Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Jenis Wanita Yang Dirindukan Surga dan Keistimewaannya

Jenis Wanita Yang Dirindukan Surga dan Keistimewaannya 



Dari Imran Bin Husain r.a mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda yang isinya : 

“ Sesungghnya penghuni Syurga yang paling sedikit adalah wanita ( HR Muslim )

Oleh karena itu kepada kaum wanita berusahalah untuk mendapatkan peluang yang kecil tersebut dengan menjadi wanita-wanita yang shaleha dihadapan Allah , dan kali ini kita akan membahas wanita –wanita yang dirindukan surga dibawah ini : 

1. Wanit yang taat menjalankan agamanya


Firaun adalah kafir musuh Islam, memiliki istri yang taat , berpegang teguh pada agama Allah SWT mekipun ia hidup dengan seorang kafir, Allah SWt member contoh yang baik dalam firmannya yang menyatakan : 

“ dan Allah membuat istri firaun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ktika ia berkata “ Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah disisimu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim “ ( QS At-Tahrim 66 : 11 ). 

2. Wanita yang berhiaskan amalan saleh dikehidupannya


Allah SWt berfirman yang artinya :

“ sesunghnya laki-laki dan perempuan yang muslim , laki laki dan perempuan yang mukmin , laki laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut nama Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar “ ( QS Al-Ahzab 33 : 35 ).

3. Wanita yang baik ( bagus ) dalam Mendidik Anak Perempuannya.


Aisya r.a berkata : “ ada seorang wanita yang datang menemuiku sambil membawa kedua putrinya . dia datang untuk meminta, saat itu aku tidak punya apapun selain sebutir kurma. Akhirnya aku tetap memberikannya kepada wanita tersebut. Lalu wanita tadi membelah sebutir kurma menjadi dua untuk diberikan kepada kedua putrinya. Wanita tersebut tidak makan samasekali , kemudian berdiri dan pergi. Lalu Rasulullah SAW menemuiku, maka aku pun menceritakan perhal tentang wanita tersebut, mendengar hal tersebut lantas Rasululah SAW bersabda : 

“ barang siapa yang diuji dengan anak-anak perempuan dengan sesuatu, kemudian dia tetap berbuat baik kepada mereka, maka anak-anak perempuan tersebut boleh menjadi penghalang baginya dari api neraka” .

4. Wanita yang mengerjakan shalat, puasa dan menjaga kehormatannya.


Diantara amalan yang dapat membawa seorang wanita kedalam surga ialah amalan-amalan shalat, puasa dan menjaga kehormatannya ( kemaluannya dan kesuciannya ) serta taat kepada suaminya sebagai seorang wanita.

Rasulullah SAW bersabda : 

“ Apabila wanita shalat lima waktu, puasa bulan rhamadhan, dan dia juga menjaga kemaluannya, mentaati suaminya, maka akan dikatakan padanya, “ masuklah kedalam surga dari pintu mana saja yang engkau kehendaki “.

5. Wanita Yang sabar menerima penyakit


Dari hadist Atha’ Bin Rabbah r.a mengatakan bahwa ibnu Abbas pernah bercerita kepadaku : “ maukah aku tunjukkan kepadamu wanita penghuni surga ? ada seorang wanita yang datang kepada Rasulullah SAW dan berkata, Wahai Rasulullah , Aku menderita penyakit sejenis ayan, apabila apabila penyakit itu kumat aku tidak sadar sampai membuka auratku, berdoalah kepada Allah agar menyembuhkanmu, Rasulullah SAW berkata : 

“ apabila kamu mau bersabar maka bagimu surga, dan apabila tidak maka aku boleh mendoakanmu kepada Allah “ , wanita tadi menjawab “ baiklah aku bersabar, tetapi doakan agar aku tidak sampai membuka aurat “ dan Rasulullah pun mendoakannya “.

Jenis Wanita Yang Dirindukan Surga dan Keistimewaannya
Jenis Wanita Yang Dirindukan Surga dan Keistimewaannya 

6. Wanita yang tidak menyakiti orang lain atau siapapun


Dari Abu Hurairah r.a Berkata : “ ada yang bertanya kepada Rasulullah SAW, Wahai Rasulullah, ada seorang wanita yang rajin shalat malam dan puasa disiang hari serta bersedekah, tetapi dia menyakiti tetangganya dengan lisannya, maka Rasulullah SAW menjawabnya 

“ tidak ada kebaikan padanya, dia termasuk penghuni neraka” mereka bertanya kembali, disana ada seorang wanita yang hanya shalat wajib dan bersedekah dengan sepotong keju, tetapi dia tidak pernah menyakiti siapapun ? , Rasulullah SAW menjawab “ Dia penghuni Surga “.

7. Wanita yang mencari keredhaan suaminya.


Raslullah SAW bersabda : 

“ maukah kalian aku kabarkan tentang para wanita penghuni surga ? iaitu wanita yang pengasih, banyak anak dan berperilaku baik, jika ia dizalimi ( suaminya marah kepadanya ) , atau ia berbuat zalim ( kepada suaminya ) ia akan berkata “ ini tanganku berada ditanganmu. Aku tidak boleh memejamkan mataku, hingga engkau Rhido padaku “.

8. Wanita yang taat kepada suami dalam hal kebaikan 


Dari Husain Bin Muhshin r.a berkata : orang gajiku telah menceritakan kepadaku , Aku pernah datang kepada Rasulullah SAW untuk sebuah keperluan, Rasulullah SAW berkata : “ ada apa ini, apakah engkau engkau punya suami ? aku menjawab ‘ya’, Rasulullah kembali bertanya “ bagaimana ketaatanmu kepadanya ? , aku menjawab ‘ aku tidak pernah meremehkan ketaatan dan pengabdian kepadanya, kecuali jika aku tidak mampu, Rasulullah SAW menjawab “ lihatlah dirimu sejauh mana kedudukanmu dimata suamimu, dia adalah surga dan neraka bagimu “.

9. Wanita yang menyayangi Binatang.


Sebuah kisah bercerita bahwa ada seekor anjing disekitar sumur air, anjing itu hampir mati karena kehausan, tidak jauh dari sumur, ada seorang wanita pezina dari kalangan bani israil, dengan sigab wanita itu pun melepas sepatunya dan mengambil iar dari sumur  kemudian meminumkannya air itu kepada anjing tersebut, akhirnya wanita tersebut diampuni dosanya oleh Allah SWt disebabkan perbuatannya tersebut. 

Maksudnya adalah ( selalu berbuat kebajikan dijalan Allah meskipun itu hanyalah seekor binatang dan bukan hanya kepada sesama manusia saja satu-satunya jalan untuk berbuat baik sebab segala sesuatu didunia ini adalah kepunyaan Allah dan ialah yang menciptakannya serta siapa saja yang menjaga dan menyayangi kepunyaanya ( Allah ) maka akan disayangi pula oleh Allah SWT ).

10. Wanita yang mengamalkan amar ma’ruf Nahi Munkar.


Allah SWt berfirman : 

“ dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan , sebagian merka adalah menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh ( mengerjakan ) yang ma;ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zkat, dan mereka taat kepada Allah dan Rasulnya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah . sesungghnya Allah Maha perkasa lgi Maha bijaksana “ ( QS At-Taubah 9 : 71 ).

Ayat tersebut menjelaskan bahwa tugas untuk menjalankan amar ma’ruf nahi mungkar  bukan hanya kepada laki-laki saja , bahkan kaum wanita juga wajib untuk memerintahkan kebaikan dan mencegah dari yang munkar, akan tetapi hal itu dilakukan hanya dimedan kaum wanita saja, perkumpulan kaum wanita , bukan diperkumpulan kaum laki-laki atau dipasar yang banyak kaum laki-lakinya ( Syehk Ibnu Utsaimin r.a ).

Itulah beberapa macam-macam wanita yang dirindukan surga, dan adapun keistimewaan wanita didalam beberapa Hadist didalam islam adalah sebagai berikut : 

1. Doa wanita itu lebih makbul daripada laki-laki dikarenakan sifat penyayangnya yang lebih kuat daripada laki-laki. 

Rasulullah SAW berkata : 

“ ibu lebih penyayang darip-ada bapak dan doa orang yang penyayang tidak akan sia-sia “.

2. Wanita yang salehah lebih baik daripada 1000 laki-laki yang saleh.

3. Rasulullah SAW bersabda : “ Barang siapa yang mengembirakan anak perempuannya, derajatnya seumpama orang yang senantiasa menangis karena takut akan Allah . dan orang yang takut akan Allah SWT akan diharamkan api neraka keatas tubuhnya “.

4. Wanita yang tinggal bersama anak-anaknya sepeninggal suaminya akan tinggal bersama aku disurga ( Rasulullah SAW didalm surga ).

5. Barang siapa yang membawa hadiah ( barang makanan dari pasar kerumah lalu diberikan kepda keluarganya ) maka pahalanya seperti melakukan amalan bersedekah. Hendaklah mendahulukan anak perempuan dari anak laki-laki.

6. Surga itu dibawah telapak kaki ibu ( Hadist Rasulullah SAW ).

7. barang siapa memiliki tiga anak perempuan atau tiga saudara perempuan atau dua anak perempuan atau dua saudara perempuan lalu dia bersikap ihsan dalam pergaulan dengan mereka dan mendidik mereka dengan penuh rasa takwa serta sikap bertanggung jawab maka baginya adalah surga .

8. Apa bila memanggil akan dirimu dua orang ibu bapakmu , maka jawablah panggilan ibumu terlebih dahulu.

9. Aisya r.a berkata : “ barang siapa yang diuji dengan sesuatu dari pada anak –anak perempuannya lalu dia berbuat baik kepada mereka, maka mereka akan menjadi penghalang bginya daripda api neraka “.

Serta masih banyak lagi keistimewaan seorang wanita yang lainnya .

“ Terimakasih semoga bermanfaat “     

Advertisement 2

Jenis Wanita Yang Dirindukan Surga dan Keistimewaannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih