pembelajaranmu.com | Rumah Belajar Anak Milenial

5 Tujuan Dalam Belajar

5 Tujuan Dalam Belajar

Salam sahabat pembelajaranmu dimanapun berada. berikut akan coba kami uraikan beberapa tujuan belajar dalam dunia pendidikan yang semoga dapat memberikan manfaat untuk anda sekalian.

Namun sebelum lanjut, sekedar kami mengingatkan agar senantiasalah untuk membaca hingga tuntas agar tidak salah faham dan gagal dalam memahami setiap tujuan dari uraian tujuan dari belajar dibawah ini. Untuk lebih jelasnya silahkan di baca uraian dibawah ini.

Tujuan adalah suatu cita – cita yang pastinya ingin kita capai dari hal-hal yang kita lakukan . tidak ada kegiatan atau sesuatu yang programkan yang di lakukan tanpa tujuan karena hal itu bisa berarti tidak ada kepastian dalam menentukan kemana arah yang akan di tempuh dan akan dibawah kemana kegiatan atau program itu sendiri.

Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. 

Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons. Seorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini, dalam belajar yang terpenting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.

Secara garis besar tujuan belajar adalah terdiri perubahan pada diri seseorang menjadi lebih baik maka dari pertanyaan tersebut akan kita simak bersama – sama beberapa tujuan dari belajar tersebut antara lain : 

Tujuan Dalam Belajar
Tujan Belajar

Apa saja tujuan dalam belajar?

Belajar memiliki tujuan untuk melakukan dan mengadakan perubahan didalam diri antara lain adalah tingkah laku. Dengan adanya kegiatan belajar maka norma-norma yang dimiliki seseorang setelah melakukan kegiatan belajar akan berubah menjadi baik bahkan bisa jauh lebih baik.

Baca juga: Tips meningkatkan konsentrasi belajar anak Klik disini.

Dalam kegiatan ini bisa dimulai dengan melatih pelajaran disekolahan di mulai dari pemberian contoh oleh peserta didik atau murid atau siswa di sekolah oleh pendidik itu sendiri. 

Maka seorang pendidik haruslah menjadi suri tauladan bagi peserta didiknya karena mengingat bahwa yang diinginkan dalam belajar itu sendiri adalah hal yang positif.

Belajar memiliki tujuan mengubah kebiasaan dari buruk menjadi baik seperti merokok, minum minuman keras, nyabu, keluyuran, bangun terlambat , barmalas malasan dan lain sebagainya. 

Dalam kegiatan disekolah seorang pendidik selain dari memberi pengetahuan melalui pelajaran yang disampaikan melaonkan harus memberikan perhatian lebih kepada peserta didik yang memiliki kebiasaan buruk. 

Ini bisa dilakukan dengan dengan memberikan nasihat pengajaran tentang dampak buruk kebiasaan itu terhadap diri sendiri dan orang lain. Tips meningkatkan motivasi belajar anak. Baca disini.

Serta seorang pendidik harus memberkan dorongan yang kuat untuk bisa mengholangkan kebiasaan negative yang dimiliki peserta didik tersebtu sebagai bentuk tujuan yang ingin di capai didalam belajar .

Belajar memiliki tujuan mengubah sikap seseorang dari yang negative menjadi yang positive contohnya seorang anak yang kebiasaannya membangkan kepada orang tuanya, membentak dan mencaci orang tuanya akhirnya berubah karena mendengar ceramah ceramah agama tentang bagaimana kita seharusnya sebagai seorang naka terhadap orang tuanya maka itulah belajar yang sebenarnya.

Belajar juga memiliki tujuan untuk mengubah keterampilan seseorang yang berawal dari tidak tahu menjadi tahu seperti yang awalnya tidak tahu bermain bola tapi tekat untuk belajar sangat kuat akhirnya ia mulai tahu.

Bukan hanya itu banyak contoh lainnya yang bisa kita bahas misalnya jika itu bidang olah raga seperti renang,bulu tangkis bahkan sampai cabang angkat besi karena ketika kita dapat melihat potensi diri kita sendiri lalu kita berjuang untuk terus belajar dan membeisasakannya maka tujuan itu akan tercapai.

Artiel terkait: Apa itu pendidikan karakter? Klik disini.

Dan yang paling penting adalah bahwa dengan belajar maka ilmu pengetahuan akan bertambah dan terus bertambah contohnya pada dunia pendidikan ada yang namanya Transfer of knowledge atau penyaluran ilmu pengetahuan kepada peserta didik. 

Seorang pendidik di wajbkan untuk lebih kreatif dalam hal mendidik dan yang pasti jangan sampai timbul kejenuhan dalam proses mengajar peserta didik yang di hadapi. Pemilihan metode, materi, strategi belajar yang dapat bisa menjadi solusi sekaligus menjadi tujuan dari belajar itu sendiri. 

Sampai disini mungkin kita semua sudah sama - sama mengerti tentang materi filsafat pendidikan tentang tujuan dalam belajar diatas, dan sekiranya anda berkenan silahkan di bagikan atau di share artikel ini jika dirasa bermanfaat. Cukup sekian dari kami dan terimakasih.

5 Tujuan Dalam Belajar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

 
-->