Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian Elemen Gerak Tari, Ruang Waktu dan Tenaga dalam Tari

Pengertian Elemen Gerak Tari serta Ruang Waktu dan Tenaga dalam Seni Tari


Mahluk hidup setiap hari melakukan gerak. Gerak merupakan cirri utama dari kehidupan gerak yang dilkukan oleh mahluk hidup mengisi ruang dan waktu. Ketika mahluk hidup bergerak memerlukan tenaga jadi ruang , waktu dan tenaga tidak dapat dipisahkan dari gerak .

Setiap Tari memiliki ragam gerak berbeda tetapi memiliki kesamaan yaitu gerak membentuk ruang, membutuhkan waktu, dan tenaga dalam melakukan gerak. Indonesai memiliki keragaman gerak tari yang berbeda antara  satu suku dengan suku yang lainnya. Keragaman ini merupakan kekayaan budaya sebagai hasil cipta karya manusia. 

Substansi atau elemen dasar tari adalah gerak. Level gerak pada tari akan berbeda dengan gerak yang dilakukan sehari-hari. Gerak pada tari dilakukan secara ritmis dan memiliki makna , sedangkan gerak segari-hari lebih menekankan pada gerak yang fungsional. Soedarsono salah satu pakar tari Indonesia menyatakan bahwa tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diwujudkan melalui gerak-gerak yang ritmis dan indah. Defenisi ini memiliki arti bahwa tari terdiri dari gerak ritmis , merupakan ungkapan ekspresi , dan memiliki keindahan dalam gerak.

Elemen utama tari adalah gerak yang didalamnya mencakup tiga bagian yaitu Ruang, Waktu dan Tenaga, maka dari itu kita akan mencoba untuk menperjelas maksud daripada ketiga elemen tersebut melalui penjelasn berikut :

1. Ruang.

Jika kamu melakukan gerakan ditempat tanpa berdiri berarti itu melakukan gerak diruang pribadi, sedangkan jika kamu bergerak berpindah tempat maka kamu melakukan gerak diruang umum . gerak di dalam ruang dapat dilakukan secara sendiri-sendiri, berpasangan ataupun berkelompok.

2. Waktu

Setiap gerak yang dilakukan membutuhkan waktu , baik gerak estetis maupun gerak fungsional. Gerak fungsional seperti berjalan menuju kesekolah tentu membutuhkan waktu. Jika jarak yang ditempuh dekat maka waktu yang dibutuhkan juga lebih sedikit dibandingkan dengan jarak yang jauh. Jika jarak yang jauh ingin sama cepatnya dengan yang dekat tiba ditempat, maka gerak yang dilakuka haruslah memiliki kecepatan dua atau tiga kali lipat dari jarak yang dekat.

Perbedaan cepat atau lambat gerak berhubungan dengan tempo. Jadi tempo merupakan cepat atau lambatnya geraknya yang dilakukan. Gerak tari juga memiliki tempo. Fungsinya pada gerak tari ialah untuk memberikan kesan dinamis sehingga suatu tarian enak untuk dinikmati.

Pengertian Elemen Gerak Tari serta Ruang Waktu dan Tenaga dalam Seni Tari
Pengertian Elemen Gerak Tari serta Ruang Waktu dan Tenaga dalam Seni Tari

3. Tenaga

Setiap kamu melakukan gerak , tentu kamu memerlukan tenaga. Dan adapun penggunakan tenaga di dalam gerak tari meliputi tiga bagian yaitu :

- Intensitas yang berkaitan dengan kuantitas tenaga dalam tari yang menghasilkan tingkat ketegangan gerak.
- Aksen/tekanan muncul ketika gerakan dilakukan  secara tiba-tiba dan kontraks
- Kualitas berkaitan dengan cara penggunaan atau penyaluran tenaga. Jika  tari yang dilakukan memiliki intensitas yang tinggi tentu saja memerlukan pula tenaga yang kuat  dan sebaliknya , gerak dengan intensitas yang rendah memerlukan tenaga yang lemah atau sedikit.

Berdasarkan dengan materi yang telah dijelaskan diatas maka bisa kita tarik kesimpulan singkat bahwa gerka tari terdiri dari Ruang, Waktu dan tenaga yang dapat dideskripsikan secara singkat sebagai berikut:

1. Ruang didalam gerak merupakan efek yang ditimbulkan oleh gerak yang dilakukan
2. Waktu didalm gerak merupakan satuan irama dari gerak yang dilakukan
3. Tenaga dalam gerak merupakan satuan kekuatan yang dikeluarkan dalam melakukan gerk.

Didalm kehidupan kamu juga senantiasa bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain , dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain. Gerak didalam ruang tentu akan berhubungan dengan orang lain yang juga melakukan gerak . untuk tidak saling bertabarakan dalam melakukan gerak maka perlu sikap toleransi dan saling menghormati . jika kamu bergerak dalam ruang yang disediakan dan menghargai orang lain maka akan menimbulkan rasa aman dan nyaman dan sebaliknya coba bayangkan jika kita berkendara di tengah kemacetan dan bergerak tanpa toleransi dengan orang lain , tentu akan semakin menambah parah kemacetan itu sendiri.

Sekian penjelasan singkat tentang pengertian elemen gerak tari diatas semoga bermanfaat untuk semuanya dan semakin menambah referensinya didalam berseni. Selamat belajar dan sukses selalu.

Terimakasih semoga bermanfaat 
Sumber : Kemendikbud_RI-2019 

Advertisement 2

Pengertian Elemen Gerak Tari, Ruang Waktu dan Tenaga dalam Tari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

2 komentar: