Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

4 Solusi Dan Teknik Berpikir Jernih

4 Solusi Dan Teknik Berpikir Jernih 


Berikut ini adalah artikel singkat yang akan membahas mengenai TSolusi Dan Teknik Berpikir Jernih yang diharapkan dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua dan menjadi wacana yang menarik untuk kita bahas, berikut ini ulasannya : 

Apakah yang dimaksud dengan berpikir jernih ?

Menurut pandangan saya, berpikir jernih itu adalah pikiran yang bersih dari hal – hal yang negative termasuk persepsi-persepsi yang salah terhadeap suatu masalah. Pikiran-pikran yang dapat mengotori pikiran itu sendiri dapat membahayakan hasil bagus dari pemikiran kita. Ibaratnya dalam ilmu kedokteran, jika seorang dokter salah mempersepsikan penyakit pasiennya maka akan salah pula cara peanganannya atau contoh lainnya misalnya seorang tukang servis motor, jika salah menganalisa apa kerusakan dari kendaraan tersebut maka bisa fatal akibatnya saat di kendarai kembali. 

Dan solusinya adalah dengan harus jeli dan hati hati saat melihat dan menentukan masalah yang ada karena itulah teknik dan kunci awal untuk menyelesaikan masalah tersebut. Selain itu ada pula hal lain yang berkenaan dengan masalah pikiran yang negative adalah ketika pikiran di tutupi hal yang negative maka akan sulit untuk melihat solusi yang ada , tidak mampu melihat ide – ide yang ada, ibarat ketika kita memakai kaca mata yang kusam. 

- Penyebab pikiran kurang / tidak jernih 

Penyebab utamanya adalah keadaan emosional yang negative yang dapat mengundang hal hal negative yang bisa memnuhi pikiran kita lalu membuat mood kita hilang dan sering kali dalam keadaan yang seperti ini kita mengambil kesimpulan yang tergesa gesa dikarenakan keadaan yang mendesak kita dan juga rasa ketakutan kita serta merasa sangat tertekan. Pikiran yang kotor ibarat jalanan yang dibanjiri air yang kotor, kita tidak mampu melihat mana sisi jalan yang baik untuk dilalui dan mana yang berbahaya dan fatal bisa kita terjerambak didalamnya dan bisa membuat seseorang menjadi celaka.

Solusi Dan Teknik Berpikir Jernih
Teknik Berpikir Jernih
Sehubungan dengan hal tersebut diatas maka kita akan mencoba sedikit member solusi diantaranya adalah teknik berfikir jernih. Adapun langkah langkah yang dapat kita lakukan adalah : 

- (1 ) membersihkan hati karena banyak hal didunia ini semua berasal begitu pula dengan masalah yang terkadang dan sering muncul karena persoalan hati jadi jika heti kita jernih insyaallah solusi pasti akan kita temui. 
“ ketahuilah  bahwa didalam tubuh terdapat Mudghah ( segumpal daging ) jika ia baik, maka baik pula seluruh tubuhnya, jika ia rusak maka rusak pula seluruh tubuhnya. Ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati (HR bukhari dan muslim ) “  

Lalu bagaimanakah cara membersihkan hati kita ? adalah dengan cara berzdikir, mengaji, menjaga ibadah kita, bertafakkur dan senantiasa membawa nama Allah kemanpun kita pergi dengan kata lain apapun yang kita hadapi dan kemanapun kita melalui hidup cobalah untuk senantiasa untuk mengingat Allah. Lakukanlah dengan khusyu’ karena itu bisa membuat kita berfikiran positif untuk menemukan pikiran yang jernih. 

- (2 ) mengembalikan fungsi akal disaat emosi sedang menguasai diri yang dapat melemahkan pungsi akal yang sebenarnya dengan cara menenangkan diri misalnya, jika berdiri maka cobalah untuk duduk, jika duduk tidak berpengaruh maka cobalah untuk berbaring dan jika kedua hal itu tidak mampu juga maka cobalah untuk berwudhu lalu shalat.

- (3) setelah emosi negative itu reda maka gunakanlah akal kita kembali dengan cara yang benar dan beberapa cara dan teknik berfikir yang baik adalah problem solving, berpikir sistematis, mind maping, dan beberapa teknik teknik lainnya termasuk berfikir kreatif. 

- (4) cobalah berpikir dengan mengkombinasikan otak kanan kita karena otak kanan sangat berkaitan dengan daya atau nalar imajinasi kita yang bisa memberikan gambaran besar pada diri kita lalu rincilah masalahnya dengan otak kiri anda. Otak kanan dekat dengan emosi jadi jika emosi kita sudah terkendalikan maka kinerja otak kanan juga akan lebih baik dan tidak terpengaruh lagi dengan hal yang sifatnya negative. 

Dengan cara – cara ini InsyaaAllah kita bisa menemukan ide-ide, gagasan-gagasan, yang luar biasa untuk  hidup yang lebih baik.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Solusi Dan Teknik Berpikir Jernih  diatas semoga bermanfaat dan dapat bernilai ibadah disisi Tuhan yang Maha Esa aammiinn..

“ sekian dan terimaksih semoga bermanfaat “    


Advertisement 2

4 Solusi Dan Teknik Berpikir Jernih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih