Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

27 Oktober 2018

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Terbaik

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Terbaik

Berikut ini adalah artikel singkat yang akan membahas mengenai Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Pernikahan yang diharapkan dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua dan menjadi wacana yang menarik untuk kita bahas, berikut ini ulasannya : 

Satu hal yang nampak sebagai bukti tentng statemen tersebut adalah seseorang yang sudah menikah menandakan dirinya “ Lebih Laku “ dari yang lainnya. Dan satu hal lain yang menguatkan statemen itu bahawa dengan menikah rasa percaya diri kita semakin besar adalah : Kita istimewa di mata Allah SWT. Mengapa demikian ? sebab kita berani mengambil komitmen dalam sebuah hubungan yang sacral bernama pernikahan. 

Sehubungan dengan hal tersebut di atas maka kita akan merumuskan dan membahas beberapa poin penting yang berhubungan dengan hal tersebut sebagai berikut :

1. Penyebab seseorang lebih percaya diri setelah menikah
2. Manfaat rasa percaya diri
3. Cara memupuk rasa percaya diri

A . Penyebab seseorang lebih percaya diri setelah menikah 

Ingatlah bahwa sesungguhnya islam itu tidak menghendaki  kita hidup menyendiri apapun alasannya , pernikahan tetaplah jauh lebih baik dari pada melajang. Dua kepala lebih baik daripada satu dalam memecahkan setiap persoalan hidup. Jangan lupakan juga bahwa seoarng yang sudah menikah juga semakin percaya diri, hal tersebut karena ia telah mempersiapkanbeberapa hal sebelumnya sehingga membuatnya lebih percaya diri dengan menikah dan hal tersebut adalah : 

1. Mengetahui pandangan pasangan tentang istri. 
Jika ia adalah wanita karir yang aktif dan sukses, sedangkan pasangan menganggap seora ng istri hanya ada di rumah ,  ini hanya akan menimbulkan konflik, maka sebelum menikah memastikan lebih dulu pandangan pasangan mengenai peran seorang istri, baik didalam maupun di luar rumahtangga

2. Mengetahui pandangan pasangan tentang keluraga.
Pandangan seorang mengenai keluarga sangat berbeda satu sama lain. Jika seorang istri menganggap sebuah keluarga tak lengkap tanpa kehadiran anak, sedangkan pasangannya menganggap sebaliknya ini hanya akan menjadi duri dalam rumah tangga kelak. Seorang istri yang sudah mengetahui pandangan pasangan tentang keluarga bahagia,maka rasa percaya dirinya setelah menikah menjadi meningkat.

3. Mengenali cara pasangan menyelesaikan masalah.
Ketika menikah, seorang istri memasuki persoalan baru dan lebih berat. Oleh karena itu, ia sudah harus mengetahui cara pasangan menyelesaikan masalah apakah calon suaminya omosional, cuek, atau malah memilih untuk diam. Dengan mengetahui hal tersebut ia menjadi mantap dalam berumah tangga.

4. Mengetahui kebiasaan dan sifat buruk pasangan.
Satu hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan sehubungungan dengan wanita yang bisa tampil percaya diri setelah menikah adalah mengetahui sifat dan kebiasan buruk calon suami. Dan ia tidak menginginkan hal itu menjadi sumber masalah dalam hubungannya kelak. Ia juga bisa berfikir ulang jika pasangan memiliki kebiasaan buruk yang fatal. Seperti memukul, meminum miras, serta mengonsumsi obat obatan terlarang. 

5. Kemampuan ekonomi.
Pekerjaan dan karir seorang istri dan suami sangat berpengaruh terhadap tingkat kemampuan ekonominya saat menikah kelak, ada yang berpendapat bahwa segala tidak selalu dengan uang, tapi jika kondisi ekonomi buruk saat menikah, kondisi ini hanya akan memicu masalah, sebab itu, seoarng wanita yang hendak menikah sudah memperhatikan masalah kemampuan calon pasangannya dalam hal ekonomi.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Pernikahan
Percaya Diri Melalui Pernikahan

6. Mempersiapkan bulan madu.
Ini merupakan kegiatan yang menyenangkan menjelang hari pernikahan. Seorang wanita mulai berkemas untuk persiapan bulan madu. Selain itu, ia juga sudah melakukan persiapan terakhir untuk liburan pertamanya sebagai seoarang suami istri. Bahkan ia sudah mencari informasi tentang tempat makan atau tempat menarik lainnya sebagai tujuan bulan madu.

7. Memanjakan diri.
Kegiatan ini di perlukan menjelang hari pernikahan. Pergi ke spa dan menikmati perawatan seharian merupakan aktifitas yang bisa meningkatkan Mood dan membuat calon pengantin semakin percaya diri. Baik itu pengantin wanita atau laki- laki karena hari pernikahan adalah hari yang terpenting dalam hidup, tentu tak sudi tampil dengan wajah kusut dan kusam karena stress.

8. Makanan.
Seorang wanita di sarankan mengkonsumsi makanan yang justru bisa membuatnya tampil lebih cantik saat menikah.  Contohnya, coklat, untuk membantu menghilangkan stress menjelang pernikahan. Dan mengkonsumsi asupan gizi yang cukup untuk simpanan tenaga pada hari bahagianya.

9. Stop perawatan beresiko.
Sepekan menjelang pernikahan hindari perawatan yang berbahaya bagi kesehatan, contohnya, mewarnai rambut, waxing,atau bleacing kulit.

10. Olah raga.
Seorang wanita yang bisa tampil percaya diri saat menikah adalah karena rajin melakukan olah raga yang cukup sebelumnya. Tak perlu olahraga berat cukup dengan jogging santai, yoga, atau olah raga ringan lainnya 

B . Manfaat Percaya Diri 

Banyak hal bisa anda peroleh ketika anda bisa tampil percaya diri, terutama setelah menikah 

- Jika percaya diri anda akan menemukan banyak ide, peluang, atau rencana yang ternyata bisa di lakukan. Dari sinilah anda bisa mendapatkan peluang seperti proyek, bisnis, dan termasuk peluang pekerjaan yang sangat berguna bagi rumah tangga anda. Mengapa begitu sulit mendapatkan peluang, ada dua kemungkinan  yakni anda kurang jeli tarhadap peluang sebenarnya ada di hadapan anda dan anda tidak menganggap itu bukan peluang sebab anda merasa itu bukan untuk anda.dan jika pandai memanfaatkan peluang itu, maka anda akan mendapatkan banyak keuntungan meski tidak selamanya peluang menjadi suatu keuntungan tetapi tanpa peluang akan jauh lebih sulit. Peluang itu bukannya tidak ada akan tetapi yang diperlukan menjadikan diri untuk siap menangkap peluang.

- Rezeki itu datang dari koneksi. Jika anda terampil dan percaya diri dalam berbicara, berinteraksi, dan bergaul, maka anda akan banyak memiliki koneksi,koneksi itu sangat berharga baik itu untuk bisnis ,karir, dan kehidupan yang lainnya. Sama halnya ndengan peluang, banyak koneksi akan menjadikan anda banyak rezeki jika anda pandai memanfaatkannya.

- Jika anda seorang karyawan,dengan percaya diri anda akan mendapatkan bayaran tertinggi dan menunjukkan kemampuan yang sesungguhnya kepada atasan atau perusahan maka , anda akan di pandang sebagai orang yang cakap dan mampu menangani tugas tugas sulit. Akhirnya, anda akan mampu mengerjakan pekerjaan pekerjaan yang berkualitas dan bernilai tinggi, sementara orang berendah diri tidak mau melakukannya.

- Percaya diri merupakan dasar tindakan. Tindakan tindakan anda saat ini setingkat dengan prasangka terhadap diri anda oleh karena itu jika anda memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi amak anda akan memiliki kwalitas tindakan yang tinggi pula. Semampunya orang yang percaya diri akan jauh lebih baik di bandingkan semampunya orang yang rendah diri. Jika anda memiliki percaya diri yang tinggi maka anda menghasilkan tindakan yang berkwalitas pula

- Percaya diri adalah rahasia berubah secara instan. Semua orang bisa berbuat secara instan jika anda sedang berjalan ke timur untuk mencapai tujuan tertentu tiba tiba anda mendapatkan kabar bahwa tujuan anda ada di utara, maka anda bisa mengubah langkah anda ke utara secara instan. Terkadang seseorang yang sudah menikah memikat hati lawan jenisnya, terutama laki laki. Banyak laki laki yang terpikat kepada laki laki yang sudah menikah. Ini tak dapat di sangkal, satu hal yang paling jelas terlihat dari laki laki yang sudah menikah adalah ia berani mengambil keputusan, intinya adalah pemberani.  Nah.., adakah wanita yang tidak terpikat kepada laki laki yang pemberani..? atau siapkah wanita yang sudi menambatkan hatinya kepada laki laki penakut..?    atas dasar inilah seseoarng yang sudah menikah bertambah rasa percaya dirinya.

C . Cara Memupuk Rasa Percaya Diri

Rasa rendah diri dalam bahasa inggris di sebut inferiority complex merupakan suatu syndrome atau penyakit yang sangat mengganggu dalam kehidupan pribadi seseorang. Seringkali ,orang tersebut menyia nyiakan peluang karena tidak memiliki rasa percaya diri. Biasanya ia merasa tidak cukup baik , tidak berdaya dalam berbagai sedih, tidak memilki tujuan hidup dan tidak mendapatkan tempat dalam pergaulan. Syndrome tersebut tidak hanya menghinggap pada orang yang ekonomi atau pendidikannya lemah tetapi juga orang yang berpendidikan tinggi. Jadi, kita sendiri yang menetukan status kita, kita sendiri yang merasa kita tidak berguna, tidak mampu, tidak layak, berbakat dan segala atribut negative lainnya. 

Sebenarnya banyak factor yang menyebabkan seseorang merasa rendah diri dan di antaranya adalah : akibat penolakan orang lain, tidak percaya diri, latar belakang keluarga, dan takut  gagal. Adapun cara yang dapat di tempuh untuk menghilangkan rasa rendah diri tersebut selain dari menikah, 

1. Mungkinanda merasa anda buka n orang yang rapi sehingga apapun yang di lakukan ataupun yang di tampilkan jauh dari kerapian padahal bila rapi anda akan lebih percaya diri maka cobalah.

2. Dimanapun anda cobalah untuk merasakan situasi positif di tempat tersebut, rasakan bahwa orang orang di sekeliling anda menyambut baik, dan lingkungan juga tersenyum kepada anda

3. Tumbuhkan keyakinan bahwa apapun yang anda lakukan akan berjalan dengan baik dan anda akan merasa baik baik saja.

4. Kurangi mengatakan “tapi” misalnya, anda mengatakan saya ingin sukses “ tapi “ saya hanya orang biasa.

5. Jika anda takut berbicara di depan umum, “ actionkan “ itu temukan sesuatu yang anda takutkan lalu mainkan.

6. Penundaan menimbulkan ketakutan, semakin sering anda menunda ketakutan itu akan kian mengumpal dan pikiran mulai mencari alasan bahwa penundaan itu benar, padahal semakin anda menunda berarti selama itu pula anda membiarkan diri untuk tidak berkembang.

7. Coba ingat kapan terakhir kali anda merasa begitu percaya diri, sehingga tidak ada keringat dingin mengucur dari kening anda sehingga lawan bicara anda merasakan adanya rasa percaya diri anda.

8. Mencari kesempurnaan selain  menyita banyak energy dan waktu, juga bisa mengikis habis rasa percaya diri, maka kerjakanlah apa yang menurut anda bisa mengerjakannya dan meragukan kemampuan diri sendiri   

9. Anda harus melakukan Action dengan percaya diri, duduklah dengan tegak, lakukan kontak mata, bicara jelas, kemukakan pendapat dan tersenyumlah. 

Masih banyak cara dalam menanggulangi rasa tak percaya diri tersebut diantaranya adalah:

- Kenali rasa ketidak nyamanan anda maka anda bisa membicarakannya dengan teman dekat atau sesorang yanga anda cintai agar pikiran anda terbebas dari beban yang anda tanggung sendiri 

- Kenali kesuksesan anda  karena besarnya rasa ketidak nyamanan anda  bukanlah sebuah masalah karena Allah SWT telah memberkahi kita dengan bakat tertentu maka temukanlah itu lalu fokuslah mengembangkannya 

- Bersyukurlah atas sesuatu yanga anda miliki karena akar dari perasaan tidak percaya diri anda adalah karena selalu merasa tidak cukup akan kepelikan sesuatu baik itu pengakuan emosional, keberuntungan, atau pula uang , dengan bersyukur anda dapat melawan rasa tidak puas itu lalu temukanlah kedamaian dalam diri anda 

- Selalu berfikir positif dan cobalah berbicara tentang diri sendiri mengenai masa depan diri anda sendiri janagan pernah takut menunjukkan kualitas anda krepda orang lain. 

- Berpakaianlah yang rapi meskipun pakaian tidak membuat orang lebih berkualitas tetapi itu cukup berpengaruh terhadap diri sendi dan terhadap pandangan orang lain dalm jangka waktu yang lama 

- Berjalan dengan cepat,  karena seseorang dengan rasa percaya diri yang bagus akan berjan lebih cepat 25% yang akan menunjukan bahwa ia memili tempat yang harus dituju dan Nampak lebih energik 

- Berikan pujian kepad  orang lain karena dalam prosesnya anda akan lebih disukai dan dapat membangun rasa percaya diri dengan melihat sisi baik dari orang lain yang secara tidak langsung akan membawa hal baik pula kepada diri sendiri.

- Berbicaralah dan jangan takut dinilai orang lain karena berbicara sesuatu yang konyol. Dengan berusaha berbicara anda akan bisa menjadi pembicara yang bagus dan akan dikenali sebagai pemimpin oleh rekan-rekan anda 

- Berolahragalah agar anda memilik tubuh yang fit, atau terlihat sehat sehingga anda akn memiliki energy positif dan tidak mengalami kemerosotan akhlak.

- Tersenyumlah kepada orang yang membencimu karena orang-orang akan selalu menyukai wajah yang punya senyum. Sebab penerimaan yang baik dari orang lain juga akan meningkatkan rasa percaya diri anda.

“Sekian dan Terimakasih Semoga Bermanfaat”


Advertisement by Google 2

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Terbaik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar