Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Hakikat Mengajar Guru Profesional

Hakikat Mengajar Guru Profesional

Berikut ini adalah artikel singkat yang akan membahas mengenai Guru Profesional  yang diharapkan dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua dan menjadi wacana yang menarik untuk kita bahas, berikut ini ulasannya : 

Sebagian orang berpendapat bahwa mengajar adalah proses penyampaian atau mentransfer ilmu dari seorang pendidik kepada peserta didik. Tetapi nampaknya hal ini sudah tidak berlaku lagi pada zaman atau era modern seperti saat ini karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman. Kini mengajar kita maknai dengan sebagai sebuah kegiatan yang kompleks, yaitu penggunaan secara integrative sejumlah keterampilan untuk menyampaikan ilmu , pengintegrasian keterampilan-keterampilan yang di  maksud  di sini harus di landai dengan seperangkat teori dan di arahkan dengan oleh suatu pengetahuan/wawasan. Sedangkan penerapannya akan menjadi unik bila di pengaruhi oleh semua komponen belajar mengajar.

Komponen yang dimaksud adalah tujuan yang hendak dicapai , ilmu yang ngin disampaikan, subjek didik, fasilitas dan lingkungan belajar serta yang tidak kalah penting adalah keterampilan dan wawasan guru tentang dunia pendidikan, juga misinya sebagai pendidik. 

Jika mengajar di fahami sebagai suatu kegiatan untuk mentransfer ilmu maka kesannya mengajar itu sendiri sebatas pada penyampaian ilmu itu saja dengan kata lain sebatas member dan menerima tanpa ada penerapannya dan hanya berakhir dikertas putuh saja yang suatu waktu akan using dan hilang. 

Guru Profesional
mereka adalah pengabdi negara tanpa tanda jasa
Pembelajaran akan berjalan secara membosankan karena yang mendominasi pembelajaran itu hanyalah guru itu sendiri dan peserta didik hanya sebatas sebagai penerima. Namun jika mengajar dimaknai sebagai segala upaya yang dilakukan dengan sengaja untuk menciptakan proses belajar pada sisiwa dan mencapai tujuan yang telah di rumuskan  maka jelas bahwa yang menjadi sasaran akhir dari pengajaran itu adalah siswa belajar yang artinya segala upaya apapun dapat dilakukan selagi bisa dipertanggung jawabkan dan bisa menghantarkan siswa  mencapai tujuan belajar yang dicanangkan dengan katalain siswa belajar secara aktif dan yang mendominasi dikelas adalah siswa.

Kesimpulannya, hakikat mengajar itu sendiri merupakan usaha guru dalam menciptakan atau mendesain proses belajar pada siswa . jadi yang paling penting adalah dalam belajar mengajar itu bukanlah bahan yang disampaikan oleh guru akan tetapi proses siswa dalam mempelajari bahan tersebut ( guru harus lebih menghargai proses daripada hasil. Jadi guru yang profesionhal adalah: guru yang dapat melakukan tugas mengajarnya dengan baik melalui keteramplan khusus agar tercipta sebuah pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. 

Terdapat artikel menarik lainnya yagn mungkin juga dapat anda jadikan sebagai referensi yagn baik tentang Tips / Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak peserta didikItulah ulasan singkat tentang guru semoga dengan artikel ini kita dapat lebih memahami apa arti seorang guru, apa tujuan dari guru, pantas atau tidakkah kita mengahrgai seorang guru dan semaoga kita semua bagian dari pada guru yang selalu mengajarkan kebaikan ilmu yang bermanfaat bagi bangsa, dan keluarga kita masing-masing. aminn. Terimakasih semoga bermanfaat.

Advertisement 2

Hakikat Mengajar Guru Profesional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar