Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

17 Desember 2016

Pengertian Tafsir Secara Bahasa Dan Istilah

Pengertian Tafsir Secara Bahasa Dan Istilah 

Sahabat muslim yang insyaAllah diarahmati Allah Swt, beriktu adalah artikel singkat tetang Pengertian Tafsir Secara Bahasa Dan Istilah  yang semoga dapat menjadi dan membari ilmu yang bermanfaat bagi kita semua dan dapat pula bernilai ibadah disisi Allah swt, aminn. berikut adalah ulasannya :

- Menurut Bahasa :

Tafsir berasal dari bahsa arab yakni fassara-yufassiru-tafsiran yang berarti penjelasan, pemahaman, dan perincian, tafsir juga dapat diartikan al,-idlah wa al tabyin yaitu : penjelasan dan keterangan. 

Pendapat lain menyebutkan bahwa tafsir sejarah dengan timbangan ( wazan ) kata taf’il, di ambil dari kata al-fasr yang berarti al-bayan ( penjelasan ) dan al-kasyf yang berarti membuka atau menyingkap, dan dapat juga diambil dari kalimat atau kata al-tafsarah yaitu istilah yang digunakan untuk suatu alat yang biasa digunakan oleh dokter untuk mengetahui penyakit.

Didalam Al-Qur’an kata tafsir diartikan sebagai ( penjelasan ) hal ini sesuai dengan lafal tafsir yang terulang hanya satu kali yakni dalam ( QS Al-Furqan 25:33 ) yang berbunyi : 

“ tidaklah orang –orang kafir itu datang padamu dengan ( membawa ) sesuatu yang ganjil, melainkan kami datangkan kepadamu sesuatu yang benar dan paling baik penjelasannhya “ 
Al-jurjani bahwa tafsir ialah menjelaskan makna ayat-ayat AL-Qur’an dari berbagai seginya, baik konteks historiya ( sejarahnya ) maupun sebabnya ( Al-nuzulnya ), dengan menggunakan ungkapan-ungkapan atau keterangan yang dapat menunjukkan kepada makna yang dikehendaki secara terang dan jelas.


Pengertian Tafsir Secara Bahasa Dan Istilah
Pengertian Tafsir Secara Bahasa Dan Istilah 

Menurut Imam Al-Zarqani bahwa tafsir adalah ilmu yang membahas kandungan Al-Qur’an baik dari segi pemahamannya , maknanya atau artinya sesuai yang dikehendaki Allah , menurut kadar kesanggupan manusia. 

Menurut Al-Muturidi bahwa tafsir merupakan penjelasan yang pasti dari maksud suatu lafal dengan persaksian bahwa Allah bermaksud demikian dengan menggunakan dalil-dalil yang pasti melalui para periwayat yang adil dan jujur.

Menurut Az-Zarkasyi bahwa tafsir adalah ilmu yang berfungsi untuk mengetahui kandungan kitabullah ( Al-Qur’An ) yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW dengan cara mengambil penjelasan maknanya, hukumnya serta hikmahnya yang terkandung dalam Al-Qur’an.

Tafsir diambil dari riwayat dan dirayat , yakni ilmu luqhat, nahwu, sharaf, ilmu balaqhah, usnul fiqh dan dari ilmu asbabin nuzul serta nasikh mansukh. 

Demikianlah penjelasan singkat tersebut diatas semoga memberi manfaat bagi kita semua terutama untuk saya pribadi dan semoga Allah Swt senantiasa membari ganjaran yang sebaik-baik orang yang beriman kepadanya dan membarikan syafaatnya bagi kita semua aminn.

Terimaksih semoga bermanfaat  

Advertisement 2

Pengertian Tafsir Secara Bahasa Dan Istilah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar