Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

20 Keutamaan Fadillah Ayat Kursi Menurut Qur'an Hadist

Keutamaan Fadillah Ayat Kursi Menurut Qur'an Hadist

Salam sahabat muslim yang InsyaAllah sama-sama berbahagia, dibawah ini adalah artikel yang akan membahas mengenai Keutamaan Ayat Kursi Dan Fadhillahnya  yang sekiranya dapat menjadi pelajaran yang bermafaat bagi segenap pembaca dan dapat diaplikasikan dikehidupan kita sehari-hari dan berikut dibawah ini adalah ulasannya :

( QS. Al – Baqarah : 255 )

“ Allah tidak ada tuhan melainkan dia yang maha kekal lagi terus menerus mengurus mahklukNya, tidak mengantuk dan tidak tidur, kepunyaannya apa yang ada dilangit dan dibumi. Siapakah yang dapat member syafa’at di sisi Allah tanpa izinnya ? Allah mengetahui apa apa yang ada dihadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakinya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah maha tinggi lagi maha Besar” 

Ayat ini diturunkan setelah hijrah nabi, semata diturunkannya ia telah di iringi oleh beribu ribu malaikat karena kebesaran dan kemuliyaannya. Syeitan dan iblis juga menjadi gempar karena adanya satu perintang dalam perjuangan mereka. Rasulullah SAW dengan segera memerintahkan  Zaid bin Tsabit menulis lalu menyebarkannya. 

Fadhillah ayat kursi

1. Siapa yang membaca ayat kursi setelah shalat fardhu, setiap pagi dan petang, setiap kali keluar masuk rumah atau hendak bermusyafir dengan khusyuk, InsyaAllah akan terpeliharalah dirinya dari godaan syetan, kejahatan manusia, binatang buas, yang memudaratkan dirinya, bahkan keluarga, anak-anak dan harta bendanya juga akan terpelihara dengan Izin Allah SWT.

2. Mengikui dari kitab “Asraarul mufidah” siapa mengamalkan ( membacanya ) setiap hari sebanyak 18 kali maka akan dibukakan dadanya dengan berbagai hikmah, dimurahkan rezekinya,dinaikkan derajadnya, dan diberikannya pengaruh sehingga semua orang akan menghormatinya serta terpeliharalah ia dari segala bencana dengan izin Allah.

Keutamaan Fadillah Ayat Kursi Menurut Qur'an Hadist
Keutamaan Ayat Kursi Dan Fadhillahnya 2018
3. Syeikh Abu Abbas menerangkan, siapa yang membacanya sebanyak 50 kali lalu ditiupkannya kepada air hujan kemudian diminumnya, insyaAllah akan mencerdaskan akal pikirannya serta memudahkannya menerima ilmu pengetahuan.

4. Rasulullah SAW bersabda, “ siap pulang kerumahnya serta membaca ayat kursi maka Allah hilangkan dari padanya segala bencana dengan izin Allah.

5. Rasulullah SAW bersabda , umatku yang membaca ayat kursi 12 kali pada pagi jumaat kemudian berwudhu lalu shalat sunat dua rakaat dan shalat sunat 2 rakaat maka Allah akan memeliharanya dari pada kejahatan syaitan dan kejahatan pembesar.

6. Orang yang sering membaca ayat kursi akan dipelihara oleh Allah sebagai mana ia memelihara Nabi Muhammad.

7. Mereka yang beramal dengan ayat kursi akan mendapatkan pertolongan serta perlindungan Allah dari pada gangguan syaitan serta hasutannya.

8. Pengamal ayat kursi juga akan terhindar dari pada pencerobohan pencuri, ayat kursi menjadi benteng yang kuat menyekat pencuri dari pada memasuki rumah.

9. Mengamalkan bacaan ayat kursi juga akan memeberikan keselamatan ketika dalam perjalanan.

10. Ayat kursi yang dibaca dengan penuh khusyu’ insyaAllah akan menyebabkan syaitan dan jin terbakar.

11. Jika anda memasuki rumah baru maka pada malam pertama anda menduduki rumah tersebut sebaiknya anda membaca ayat kursi sebanyak 100 kali, insyaAllah dengan izin Allah anda terhindar dari pada gangguan lahir dan batin.

12. Barang siapa membaca ayat kursi sebelum tidur, Allah akan mewakilkan malaikatnya untuk menjaganya hingga tiba subuh hari.

13. Barang siapa yang membaca ayat kursi setelah shalat fardhu maka Allah akan menjaganya (melindunginya) hingga tiba shalat yang lain.

14. Barang siapa membaca ayat kursi diakhir tiap shalatnya, tidak menegah akan dia dari pada masuk syurga kecuali maut, dan barang siapa membacanya ketika hendak tidur, Allah akan memelihara dia keatas rumahnya, rumah jiwanya, dan ahli rumah rumah disekitarnya.

15. Barang siapa membaca ayat kursi diakhir  setiap shalat fadhu, Allah menganugerahkan hati hati orang yang bersyukur, perbuatan orang orang yang benar, pahala nabi nabi jga Allah melimpahkan padanya rahmat.

16. Barang siapa membaca ayat kursi sebelum keluar rumahnya, maka Allah mengutuskan 70.000 malaikatnya kepadanya, mereka semua memohon keampunan dan mendoakan baginya.

17. Barang siapa membaca ayat kursi di akhir shalatnya, Allah mengendalikan pengambilan rohnya dan ia seperti orang yang berpegang seperti nabi Allah sehingga matinya syahid.

18. Barang siapa yang membaca ayat kursi ketika sedang sempit niscaya Allah akan membarikan pertolongan kepadanya dari Abdullah Bin Amr R.A.

19. Setiap yang membaca ayat kursi dengan istiqomah setiap selesai shalat fardhu, setiap pagi dan petang setiap kali masuk rumah atau kepasar, ketempat tidur atau bermusafir, insyaAllah akan diamankan dari godaan syaitan dan kejahatan raja-raja ( pemerintah ) yang kejam, diselamatkan dari kejahatan manusia dan binatang yang memudharatkan. Terpelihara dirinya dan keluarganya, anak anaknya, hartanya, rumah dari kecurian, kebakaran, dan kekaraman. 

20. Ayat kursi mengandung keistimewahan, didalamnya terdapat Ismul-a’zam. Tersusun dalam 50 kata-kata, terdapat 17 nama Allah dhahir dan dhamir, terdapat 17 huruf MIM  dan 17 huruf Wawu. Ayat kursi membahas ke-Esaan dzat Allah SWT dan kesempurnaan sifat-sifatnya. 
Dan masih banyak lagi keutaman – keutaman lainnya. 

Itulah ulasan singkat tentang Keutamaan Ayat Kursi Dan Fadhillahnya yang diharapan mampu menjadi angin penyegar bagi kita sekalian , terikasih dan sukses selalu bersama anda. salam. Terimakasih semoga bermanfaat.

Advertisement 2

20 Keutamaan Fadillah Ayat Kursi Menurut Qur'an Hadist Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih