Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

27 Oktober 2018

Tips / Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak peserta didik

Tips / Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak Peserta didik

Sahabat pendidikan yang sama berbahagian, artikel berikut ini akan membahas tentang bagaimana atau Tips / Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak peserta didik yang diharapkan dapat menajdi solusi atau motifasi anda dalam proses belajar dan mengajar di lingkungan sekolah maupaun dilingkungan keluarga anda dirumah, berikut ulasannya : 

Siswa siswi dari tingkat SD sampai SMA/sederajat pasti akan menempuh yang namanya ujian akhir atau ujian nasional. Tentunya segalanya membutuhkan persiapan yang matang dan baik untuk menghadapi ujian tersebut, anak harus siap dari sisi materi pelajaran ataupun dari psikologis anak tersebut sehingga dapat menuhai hasil yang baik.

Baca juga : Peranan Media Pendidikan Di Sekolah Dasar

Bagi sebahagian anak, ujian nasional ini adalah hal yang menakutkan, tidak sedikit anak atau peserta didik yang stress karena ujian yangt satu ini. Bagi orang tua sudah sepatutnyalah kita menjaga kondisi pisik ataupun psikis anak agar tidak stress karena hal itu akan menggangu belajar anak. Selain itu bagi orang tua disarankan untuk senantiasa mmantau perkembangan belajar anak. Hal terpenting dalam proses belajar adalah : konsentrasi anak dalam belajar. Anak akan mudah menangkap pelajaran jika mereka nyaman dan berkonsentrasi dalam belajarnya. 

Berikut beberapa tips agar anak dapat meningkat konsentrasinya dalam belajar : 

1. Hilangkan beban dan tugas tugasnya.

Jika ada PR ( pekerjaan rumah ) usahakan agar diselesaikan terlebih dahulu agar si anak tidak kepikiran terus menerus pada saat kegiatan belajarnya sedang berjalan

2. Pikirkan manfaat belajar untuk masa depan.

Kita perlu sedikit berandai – andai misalnya kalau besar nanti kita akan manjadi orang pandai, menjadi orang yang sukses, dan menjadi orang yang besar, dan lain sebagainya agar dapat memacu kiat belajar anak dengan menyemangati mereka demi cita cita yang mereka impikan.

Tips / Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak peserta didik
Tips / Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar
3. Jangan terlalu kecapean.

Usahakan jangan membuat jadwal belajar dengan aktifitas fisik berlebih misalnya berolah raga yang berlebihan, main seharian, jalan jalan seharian dan lain lain. Kalau sudah kecapean maka belajar sebentar saja sudah membuat ia ngantuk jadi jika pulang sekolah sebaiknya langsung tidur siang atau sore lalu setelah bangun baru belajar yang serius. 

4. Posisi belajar yang pas

Belajar jangan sambil tiduran, sambil jalan, sambil nonton,sambil ngobrol, jongkok, dan lain sebagainya yang megurangi rasa nyaman anda saat belajar. Cobalah untuk belajar di atas meja dan kursi sebagai sandarannya agar nyaman saat belajar.

5. Tempat yang tenang dan nyaman.

Hindari lokasi belajar yang berisik, bila perlu cobalah untuk menyendiri dikamar tanpa ada gangguan apapun agar tidak rusak konsentrasinya dalam belajar.

6. Cari tahu metode belajar yang tepat.

Lakukan aktifitas yang dapat menunjang masuknya pelajaran dengan mudah kedalam otak misalnya mendengarkan music, atau mencorat coret kertas dan lain lain yang membuat anda nyaman sesuai kebutuhan anda.

7. Strategi menghapal pelajaran

Jika kesulitan dalam menghapalkan pelajaran maka cobalah untuk membuat rangkuman pelajaran yang mudah dimengerti dan dapat dibaca kembali jika ada yang dilupakan. Bisa pula merekam suara kita untuk didengarkan kembali.

8. Beristirahat jika merasa lelah

Tubuh yang lelah jika di paksa belajar maka tidak akan berguna jadi cbalah untuk berbaring hingga beberapa menit atau beberapa jam agar tidak sakit lalu setelah bangun melanjudkannya kembali sekaligus menguji apakah kita tidak lupa pelajaran kita atau hapalan kita setelah tidur, sekaligus pula untuk menguji daya ingat kita.

9. Lupakan sejenak masalah yang ada diluar

Masalah dari luar jangan dibawah masuk kedalam ruang lingkup belajar kita atau kedalam rumah kita sebab akan sangat menggangu proses belajar yang telah kita lakukan. Misalnya masalah soal cinta ( pacar ) atau kalau bisa sekolah dan belajar dulu baru pacaran agar cita cita untuk sukses dan cirta cita untuk memiliki pacar yang sukses juga bisa tercapai karena orang yang baik dan sukses dari sisi agama akan mendapatkan orang yang baik dan sukses pula. 

Inilah beberapa tips belajar yang baik untuk anda dan semoga bermanfaaat aammiinn.. 


“ Sekian dan terimakasih ” 

Advertisement by Google 2

Tips / Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak peserta didik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar