Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Keutamaan, dan Tata Cara Puasa Senin Kamis

Keutamaan, dan Tata Cara Puasa Senin Kamis 


Berikut adalah penjelasan singkat mengenai Puasa Senin kamis ( Keutamaan, dan Tata Cara ) yang semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat diimplikasikan dikehidupan sehari-hari, berikut penjelasnnya :

Rasulullah SAW bersabda : 

تعرض الأعمال يوم الاثنين والخميس، فأحب أن يعرض عملي وأنا صائم  

“ ( Pahala ) amalan diangkat pada hari senin dan kamis , maka aku menyukai jika ketika amalanku diangkat  aku dalam keadaan berpuasa “ ( HR At – Tarmidzi dan Ibnu Majah ) 

Puasa senin kamis adalah sama halnya dengan puasa sunnah pada umumnya dan memiliki amalan tersendiri , namun masih banyak dari kita sebagai umat muslim yang berfikiran bahwa jika kita berpuasa hari senin namun ketinggalan pada hari kamisnya maka dianggap puasanya tidak Sah. 
Ketika beliau ditanya tentang puasa senin kamis beliau ( Rasulullah SAW ) kembali bersabda khususnya pada hari senin :


Puasa Senin kamis ( Keutamaan, dan Tata Cara )
Puasa Senin kamis ( Keutamaan, dan Tata Cara ) 

ذاك يوم وُلدتُ فيه وأُنزلَ عليَّ فيه 

“ Hari itu aku dilahirkan dan hari itu pula , Wahyu diturunka kepadaku “ ( HR Muslim ) 

Rasulullah SAW tidak menyaratkan bahwa harus dilakukan dihari senin dan kamis dan tidak boleh melewatkan salah satu hari tersebut, akan tetapi senin adalah amalan tersendiri dan kamis pun demikian, karena amalan yang kita lakukan diangkat pada hari senin dan kamis.  

- Adapun niat terkhusus untuk puasa senin dan kamis dilakukan atau berniat sebelum ( Fajar ) dan untuk puasa sunnah diperbolehkan berniat pada pertengahan hati dan berniatnya cukup dilakuakn didalam hati dengan kata lain tidak dilafaskan sesuai yang diriwayatkan Rasulullah SAW. 
Aisayah-RA berkata : 

كان رسولُ الله -صلى الله عليه وسلم- إِذا دخل عليَّ قال : هل عندكم طعام؟ فإذا قلنا : لا ، قال : إني صائم

“ Ketika Rasulullah SAW masuk kepadaku dan bertanya “ Apakah engkau memiliki makanan ? aku berkata ; tidak, beliau berkata ; berarti aku puasa “ ( HR Abi Daud ) . 

- Adapun keutamaan yang dapat kita peroleh pada puasa senin kamis adalah : 
Rasulullah SAW bersabda : 

إن في الجنة بابًا يقال له‏:‏ الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال‏:‏ أين الصائمون‏؟‏ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد‏ 

“ Sesungguhnya didalam surga ada satu pintu yag namanya Ar-Rayyan “ yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa, kelak pada hari kiamat tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Dikatakan manakh orang-orang yang suka berpuasa ? dan merekapun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka , jika mereka telah masuk , maka pintu itu ditutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi ( HR Bukhori dan Muslim ) 

عن عائشة ـ رضي الله عنها ـ أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يتحرى صيام الاثنين والخميس

“  Aisyah RA : bahwa Nabi SAW sering melakukan puasa senin kamis “ ( HR Ibnu Majah- At-Tarmidzi dan An-Nasai ) 


“ Terimakasih semoga bermanfaat “  

Advertisement 2

Keutamaan, dan Tata Cara Puasa Senin Kamis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar