Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian Komposisi Gambar Dalam Seni Rupa

Pengertian Komposisi Gambar Dalam Seni Rupa


Sahabat Pendidikan sekalian, berkenaan dengan tema diatas , kita akan membahas khusus tentang pengertian Komposisi Menggambar yang dimana komposisi itu sendiri terbagi menjadi bbrapa bagian dan untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasna berikut ini :

Kompossi adalah susunan yang menyangkut keseimbangan, kesatuan, irama, keselarasan dalam suatu karya seni rupa. Gambar bentuk yang baik harus memperhatikan komposisi sehingga gambar yang dibuat dapat menghasilkan kesan yang seimbang, menyatu , berirama dan selaras. Adapun maksud dari tigal tersebut adalah sebagai berikut :

a. Keseimabangan

Keseimbangan adalah penggambaran objek benda yang memberikan adanya kesan keseimbangan antara bagian-bagiannya, artinya tidak terkesan berat disalah satu sisi dan ringan di sisi yang lainnya.

b. Kesatuan 

Adalah suatu penggambaran objek yang memberikan kesan adanya kesatuan unsure-unsur yang terpadu. Kestuan artinya keterpaduan dari bagian-bagian gambar, tidak terkesan terbelah atau terpisah.

c. Irama

adalah suatu penggambaran objek yang memberikan kesan pergerakan dengan alur yang teratur. 
Gambar yang terkesan ritmisnya akan terasa enak dipandang mata, lain dengan gambr yang acak-acakan dan tidak jelas pengaturan objeknya.

d. Keselarasan

Adalah suatu penggambaran objek yang memebrikan kesan kesesuaian antara bagian yang satu dengan bagin yang lainnya didalam suatu benda, atau benda yang satu dengan benda yang lain dipadukan menjadi satu bagian yang selaras 

adapula pengartian lain daripada komposisi adalah penyususnan atau penataan dan penempatan objek atau unsure-unsur gambar yang ada di  suatu lokasi kedalam frame atau bingkai atau View finder kamera, yang nantinya akan disampaikan kepada penonton , dengan mengedepankan pesan tertntu yang telah direncanakan denganbaik.

Adapun tujuan daripada pengaturan komposisi adalah agar supaya orang, kahalayak atau penonton dapat dengan mudah melihat objek yang menarik dengan jelas pada suatu gambar baik dari tekstur warnanya, pencahayaannya, kecerahannya, kontraknya dan ketajamannya dengan nyaman dan terkesan nikmat dipandang.

Salah satu yang terpenting juga adalah para kamerawan harus mengikuti pedoman yang sudah disepakati oleh para pekerja seni dan berlaku dibidang pertelevisian dan film. Untuk program acra artistic seperti drama, music, dan film cerita , dalam pengambilan gambar, seorang kamerawan mendapat arahan dari sutradara untuk membingkai unsure-unsur gambar saat shooting di lapangan.

Pengertian Komposisi Gambar Dalam Seni Rupa
Pengertian Komposisi Gambar Dalam Seni Rupa

Sebaliknya pada program jurnalistik seperti peliputan berita maka ia yang menetukan arah dan pengaturan komposisi gambar yang sesuai, tanpa kehilangan moment atau kejadian yang sedang berlangsung sehingga pesan dari gambar tersebut tersampaikan ,. Komposisi gambar yang baik harus memenuhi beberapa criteria berikut ini yaitu :

1. Unsure-unsur gambar menyatu

2. Menciptakan hubungan Psikologis dan ruang antar unsur-unsur gambar

3. Mengarahan perhatian penonton kepada unsure-unsur gambar yang menarik dalam bingkai gambar atau frame

4. Menghasilkan gambar yang indah dan menarik untuk dilihat

Komposisi adalah implemetasi daripada suatu karya seni , maka tidak ada aturan atau hkum yang berlaku secara formal dalam pengambilan gambar, yang ada hanya pedoman atau panduan yang dibuat dan disepakati oleh para pekerja seni termasuk para fotographer untuk diikuti dan digunakan sebagai penduan. 

Para pekerja seni pertelevisian dan film mengatakan bahwa apabila panduan atau pedomen tersebut diikuti dan dipergunakan maka penataan dan penyajian gambar menjadi lebih indah, harmonis, dan menarik untuk disaksikan. Sebaliknya apabila panduan tersbut diabaikan atau tidak dijadikan sebagai pedoman maka dipstikan sajiannya tidak akan menarik, tidak akn nyaman dan terkesan sebagai karya seorang amatiran.

Pada teori komposisi gambar menunjukkan ada beberapa aspek  umum yang sangat erat kaitannya dan sesuai dengan apa yang  dilihat dan dirasakan penonton yaitu :

- Aspek pembingkaiaan ( Framming )
- Aspek Camera angle 
- Camera Movement dan
- Camera bloking.

Salah satu pedoman pembingkaiaan gambar banyak dipakai oleh para pekerja pertelevisian dan perfilman termask para fotographer yaitu aturan atau pedoman pertiga ( The Rule of Thirds )

Demikian penjelasn singkat daripada pengertian komposisi dan semoga bermanfaat bagi semuanya.

Sakses selalu dan terimakasih 
Sumber : KEMENDIKBUD

Advertisement 2

Pengertian Komposisi Gambar Dalam Seni Rupa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih