Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

3 Desember 2016

Hubungan Anatara Filsafat Dan Agama Dalam Pendidikan

Hubungan Anatara Filsafat Dan Agama Dalam Pendidikan 

Salam sahabat pendidikan yang sama-sama berbahagia, dibawah ini adalah artikel yang akan membahas mengenai Hubungan Anatara Filsafat Dan Agama Dalam Pendidikan  yang sekiranya dapat menjadi pelajaran atau ilmu baru yang bermafaat bagi segenap pembaca dan dapat diaplikasikan dikehidupan kita sehari-hari baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan keluarga atau pergaulan anda, dan berikut ini ulasannya :

Menurut Hocking ( 1946) , agama merupakan obat dari kesulitan dan kekhawatiran yang dihadapi manusia, sekurang kurangya meringankan manusia dari kesulitan atau beban. Agama merupakan pernyataan pernyataan manusia didalam dunia yang besar atau jagat raya ini. Karena ada jalan hidup yang benar yang perlu ditemukan, agama menjadi suatu lembaga yang bersemangat untuk memperoleh kehidupan yang baik dan mernungkannya sebagai suatu tuntunan kosmis. 

Manusia sebagai penanutnya yang setia, karena menurutnya agama telah memberikannya sesuatu yang sangat berharga bagi hidupnya yang tidak mungkin dapat diuji dengan pengalaman maupun oleh akal seperti halnya dengan menguji kebenaran sains dan filsafat karena agama lebih banyak menyangkut perasaan dan keyakinan. Agama merupakan hal yang nyata ( ada ) dank arena keberadaannya itulah Agama disebut  pengkajian filsafat. 

Landasan agama atau tauhid merupakan landasan utama yang perlu perhatikan dan diterapkan dalam kehidupan sehari hari untuk keselamatan didunia dan diakhirat nanti. Misalnya dalam melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran bagi anak didik, dimana landasan tauhid dan keagamaan ini menyangkut dengan hakikat sebagai mahluk ciptaan Tuhan. 

Oleh karena itu pendidikan pembelajaran yang harus dilakukan harus berdasarkan pada pembentukan kepribadian anak didik yang sesuai dengan nilai-nilai akidah dan spiritual keagamaan menurut ajaran agama islam. Pandangan filsafat menurut islam tentang semuanya pada Al-Qura’an yang dijadikan sebagai pegangan dan pedoman hidup bagi orang –orang yang beriman. Krena dia yakin bahwa semuanya, baik hidup ataupun mati baik dimanapun ia berada adalah kekuasaan Allah dan kehendaknya Allah SWT. 

Hubungan Anatara Filsafat Dan Agama Dalam Pendidikan
Hubungan Anatara Filsafat Dan Agama Dalam Pendidikan 

Filsafat merupakan pertolongan yang sangat penting pula pengaruhnya terhadap seluruh sikap dan pandangan orang karena filsafat justru hendak memberikan dasar – dasar yang terdalam mengenai hakikat hidup manusia dan dunia. 

Ada beberapa hal penting dalam agama yaitu : 

- Meyakini adanya Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dan mengatur semua kehidupan manusia.

- Adanya kebajikan, sifat buruk dan baik serta lain sebagainya.

Juga diselidiki oleh filsafat karena itu merupakan atau mungkin ada secara umum kebenarannya dalam agama berdasrkan waktu atau firman-firman Allah, sedangkan kebenaran dalam filsafat kebenaran dalam filsafat hanya didsarkan pada pikiran semata. Agama telah Mengkhaskan bahwa agam itu untk orang orang yang beriman, berakal dan berilmu pengetahuan. Maksudnya adalah : didalam agama terutama didalam agama islam adanya aturan aturan yang ditetapkan Allah, dimana aturan Allah adalah Wajib, sunnah, haram, makru dan mubah. Jadi pendidikan dan agama adalah dua hal yang  saling berhubngan dan salng baerkaitan , maksudnya dalah : didalam agama ada aturan aturan yang harus dipatuhi. 

Sedangkan didalam pendidikan juga ada aturan yang harus dipatuhi dan semua aturan baik agama maupun pandidikan dijalankan dan diterapkan oleh ,manusia. Dimana dapat dikatan bahwa hubungan antara filsafat dan agama diantaranya : 

Setiap orang diharapkan merenungkan dengan hikmat, untuk menjadi proses pendidikan dan usaha-usaha pendidikan suatu bangsa guna mempersiapkan generasi muda dan warga Negara yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa serta dapat menjadi warga yang sadar dan insaf tentang hidup serta mempunyai tauladan yang dapat dijadikan prinsip dan keyakinannya. 

“ terimakasih semoga bermanfaat “

Advertisement 2

Hubungan Anatara Filsafat Dan Agama Dalam Pendidikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar