Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

5 Oktober 2018

5 Manfaat Mengeluarkan Zakat Dalam Islam

5 Manfaat Mengeluarkan Zakat Dalam Islam


Sesuai dengan tema diatas maka pada artkel singkat berikut ini kita akan membahas mengenai Rukun Islam yaitu Zakat yang semoga dapat menjadi ilmu yang berharga bagi kita semua dan dapat dilaksanakan dikehidupan kita sehari-hari sebagai hamba yang taat dan sebagai hamba yang sadar Islam dan Aturan dalam Islam, berikut adalah ulasannya :

Allah telah memerintahkan setiap muslim yang memiliki harta mencapai nisab untuk mengeluarkan hartanya setiap tahun kepada yang berhak menerima dari kalangan fakir

Nisab emas sebanyak 20 mitsqal atau gram, nisab perak sebanyak 200 dirham atau mata uang kertas yang senilai dengan itu. Barang-barang dagangan dengan segala macam jika nilainya telah mencapai nisab wajib bagi pemiliknya untuk mengeluarkan zakatnya manakala telah berlalu setahun. Nisab biji-bijian dan buah-buahan 300 sha’. Rumah siap jual dikeluarkan zakat nilainya, sedangkan rumah siap sewa saja dikeluarkan zakat upahnya. Kadar zakat pada emas, perak dan barang-barang dagangan 2,5% setiap tahunnya. Pada biji-bijian dan buah-buahan 10% dari yang diari air tanpa kesulitan. Seperti, yang diairi dengan air sungai, mata air yang mengalir atau hujan. Sedangkan 5% pada biji-bijian yang diairi dengan susah seperti yang diairi dengan alat penimba air.

Rukun Islam Zakat dan Manfaat Mengeluarkan Zakat
Rukun Islam Zakat dan Manfaat Mengeluarkan Zakat

Adapun manfaat mengeluarkan zakat yaitu:

1. Menentramkan jiwa 
2. Menunaikan zakat dapat Menambah harta dan meningkatkan keberkahan harta
3. Menghibur jiwa orang-orang fakir dan menutupi kebutuhan mereka
4. Menguatkkan ikatan cinta antara orang-orang fakir dan orang kaya
5. Membersihkan diri dari api neraka
Dan manakala jika segala hak orang  - orang fakir terpenuhi sesungguhnya Allah akan melimpahkan dan melipat gandakan ganjaran baik kepada keduanya atas izinnya.

Dengan demikian bisa kita ketahui bersama bahwa berzakat bukanlah suatu hal yang merugikan namun justru akan sangat memberi kita keuntungan baik didunia terlebih lagi diakhirat kelak dan siapapun kita jika rukun ini tidak kita laksanakan meski kita bergelinang harta atau memiliki segalanya namun merasa rugi jika melaksanakan rukun yang satu ini maka niscaya merugilah ia selama-lamanya didunia dan diakhirat nanti.

Semoga kita bukanlah bagian atau salah satu dari orang-orang yang kikir dan dimurkai oleh Allah serta semoga Allah senantiasa melindungi kita dan menuntun kita kejalan yang benar. aamin. 

Demikian penjelasan singakat diatas dan semoga dapat menjelaskan kepada kita tentang pentingnya zakat bagi kebaikan kita dan orang lain disekitar kita.

“ terimakasih semoga bermanfaat “ 

Advertisement by Google 2

5 Manfaat Mengeluarkan Zakat Dalam Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar