Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

10 Oktober 2018

Rukun Islam Tentang Manfaat Berpuasa

Rukun Islam Tentang Manfaat Berpuasa

Sahabat Islam sekalian, tahukah kita apa arti puasa? sudahkah kita mengerjakan puasa? dan apakah kita juga sudah mengerti apa manfaat dari berpuasa? saya rasa kita semua mengerti bahwa sebagai warga muslim yang baik dan taat sudah seharusnya faham akan semua hal tersebut terutama keutamaan atau manfaat daripada puasa.

Perlu kita ketahui bersama pula bahwa puasa merupakan salah satu kewajiban kita sebagai umat Muslim, meskipun kita sadari bahwa tidak sedikit dari saudara kita yang masih belum menyadari akan kewajiban tersebut dan masih melalalikannya bahkan tidak mengenal apa yang dinamakn dengan puasa sebab mereka sudah dibutakan hatinya, dihilangkan keimanannya dan direnggut ketaqwaannya oleh duniawinya yang terus menjerumuskannya kedalam api neraka,

semoga saja artikel singkat ini dapat mengingatkan kita akan manfaat berpuasa dan senantiasa menjadi seorang muslim yang beriman dan bertaqwa kepadanya, berikut ulasan singkatnya :

Bulan Puasa Rhamadan merupakan bulan kesembilan dari bulan hijriah yang dimana pada bulan tersebut di wajibkan bagi seluruh kaum muslim di seluruh dunia untuk berpuasa dan adapaun sifat –sifat puasa itu sendiri adalah : 

Seorang muslim sebelum berpuasa haruslah berniat terlebih dahulu sebelum tiba waktu fajar atau sebelum matahari terbit ( terang ) kemudian menahan diri dari makan dan minum dan berjima’ (mendatangi istri) atau dengan kata lain bercampur dengan istri di saat sedang berpuasa hingga terbenamnya matahari lalu berbuka, itu yang di kerjakan selama bulan puasa dan itu ia menghendaki rhido Allah dan beribadah kepadanya.


Rukun Islam ( Puasa )
Rukun Islam ( Puasa )

Dalam puasa terdapat beberapa manfaat tak terhingga yang terpenting yaitu : 

1. Puasa merupakan suatu bentuk ibadah kepada Allah dan menjalankan perintahnya. Seorang hamba Allah meninggalkan syahwatnya, makannya dan minumnya demi Allah maka hal itu adalah sarana terbesar untuk mencapai taqwa kepada Allah SWT.

2. Manfaat terbesarnya adalah dari sudut pandang kesehatan, ekonomi, social, maka amat banyak, tidak ada yang bisa mengetahuinya selain mereka yang berpusa atas dorongan akidah dan keyakinannya kepada Kebasaran Allah atas segala yang ia ciptakan di dunia.

Demikianlah penjelasan singkat tersebut diatas semoga memberi manfaat bagi Rukun Islam Tentang Syahadat kita semua terutama untuk saya pribadi dan semoga Allah Swt senantiasa membari ganjaran yang sebaik-baik orang yang beriman kepadanya dan membarikan syafaatnya bagi kita semua aminn. Terimakasih semoga bermanfaat “  

Advertisement by Google 2

Rukun Islam Tentang Manfaat Berpuasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar