Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

26 April 2017

Pengertian Menggambar Objek dan Teknik Menggambar

Pengertian Menggambar Objek dan Teknik Menggambar


Sahabat pendiikan sekalian, melalui tema diatas kita akan membahas secara khusu tentang Objek dan Pengertian menggambar yang dinama pada pembahasnnya kita akan membahas beberapa poin tentang objek daripada menggambar itu sendiri dan adapun ulasannya dalah sebagai berikut :

Objek menggambar adalah sebuah banda atau sebagainya yang dijadikan sebagai bahan untuk menghasilkan gambar. Menggambar tidak hanya mengandalakan imaji tetapi juga terkadang membutuhkan objek sebagai patokan didalam menggambar, objek ini diambil dari alam , baik itu berupa flora dan fauna atau pula yang lainnya. Kebanyakan karya dengan cara menggambar didapat dari ingatan atau imajinasi seseorang juru gambar. Subjek yang digambar dapat berupa tampilan realistis maupun yang tidak realistis seperti potret, setengan realistis seperti karya sketsa, atau yang benar-benar mementingkan gaya gambar seperti kartun, karikatur ataupun gambar abstrak.

Berada disuatu tempat juga dapat menjadi oksplorasi dalam mencari sumber bahan atau objek gambar. Objek gambar mudah didapatkan baik dengan mengamati panorama alam, bangunan, pohon, air mancur, dan lain sebagainya . akan tetapi setiap orang memilik gaya tersendiri dalam menggambarkan sesuatu. Ada yang terfocus pada gambar realistis dan ada juga yang berfocus pada gambar sketsa, panorama dan lain sebagainya.

Walaupun banyak pelukis beraktifitas dengan hanya mengandalkan imajinasi pada saat menggambarkan sesuatu namun tidak dapat dipungkiri juga bahwa masih banyak pula orang-orang yang melukis sesuatu dengan menggunakan media atau Objek tertentu dan dapat di lihat dengan cara kasat mata dan bukan dengan imajinasinya. Yang dimaksud dengan objek menggambar ialah ialah objek yang digunakan pelukis sebagai sampel atau contoh atau modul lukisan.

Adapun beberapa contoh objek yang dapat digambar dan tidak akan ada habisnya ialah objek alam, flora dan fauna. Selain dari objek gambar , objek itu sendiri bisa menjadi sebagai sumber inspirasi dan eksplorasi  yang tak terbatas didalam aktifitas menggambar. Dalam hal menggambar ini pula terdapat bberapa hal yang perlu kita pelajari yaitu menggambar bentuk.

Menggambar bentuk artinya menggambar dengan meniru bentuk objek yang sebenarnya . atau dengan pengertian lain yaitu gambar yang dihasilkan sesuai dengan kondisi atau bentuk asli daripada objek gambar itu sendiri. Pada bidang seni rupa. Bentuk terbagi atas dua macam yaitu figurative dan non figurative yang artinya bentuk figurative adalah bentuk nyata sesuai dengan bentuk aslinya dan non figurative adalah bentuk yang tidak nyata.

Selain itu pula dapat Bentuk dapat  digolongkan kedalam beberapa bentuk lainnya misalnya :

a. Abstrak, yaitu bentuk yang tidak nyata yang tidak meniru bentuk dari yang disediakan oleh alam

b. Geometris , yaitu bentuk yang beraturan

c. Non Geometris yaitu bentuk yang tidak beraturan

d. Stilasi , yaitu bentuk yang lahir dari hasil modifikasi bentuk hewan atau tumbuhan dan lainnya seperti pada seni membatik 

e. Visual realistis atau Naturalis, Yaitu bentuk yang terdapt dialam dan dibuat sesuai dengan keadaan atau kondisi objek aslinya.


Pengertian Objek dan Teknik Menggambar
Pengertian Objek dan Teknik Menggambar

Ketika menggambar bentuk atau disebut juga dengan menggambar alam benda, yang sangat diperlukan adalah bentuknya . diperlukan kejelasn bentuk agar terlihat jelas, oleh karenanya , prinsip-prinsip dalam menggambar  alam benda sangat dijaga dan diperhatikan agar gambar yang dihasilkan juga sempurna hasilnya . biasanya menggambar bentuk dengan objek buatan manusia menggunakan objek-objek yang sederhana seperti benda-benda kecil yang memiliki bentuk yang jelas.

Penyusunan objek dalam menggambar bentuk ( Objek gambar alam benda ) seharusnya menggunakan objek-objek yang sejenis agar senada . misalnya ketika kita menggambar peralatan minum maka objek-objek yang disajikan adalah hanya benda-benda yang berkaitan dengan peralatan minum , dan jikalau pun tidak sejenis maka sebaiknya objek tersebut senada dan memiliki kaitan antara objek yang lain agar komposisinya menjadi indah.

Dan adapun komposisi objek itu sendiri biasanya dengan cara melihat banda yang diguanakn sebagai model dengan menyusun komposisinya terlebih dahulu . cara yang mudah ketika menggambar bentuk dengan model adalah menggunakan  benda-benda yang sewarna sehingga didapatkan gelap terang dan tekstur yang sama, hal ini tidak akan membaut para penggambar menjadi bingung dan salain itu pula pencahayaan juga sangat penting dalam penyusunan model objek, misalnya pencahayaannya berasal dari samping atau sudut miring 45 derajat dari garis datar antra seniman dan objek gambarnya agar terlihat bagus sisi gelap dan terang objek tersebut.

Dalam penempatan objek gambar juga perlu diperhatikan menganai penembatan objek yang akan digambar itu sendiri , misalnya ketika menempatkan objek sebaiknya tidak menggunakan background yang rumit agar tidak  mengganggu kejelasan daripada objek gambar itu sendiri.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian dan Objek gambar diatas semoga ada manfaatnya dan dan dapat menjadi referensi untuk semuanya .selamat belajar dan selamat menggambar.

Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat.
Sumber : KEMENDIKBUD 

Advertisement 2

Pengertian Menggambar Objek dan Teknik Menggambar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar