Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian dan Unsur - Unsur Dalam Resensi

Pengertian dan Unsur - Unsur Dalam Resensi

Salam sahabat pendidikan sekalian dimnapun berada, berikut kita akan menjelaskan tentang pengertian daripada resensi dan unsur-unsur apa saja yagn ada didalamnya. untuk mempersingka waktu mari kita simak ulasan dibawah ini !

Resensi berasal dari bahasa latin yaitu kata kerja “revidere “ atau “ resucere” yang artinya melihat kembali, menimbang atau menilai, meresensi buku dapat berarti memberikan penilaian, mengungkapkan kembali isi buku, membahas, atau mengkritik buku dengan maksud memberikan informasi isi buku kepada masyarakat luas. 

Istilah resensi dikenal juga sebagai timbangan buku , tinjauan buku, pembicaraan buku, dan bedah buku. Sebenarnya bidang garapan buku hanyalah buku dan bidang garapan resensi dapat di dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu : 

1. Buku, baik fiksi ataupun nonfiksi
2. Pementasan seni seperti film , sinetron, tari, music atau kaset.
3. Pameran seni.

Pengertian dan Unsur - Unsur Dalam Resensi 2018
Pengertian dan Unsur - Unsur Dalam Resensi

Unsure- unsure resensi

Adapun unsure-unsur yang diresensi : 

1. Membuat judul resensi menarik dan menjiwai tulisan

2. Menyusun data buku seperti ( judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal buku dan harga jika perlu )

3. Membuat pembukaan, misalnya memperkenalkan pengarang dan karyanya, membandingkan dengan buku sejenis, memaparkan sosok pengarang dan keunikan buku, merumuskan tema buku, mengungkapkan kesan, mengajukan pertanyaan, dan membukia dialog.

4. Tubuh dan isi resensi antara lain : ringkasan isi buku / synopsis, ulasan singkat, keunggulan dan kelemahan buku, serta tinjauan bahasa.

5. Penutup resensi. 
biasanya bagian penutup berisikan buku tersebut penting untuk siapa dan mengapa.

Demikian penjelasan singkat diatas, semoga dapat menambah pengetahuan anda dan bermanfaat untu anda. selamat belajar dan terimakasih.




Advertisement 2

Pengertian dan Unsur - Unsur Dalam Resensi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar