Artikel Pendidikan Bermanfaat

4/24/2017

Contoh Keberagaman Agama, Kepercayaan, Ras dan Gender di Indonesia

Contoh Keberagaman Agama, Kepercayaan, Ras dan Gender di Indonesia


Sesuai dengan tema diatas maka kita akan membahas mengenai keberagaman Agama dan Keyakinan , Ras, serta Gender yang ada di NKRI sejak zaman dahulu, dimana keberagaman itu sendiri merupakan wujud daripada Negara Kesatuan kita ini. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini. 

1. Keberagaman Agama dan Kepercayaan

Arti Penting Keberagaman Masyarakat Indonesia, Keberagaman ini antara lain dipengaruhi oleh letak geografis dijalur perdagangan internasional. Dukungan kekayaan alam yang melimpah dan diperlukan oleh bangsa lain, maka para pedagang asing datang ke Indonesia. Selain melakukan kegiatan berdagang, mereka juga menyebarkan ajaran Agama dan Kepercayaan yang mereka yakini. Agama hindu dan Budha masuk dibawah oleh bangsa India yang sudah lama berdagang dengan Indonesia.

Kemudian menyusul para pedagang Gujarat menyebarkan ajaran Islam. Kedatangan bangsa eropa membawa ajaran Agama Kristen dan Katolik, sedangkan pedagang dari cina menganut Agama Kong Hu Chu. Berbgai ajaran agama diterima oleh bangsa Indonesia karena sebelumnya masyarakat sudah mengenal kepercayaan seperti animism dan dinamisme. Juga sifat keterbukaan masyarakat Indonesia menerima budaya lain.

2. Keberagaman Ras

Keberagaman Agama, Kepercayaan, Ras dan Gender di Indonesia
Keberagaman Agama, Kepercayaan, Ras dan Gender di Indonesia

Keberagaman Ras beberapa ahli mempunyai pendapat berbeda mengenai pengertian Ras, namun secara umum, Ras dapat diartikan sebagai sekelompok besar manusia yang memiliki cirri-ciri fisik yang sama. Manusia yang satu memiliki perbedaan ras dengan manusia yang lainnya karena adanya perbedaan cirri-ciri fisik sepeti warna kulit, warna dan bentuk rambut, bentuk muka, ukuran badan, bentuk badan, bentuk dan warna mata, dan cirri fisik yang lain.

Masyarakat Indonesia memiliki keberagaman Ras disebabkan oleh kedatangan bangsa asing kewilayah Indonesia, sejarah penyebaran Ras didunia, letak dan kondisi geografis wilayah di Indonesia.

Beberapa Ras yang ada didalam masyarakat indoneisa antara lain 1. Ras Malayan-Mongoloid yang ada disumatera, jawa, bali, nusa tenggara barat, Kalimantan dan Sulawesi. 2.  Ras melanesoid yang mendiami daerah papua, Maluku,dan nusa tenggara timur. 3 Ras Asiatic Mongoloid seperti orang tionghoa, jepang, dan korea. Ras ini tinggal meyebar diseluruh wilayah indoneisa, namun terkadang mendiami daerah tertentu. Terakhir adalah 4. Ras Kaukasoid yaitu orang india, timur tengah, Australia, eropa dan amerika.

3. Keberagaman Gender

Masyarakat Indonesia terdiri atas jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Berdasarkan sensus penduduk tahun 2010, jumlah penduduk laki-laki sebanyak 119.630.913 dan perempuan sebanyak 118.010.413. jumlah penduduk ini dari tahun ketahun semakin meningkat , sehingga diprediksi penduduk Indonesia akan bertambah pesat pada tahun-tahun berikutnya, hal ini disebabkan oleh pertumbuhan penduduk Indonesia stiap tahun sekitar 1.49 %. Suatu jumlah yang besar dan dapat menimbulkan masalah dikemudian hari. Oleh karena itu perlu upaya untuk mengurangi pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia. 

Keberagaman Agama, Kepercayaan, Ras dan Gender di Indonesia
Keberagaman Agama, Kepercayaan, Ras dan Gender di Indonesia

Sering kali kita menjumpai seseorang memperlakukan orang lain secara berbeda karena perbedaan jenis kelamin. Misalkan saat tugas piket kelas , maka laki-laki mengangkat meja dan perempuan yang menyapu. Kemudian yang menjadi sekretaris dan bendahara kelas adalah anak perempuan.

Keadaan inilah yang dinamakan dengan GENDER, yang dapat diartikan sebagai perilaku atau sikap yang disebabkan oleh perbedaan jenis kelamin. Perilaku dan sikap ini bukan karena jenis kelamin seseorang sehingga dia menjadi ketua kelas. Namun disebabkan oleh pandangan atau pendapat dalam masyarakat yang memberikan tugas –tugas tertentu berdasarkan jenis kelamin.

Demikianlah penjelasan singkat tentang perbedaan dan keberagaman yang ada di bumi NKRI yang kita cintai ini , semoga dapat menjadi ilmu yang berharga untuk kita semua. 

Terimkasih Semoga Bermanfaat 
Sumber : KEMENDIKBUD



  

Advertisement by Google 2

Contoh Keberagaman Agama, Kepercayaan, Ras dan Gender di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu