Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian Menggambar Menurut Para Ahli

Pengertian Menggambar Menurut Para Ahli


Sahabat pendidikan sekalian, pembahasn kita kali ini akan membahas mengenai pengertian daripada menggambar secara lengkap dari berbagai referensi yang ada, kita akan membahas secara lengkap, umum atau Universal, adapun ulasannya adalah sebagai berikut : 

1. Pengertian Menggambar

Gambar merupakan bahasa yang Universal  dan dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan. Gambar sudah dikenal sejak zaman purba. Pada saat itu, gambar objek sering dihubungkan dengan aktifitas manusia dan roh leluhur yang yang dianggap memberi keberkahan dan perlindungan. Bagi manusia purba, gambar tidak sekedar sebagai alat komunikasi untuk roh leluhur saja. Teapi juga memberikan kekuatan dan motifasi untuk dapat bertahan hidup.

Menggambar tidak melibatkan aktifitas fisik semata namun juga mental. Aktifitas fisik berhubungan dengan keterampilan menggunakan peralatan menggambar sedangkan mental berhubungan dengan rasa karsa dan daya cipta untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jika pada zaman purba manusia menggambar menggunakan bahan yang tersedia di alam maka pada zaman sekarang peralatan menggambar telah diproduksi sebagai komuditas ekonomi.

Menggambar adalah bentuk seni rupa yang menggunakan sejumlah alat untuk menandai media dua dimensi, instrument yang digunakan meliputi pensil grafit, pena dan tinta, kuas, pensil warna lilin, krayon, arang, kapur, pastel, berbagai jenis penghapus, spidol, styluses, berbagai logam seperti silver point dan gambar elektronik. Seorang seniman yang praktek atau bekerja di gambar teknik dapat disebut drafter atau Juru.

Sedikit atau sejumlah kecil bahan dilepaskan kepermukaan , maninggalkan tanda yang dapat terlihat. Dukungan yang paling umum untuk menggambar adalah kertas, meskipun  bahan lain seperti karton, plastic, kulit, kanvas, dan papan juga dapat digunakan dalam menggambar apapun. Rasa seni dimulai dengan bagaimana anak bisa menata benda-benda disekitarnya , rasa seni akan dipelihara hingga mampu mewujudkan keindahan pada kehidupan sehari-hari. Menggambar adalah membuat gambar dengan cara mencoret, menggores, menorehkan benda tajam dan member warna.


Menggambar, Pengertian dan Pendapat Para Ahli Tentang Menggambar
gambar di dinding goa
Menggambar yaitu khayalan seseorang pelukis berdasarkan perasaannya yang ingin digambarkan pada kanvas, kertas papan dan lain sebagainya yag berupa bentuk visual. Menggambar adalah kegiatan membentuk imaji, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Bisa pula berarti mebuat tanda-tanda tertentu diatas permukaan dengan mengelolah goresan dari alat gambar yang tersedia baik dari alam atau yang lebih modern lagi.

Menggambar merupakan kegiatan seni yang sudah kita kenal sejak dulu kala. Banyak sekali hasil kegiatan yang ditemukan para ilmuan di dinding gua atau pada tempat  bersejarah yang memiliki gambar tersebut. Hal itu cukup membuktikan bahwa menggambar memnag sudah ada pada zaman nenek moyang kita yag dimana gambar-gamber itu sendiri menggambarkan pemikiran mereka pada masa itu , perasaan seseorang sebuah gambar juga dapat diartikan sebagai sebuah simbol , lalu apa pengertian yang sebanrnya tentang menggambar tu sendiri ?

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, menggambar adalah merupakan kaegiatan meniru barang , orang, binatang dan sebagainya yang dibuat dengan coretan pensil atau alat lainnya pada sebuah kertas . akan tetapi , hasil dari kegiatan seni yang satu ini tidak hanya soal tiru-meniru suatu abyek. Sebuah gambar dapat menyampaikan apa yang dirasakan oleh sang pembuat gambar itu sendiri dan kita dapat melihat bagaimana kondisi emosi seseorang lewat gambar yang dibuatnya itu.

Dari ulasan diatas , semoga saja dapat semakin menambah referensi kita tetang apa itu dan bagaimana itu menggambar memlalui pengertiannya dan semoga artikel ini bermanfat untuk semuanya , selamat belajar dan sakses selalu.

Pendapat Para Ahli Tentang Menggambar

Menggambar, Pengertian dan Pendapat Para Ahli Tentang Menggambar
Menggambar, Pengertian dan Pendapat Para Ahli Tentang Menggambar

1. Leonardo da Vinci “ 1452-1519 “

Beberapa tahap yang arus digunakan oleh para seniman gambar baik terutama untuk para pemula yaitu belajar dengan perspektif kemudian belajar memproporsikan gambar. Langkah berikutnya ialah meniru hasil gambar yang dibuat oleh ahli gambar untuk mempelajari kebiasaan dalam menggambar, belajar menggambar alam sekitar untuk sekedar menguji kemampuan dan kesimpulannya adalah sebagai seorang pemula dalam bisang seni gambar, anda harus menguasai teknik terlebih dahulu sebelum melanjudkannya dengan karya kita sendiri.

2. Katherine Klipper Merseth

Mengatakan bahwa suatu gambar memiliki yang sangat tinggi dari pada ribuan kata sebab gambar mewakili kita dan kata tersebut dalam menyampaikan suatu pesan. Maka dari itu, kegiatan menggambar berarti suatu kegiatan untuk menyampaikan pesan lewat suatu karya seni.

3. Cennino Cennini “ 1370-1440 “

Seni Rupa ( menggambar ) bukanlah perkara yang mudah, butuh waktu yang tidaklah singkat untuk melakukannya serta membutuhkan banyak latihan untuk menjadikan seseorang menjadi ahli dalam menggambar. Dia menambahkan agar setiap harinya kita perlu untuk menggambar meski itu sedikit saja sebab pasti akan sangat berguna serta dapat memberikan hasil yang baik bagi pelakunya.

4. Edgar Degas “ 1834-1917 ”

Mengatakan bahwa menggambar merupakan ekspresi spontan dari seorang seniman gambar yang mengungkapkan kepribadian seniman yang membuatnya. 

5. Tintoretto “ Jacopo Robusti 1518-1594 “

Gambar yang berkualitas dan indah hanya mungkin didapatkan dari seniman yang bertalenta dengan kata lain bahwa seniman yang tekun dalam melatih diri untuk menggambar akan menghasilkan gambar yang indah atau yang diinginkan.

6. Sindoedarsono Sudjojono “ 1913-1985 “

Menuturkan bahwa menggambar merupakan proses jiwa dan tidak hanya berdasarkan atas apa yang dilihat secara kasat mata saja serta jiwa juga tidak terdiri dari satu ruang klise saja, meski mata manusia memiliki kinerja hampir sama dengan lensa kamera walau tidak sepenuhnya sama. Intinya, suatu karya tidak hanya berupa duplikat atau tiruan saja tetapi didalamnya juga terdapat interpretasi orang yang menggambarnya.

7. Jean Auguste Dominique Ingres “ 1780-1867 “

Menurutnya bahwa menggambar adalah kejujuran dari seni itu sendiri, tidak hanya sekedar meniru kontur gambar, tidak sekedar berisikan kumpulan garis gambar dari ekspresi, bentuk terdalam , rancangan dan juga model intinya bahwa menggambar adalah ekspresi jiwa  dari sisi paling dalam seorang seniman gambar.

Terimakasih Semoga Bermanfaat 

Advertisement 2

Pengertian Menggambar Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih