadi mereka tidaklah mengalami masalah dan keterbelakanan itu kecuali karena mereka meninggalkan ajaran ajaran agamanya dan melupakan sumber sumber kekuatan dan kemuliyaaan yang mengejak kepada ilmu yang berfaedah, amal saleh dan berjihat di jalan allah.

Begitu juga sebab keterbelakangan pemikirannya,melupakan pendidikan dan mereka menjadi budak kepada orang orang lain dalam segala system pendidikan,ekonomi, polotik dan perundang undangan. Mereka melaksanakan system system yang asingterhadap nilai nilai agama dan budaya islam yang sejati, ini menyebabkan mereka kehilangan identitas islam yang unik yang merupakan cirri khas mereka pada zaman keemasan dan keagungannya

Mengenai pendidikan itu sendiri perlu kita bicarakan mengenai filsafatnya dalam bab ini. Sebab pentingnya untuk pertumbuhan individu dan masyarakat sekarang sudah menjadi fakta yang diterima di kalangan ahli ahli pendidikan,ahli ahli sosiaologi, ahli ekonomi dan ahli politik dn mereka semua setuju bahwa pendidikan adalah semacam investmen untuk menumbuhkan sumber sumber manusia yang tidak kurang nilainya dari investmen pada pertumbuhan sumber sumber material.

Di antara segi segi pertumbuhan dan persiapan yang mungkin di sumbangkan oleh pendidikan kepada individu muslim adalah membuka pribadinya dan mengembangkan berbagai seginya kea rah yang di inginkan oleh masyarakat islam, memperkenalkan padanya akan hak hak yang di beri kepadanya oleh tuhan sebagai individu di dalam suatu masyarakat islam, begitu juga kewajiban kewajibannya, tanggung jawab dan keharusan keharusan sebagai akibat dari hak hak ini. Ia juga harus di siapkan dengan sehat untuk menikmati dan mempergunakannya dengan bijaksana hak hak itu dan memikul kewajiban kewajinan, tanggung jawab,dan keharusan keharusan yang penuh kemampuan. Iya juga harus di siapkan untuk mengadakan hubungan social yang berhasil dan kehidupan ekonomi yang produktif.

Pendidikan baik memberi sumbangan pada semua bidang pertumbuhan individu : dalam pertumbuhan jasmani dari segi structural dan fungsional. Ia juga membuatnya menumbuhkan kesediahan, bakat bakat, keterampilan dan kekuatan jasmaninya, begitu juga memperoleh pengetahuan , keterampilan dan sikap yang betul yang memperbolehkannya mencapai kesehatan jasmani yang wajar, keserasian badan yang sesuai dengan memelihara kesehatan.

Dalam bidang pertumbuhan akal ( intellectual) pendidikan dapat menolong individu untuk meningkatkan, mengembangkan dan menumbuhkan kesediaan , bakat, minat, dan kemampuan akalnya dan memberinya pengetahuan serta keterampilan akal  yang perlu dalam hidupnya.

Dalam bidang pertumbuhan fisikologis pendidikan yang baik melalui berbagai medianya dapat menolong individu mendidik dan menghaluskan perasaannya dan mengerahkannya kea rah yang diingini dimana ia menjadi kekuatan motifasi ke arah kebaikan dan kerja  yang membina serta berhasil yang dapat mencapai kemaslahatannya dan kemaslahatan masyarat di mana ia hidup. Ia juga menolongnya menumbuhkan perasaan kemanusiaan yang mulia yang menjadikan manusia yang mencintai kebaikan bagi orang lain, berinteraksi dengan mereka turut merasakan penderitaan dan masalah masalahnya dan berkomban untuk mereka. Begitu juga menolongnya menyesuaikan diri dengan dirinya sendiri dan dengan masyarakatnya.


Pentingnya Pendidikan Untuk Kemajuan Masyarakat Islam
 Pendidikan Untuk Kemajuan Masyarakat Islam
Di dalam bidang pertumbuhan spiritualdan moral, pendidikan yang baik dapat menolong individu menguatkan iman, akidah, dan pengetahuannya terhadap tuhannya dan dengan hukum hukum, ajaran ajaran dan moral agamanya. Begitu juga membentuk keinginan yang betul dalam melaksanakan tuntutan tuntutan iman yang kuat kepada allah dan pemahaman yang sadar terhadap ajaran ajaran agama beserta nilai nilainya dalam kehidupan sehari hari, dan pada segala bentuk tingkah lakunya dengan hubungannya kepada tuhan dan manusia lain dengan seluruh mahluk lain.

Begitu juga dapat dikatakan dalam pertumbuhan social individu, pendidikan yang baik dapat memainkan peran utama di mana iya menyiapkan induvidu menghadapi kehidupan social yang berhasil dan produktif.

Sumbangan pendidikan dalam semua bidang pertumbuhan yang telah di bicarakan itu adalah fakta yang sudah di terima tidak perlu di bahas panjang lebar. Orang yang masih meragukannya cukup membendingkan orang orang yang mendapat nikmat itu di barbagai aspek pertumbuhan dan persiapan untuk kehidupan. Kita tidak meragukan bahwa ia akan mendapati bahwa nasib orang yang tidak mendapat pendidikan yang baik dalam hal pertumbuhan dan persiapan ini jauh lebih sedikit dari pada orang orang yang menerima pendidikan yang lebih  baik. 

Sebagai mana pendidikan baik membantu mengembangkan individu seperti yang kita sebutkan itu, ia juga menolong dalam pertumbuhan masyarakat dari segi ekonomi, social, budaya, spiritual dan politik.

Kalau pendidikan begitu penting bagi individu dan masyarakat, dan kalau kepentingan bukan terbatas pada suatu ummat atau masyarakat saja bukan juga untuk suatu zaman saja, tetapi meliputi semua umat dan masyarakat di segala zaman, termasuk umat dan masyarakat islam di zaman sekarang, maka adalah kewajiban masyarakat masyarakat islam, memimpin di masyarakat ini untuk membeir perhatian penuh kepada pendidikan dan bekerjasama untuk memperbaiki dan mengukuhkan pendidikan dengan segala cara supaya dapat mencapai cita cita individual dan social yang di kejarnya. Untuk menyebarkan dan menyamaratakan pendidikan kepada semua warga Negara dan memperbaiki kualitasnya haruslah negar islam mengkhususkan kadar yang besar dari pendapat  nasional nya untuk biaya pendidikan.

Kita berkali kali menekankan pendidikan yang baik maka itu berarti pendidikan akan  membawa pada pertumbuhan individu dan masyarakat yang menyeluruh adalah pendidikan yang baik dan bagus. Ukuran baik dan bagus di sini walaupun berbeda dari budaya ke budaya dan dari masyarakat ke masyarakat lainnya, tetapi ada ukuran ukuran yang di sepakati semua di antaranya adalah bahwa pendidikan itu harus berfilsafat,memiliki tujuan tertentu dan jelas, kurukulum, program pengajaran berfilsafat , kebutuhan masyarakat, individu, budaya dan nilai nilai masyarakat itu jelas. begitu juga gerakan perbaikan dan pengembangan masyarakat kea rah yang lebih baik haruslah di dasarkan atas prinsip ilmiah yang telah di kaji dengan matang dan secara terus menerus.

Kita harus sadar bahwa pendidikan yang baik adalah baik filsafatnya, tujuannya, kebijaksanaannya, kurikulumnya, metode dan peralatannya, servisnya, administrasinya, guru gurunya, bangunan dan juga sarananya. Masyarakat yang berusaha mencari pendidikan yang baik harus terus menerus memperbaiki semua berdasarkan pada ajaran ajaran nilai nilai cirri budayanya yang istimewa, kebutuhan, tuntutan peertumbuhan yang menyeluruh dan juga berdasarkan pada hasil penelitian ilmiah yang betul berdasarkan eksperiment yang wajar dan berhasil.

Itulah penjelasan singkat yang dapat kami jelaskan semoga ada manfaatnya dan kami doakan semoga sukses selalu menyertai anda sehari-hari.

Terimakasih atas segala perhatian dan mohon maaf atas segala kekurangan yang ada.


Advertisement by Google 2

Pentingnya Pendidikan Islam Untuk Kemajuan Masyarakat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar