Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

9 Januari 2017

Macam –Macam Tafsir Alqur'an Terkenal dan Penulisnya

Macam –Macam Tafsir Alqur'an Terkenal dan Penulisnya


Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Sudahkah kita belajar banyak tentang agama kita sendiri? sudahkah kita mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari? semoga kita dapat menjadi bahagian dari saudara-saudara kita yang sudah memahami agamanya secara utuh meski tak sempurna, minimal dengan artikel berikut ini kita mau belajar banyak dan mencoba mendalami lagi apa tujuan daripada tafsir itu dibuat oleh para leluhur kita.  Sejenak mari kita membaca artikel singkat dibawah ini yang sekiranya dapat memberi kita ilmu yang bermanfaat bagi kita semua, berikut ulasannya :

Abdullah bin Abbas, dilahirkan di Syi’bi tiga tahun sebelum hijrah, ada yang mengatakan lima tahun sebelum hijrah, dan wafat di kota Thoif pada tahun 65 H, dan ada yang mengatakan tahun 67 H, dan ‘Ulama’ Jumhur mengatakan wafat pada tahun 68 H., banyak melahirkan beberapa tafsir yang tidak terhitung jumlahnya, dan tafsiran dia dikumpulkan dalam sebuah kitab yang diberi nama Tafsir ibnu Abbas. Di dalam kitab ini terdapat beberapa riwayat dan metode yang berbeda-beda, namun yang paling bagus adalah tafsir yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalhah Al Hasyimi.

Mujahid bin Jabr, dilahirkan pada tahun 21 H, pada masa ke pemimpinan Umar bin Khattob, dan wafat pada tahun 102/103 H. sedangkan menurut Yahya bin Qhatton, dia wafat pada tahun 104 H., termasuk tokoh tafsir pada masa tabi’in sehingga dia dikatakan tokoh paling ‘alim dalam bidang tafsir pada masa tabi’in, dan pernah belajar tafsir kepada Ibnu Abbas sebanyak 30 kali.

Macam –Macam Tafsir Terkenal dan Penulisnya
Tafsir 
Atthobari, bernama lengkap Muhammad bin Jarir, di lahirkan di Baghdad pada tahun 224 H, dan wafat pada tahun 310 H. karangan-karangannya adalah Jami’ul Bayan Fi Tafsiril Qur’an, Tarikhul Umam Al muluk dan masih banyak lagi yang belum disebutkan.

Ibnu Katsir, bernama lengkap Isma’il bin Umar Al Qorsyi ibnu Katsir Al Bashri. Di lahirkan pada tahun 705 H. dan wafat pada tahun 774 H. termasuk ahli dalam bidang fiqih, hadist, sejarah, dan tafsir, karangan-karangannya adalah Al Bidayah Wan Nihayah Fi Tarikhi, Al Ijtihad Fi Tholabil jihad, Tafsirul Qur’an, dan lain-lainnya.

Fakhruddin Ar Rozi, bernama lengkap Muhammad bin Umar bin Al Hasan Attamimi Al Bakri Atthobaristani Ar Rozi Fakhruddin yang terkenal dengan sebutan Ibnul Khotib As Syafi’i, lahir di Royyi pada tahun 543 H. dan wafat pada tahun 606 H. di harrot, mengajarkan ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu pasti, dan juga mendalami ilmu filsafat dan mantiq, karangannya adalah mafatihul Ghoib fi Tafsirul Qur’an, Al Muhasshol fi Ushulil Fiqh, Ta’jizul Falasifah dan lain-lainya.

Hingga hari ini, banyak kejadian atau fenomena yang terjadi  didalam masyarakat tentang pemahaman alqur'an dan tafsir, memang kedua hal ini sangat berkaitna erat dan ada waktu tertentu tidak dapat dipisahkan sebab antara tafsir dan alqur'an sangat saling membutuhkan. namun sebab adanya kegagalan dalam menafsirkan keduanya, sering terjadi tindakan yang merugikan orang lain, cohtohnya jika ada seseoran yang menolak tafsir tertentu maka orang tersebut dianggap menolak alqur'an.

Al-Qur’an adalah kalâmullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara malaikat Jibril dengan berbasaha Arab dan beribadah bagi yang membacanya. Sedangkan tafsir menurut Al-Zarkasyi adalah ilmu untuk memahami Al-Qur’an dengan menjelaskan makna-maknanya, serta menggali hukum-hukum dan hikmah-hikmah yang terkandung di dalamnya. Al-Zarqani dalam Manâhil Irfân menambahkan bahwa tafsir adalah ilmu yang menjelaskan tentang maksud Alquran sesuai dengan kehendak Allah dengan “(batas) kemampuan manusia”.

Dari rangkaian tulisan diatas diharapkan kita dapat mengenal para tokoh tafsir yang semoga kedepannya kita dapat mencari tafsirnya dan mempelajarinya demi diri pribadi dan untuk diamalkan kepada sesama muslim yang beriman. sekian dari kami dan mohon maaf atas segala kekurangan

Terimakasih Semoga Bermanfaat


Advertisement 2

Macam –Macam Tafsir Alqur'an Terkenal dan Penulisnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar