Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian Level Dalam Gerak Tari Serta Jenis dan Fungsinya

Pengertian Level Dalam Gerak Tari Serta Jenis dan Fungsinya


Salam sobat seni, kali ini pembahasan kita yang selanjudnya masih berkaitan dengan artikel yang sebelumnya yang membahas mengenai seni tari namun perbedaan pembahasn kita kali ini ialah pada level geraknya dan pengertian daripada level itu sendiri didalam dunia seni tari dan untuk lebih lengkapnya mari kita telaah bersama-sama penjelasna yang berikut ini :

Ketika kita melakukan gerak , ada tingkatan tinggi maupun rendah misalnya ketika kita berdiri, duduk atau melompat. Tinggi rendahnya gerak yang kita lakukan sering disebut dengan level. Di Indonesia juga ada tradisi yang dilakukan dengan level tingi yaitu melayang,  di daerah Nias dengan tradisi lompat batu . tradisi ini telah hidup sejak ratusan tahun silam dan masih terpelihara hingga saat ini.

Demikain juga dalam melakukan gerak tari, ada gerakan yang dilakukan dengan level tinggi, sedang dan rendah. Gerak level rendah dilakukan dengan menyentuh lantai, level sedang dilakukan sejajar dengan tubuh dan gerak level tinggi dilakukan sebatas kemampuan penari melakukan gerak secara vertical. Level gerak yang dilakukan oleh sekelompok penari dapat membentuk disain bawah dan atas. Disain ini dapat memberikan kesan dinamis terhadap gerak yang dilakukan. Level gerak juga dapat berfungsi untuk menunjukkan tokoh dalam penampilan tari.

Penggambaran level ini dapat di lihat dari pementasan yang jika ada seorang penari yang berdiri sejajar dengan tubuhnya maka  itu adalah level sedang dan jika posisi penari itu berbaring di lantai maka itulah level rendah. 

Setiap gerak tari daerah memiliki kesamaan pada levelnya , baik itu level tinggi, sedang atau rendah. Tari secara keseluruhan ada yang memiliki kesamaan atau kemiripan dengan daerah lain bahkan dengan daerah lain. Tari daerah Kalimantan memiliki kesamaan dengan Malaysia terutama daerah sabah. Jadi budaya dapat melintas batas tidak hanya pada satu wilayah  provinsi saja tetapi dapat juga pada batas wilayah. Dikalimantan dan sabah sama-sama miliki budaya dayak yang sama. Kemiripan seni dan budaya juga dapat dijumpai pada masyarakat bali dan sasak di nusa tenggara barat dan selain itu juga, seni budaya dapat menjadi media perekat antara suku, ras, Agama maupun golngan.

Sesuai dengan pembahasan diatas maka kita akan kembali menggali tiga jenis level di atas yang penjelasnnya adalah sebagai berikut : Baca juga : Pengertian Menggambar Menurut Para Ahli

1. Level Tinggi 

Level tingi pada seni gerak tari sering dilakukan pada tradisi tari balet. Penari sering melakukan gerakan pada level tinggi dengan melayang , untuk dapat melakukan gerak melayang, diperlukan teknik gerak yang baik dan benar. 

Pengertian Level Dalam Gerak Tari
Pengertian Level Dalam Gerak Tari

Level tinggi juga dapat dijumpai pada tari tradisi di Indonesia. Misalnya pada suku dayak yang melakukan gerak tari dengan melompat atau melayang yang memberikan kesan dinamis dan kekuatan yang laur biasa. Taria dengan tema perang disetiap suku memiliki kemiripan level tinggi . level tinggi berfungsi juga untuk menunjukkan antara dua peran yang berbeda.

2. Level Sedang

Gerakan pada level sedang , hapir dimiliki oleh semua tari tradisional di Indonesia. Level sendang pada gerak tari di tunjukkan pada posisi penari yang berdiri sejajar secara tegak lurus diatas pentas. Gerak  yang dilakukan memiliki kesan maskulinitas karena gerak seperti ini sering dilakukan oleh penari pria. Property dengan menggunakan tongkat sering dijumpai pada gerak tari jawa, sunda, 
Kalimantan dan papua serta beberapa daerah yang lainnya. Tongkat atau tombak yang digunakan oleh seorang penari biasanya menunjukkan bahwa tari tersebut bertemakan tentang peperangan. 

3. Level Rendah

Kamu tentunya pasti pernah melihat seorang anak berguling dari satu tempat ke tempat yang lainnya dan terus bergerak seolah tanpa lelah dan didalam dunia seni tari, gerak ini disebut dengan gerak tari level rendah yang dimana ketinggian minimal dipacapai penari adalah pada saat rebah di lantai.

Jadi pada penjelasan diatas maka dapat diambil kesimpulan singkat bahwa level gerak yang dilakukan dapat dibagi menjadi tiga yaitu tinggi sedang dan rendah . level pada gerak berfungsi untuk membuat desain bawah dan atas sehinggagerak tari yang dilakukan tampak dinamis. Level gerak juga berhubungan dengan ruang , waktu dan tenaga seperti yang telah dibahas pada artikel sebalumnya. Untuk membentuk ruang dan waktu tentunya membutuhkan tenaga untuk dapat melakuka gerak sesuai dengan intensitasnya.

Sekian penjelasan dari artikel singkat ini dan semoga semakin menambah ilmunya dalam belajar dan sakses selalu menyertai anda. 

Terimakasih semoga bermanfaat   
Sumber : KEMENDIKBUD



Advertisement 2

Pengertian Level Dalam Gerak Tari Serta Jenis dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih