Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

1 Desember 2016

Apa yang Dimaksud Dengan Pendidikan Karakter

Apa yang Dimaksud Dengan Pendidikan Karakter

Salam sahabat pendidikan yang sama-sama berbahagia, dibawah ini adalah artikel yang akan membahas mengenai Pendidikan karakter yang sekiranya dapat menjadi pelajaran atau ilmu baru yang bermafaat bagi segenap pembaca dan dapat diaplikasikan dikehidupan kita sehari-hari baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan keluarga atau pergaulan anda, dan berikut ini ulasannya :

Membentuk siswa yang berkarakter bukan suatu upaya yang cukup mudah . hal itu memerlukan upaya terus menerus yang mendalam untuk membuat rentetan keputusan moral yang harus di tindaki dengan aksi nyata. Diperlukan banyak waktu untuk membuat semuanya menjadi kenyataan dan membentuk watak atau tabiat seseorang. 

Apa yang Dimaksud Dengan Pendidikan Karakter
Apa yang Dimaksud Dengan Pendidikan Karakter
Selain itu pencanangan pendidikan karakter tentunya dimaksudkan untuk menjadi salah satu jawaban terhadap beragam persoalan bangsa yang saat ini banyak kita lihat, kita dengar dan kita rasakan. Hal ini tentunya sangat tepat , karena tujuan pendidikan bukan hanya melahirkan insane yang cerdas namun juga menciptakan insane yang berkarakter kuat seperti yang dikatakan Dr. marten luter King yakni kecerdasan  yang berkarakter adalah tujuan akhir pendidikan yang sebenarnya.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk merealisasikan pendidikan karakter di sekolah. Konsep karakter tidak hanya dijadikan suatu poin dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran di sekolah melainkan harus lebih dari itu. Dijalankan dan dipraktikkan. Mulailah dengan belajar taat dengan peraturan sekolah dan tegakkan itu secara disiplin. Sekolah harus menjadikan pendidikan karakter sebagai tatanan nilai yang berkembang dengan baik yang diwujudkan dalam contoh dan seruan nyata yang dipertontonkan olrh tenaga pendidik dan kependidikan disekolah dalam keseharian kegiatan didalam sekolah . 

Di sisi lain, pendidikan karakter merupakan upaya nyata yang harus melibatkan semua kepentingan didalam pendidikan, baik pihak keluarga, sekolah, lingkungan sekolah dan juga masyarakat luas. Oleh karena itu, langkah awal yang perlu dilakukan adalah membangun kembali kemitraan dengan jaringan pendidikan yang kelihatannya mulai putus antara lingkungan sekolah yaitu guru, keluarga, dan masyarakat, pembentukan dan pendidikan karakter tidak akan berhasil selama di antara itu semua tidak ada kesinambungan dan keharmonisan.

Dengan demikian rumah tangga dan keluarga  sebagai lingkungan pembentukan dan pendidikan karakter pertama dan utama harus lebih harus lebih diberdayakan yang kemudian didukung oleh lingkungan dan kondisi pembelajaran di sekolah yang memperkuat proses pembentukan tersebut.

Disamping itu tidak kalah pentingnya pendidikan di masyarakat karena lingkungan masyarakat juga sangat mempengaruhi terhadap karakter seseorang, mempengaruhi keberhasilan penanaman nilai – nilai etika , estetika untuk pembentukan karakter itu sendiri. Menurut “Qurais Shihab” situasi kemasyarakatan dengan situasi yang di anutnya, mempengaruhi sikap dan cara pandang masyarakat secara keseluruhan. Jika nilai sikap dan pandangan mereka terbatas , maka ambisi tersebut akan terbatas pada hal yang sama pula. 

Pendidikan karakter melalui sekolah tidak semata mata bukan hanya sekedar pembelajaran ilmu pengetahuan saja melainkan harus lebih dari itu yakni penanaman moral, nilai-nilai etika dan estetika serta budi pekerti yang luhur. Selain itu, karakter kyang harus dimiliki siswa diantaranya yaitu kerjasama , disiplin, taat, dan bertanggung jawab dan yang paling penting adalah praktekkan dan lakukanlah dengan disiplin oleh setiap elemen sekolah 

Demikianlah penjelasan singkat tentang Pendidikan Karakter diatas semoga bermanfaat dan dapat bernilai ibadah disisi Tuhan yang Maha Esa aammiinn..


Advertisement 2

Apa yang Dimaksud Dengan Pendidikan Karakter Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar