Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian Tari Tradisional Menurut Para Ahli dan Jenisnya

Pengertian Tari Tradisional Menurut Para Ahli dan Jenisnya



Setiap wilayah atau daerah , masing-masing memiliki cirri khas budaya masing-masing yang beragam sesuai dengan letak geografis wilayahnya, tak terkecuali dengan wilayah Indonesia yang kaya akan khasanah budaya serta dat istiadat yang beragam. Salah satu kekayaan Indonesia yang dikenal sesuai dengan bidangnya dalah seni tari tradisionalnya sebab hampir diseluruh wilayah di Indonesia masing-masing memiliki ragam seni tari tradisional yang ada sejak zaman dahulu hingga saat ini dab bahkan telah ada pula yang dimodernkan tanpa mengubah unsure tari yang sebenarnya, 

Sebagai geneari muda yang memiliki bakat dibidang seni maka sudah sepantasnya kita menajaga kearifan local budaya kita masing-masing agar keberagaman itu dapat terjaga didalam persatuan dan kesatuan kita sebagai watrna Negara kesatuan republic Indonesia yang kaya akan budaya serta adat istiadatnya. 

Sesuai dengan tema diatas maka untuk lebih lanjudnya mari kita simak pembahasn berikut ini :

1. Pengertian tari menurut para ahli 

Tari adalah merupakan gerak tubuh secara berirama yang dilakukan ditempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan , mengungkapkan perasaan , maksud, bunyi-bunyian yang disebut pengiring tari mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan .

Tari adalah gerakan badan yang terdiri dari kaki, tangan, kepala, dan bagian tubuh lainnya yang berirama, biasanya diiringi bunyi-bunyian atau dengan kata lain disebut musik dari berbagai macam jenis alat musik sesuai dengan wilayah masing-masing dan memiliki level gerak pada tari masing-masing pula .

Adapun pendapat para ahli tentang pengertian tari adalah sebagai berikut :

- Menurut Bagong Sudito bahwa tari adalah suatu seni yan berupa gerak ritmis yang menjadi alat ekspresi manusia

- Menurut Drs I Gede Ardika bahwa tari adalah sesuatu yang dapat menyatukan banyak hal hingga semua orang bisa menyesuaikan diri atau menyelaraskan gerakannya menurut caranya masing-maisng

- Menurut M. Jazuli bahwa tari adalah gerak-gerak tubuh yang selaras dan seiramam dengan seni musik yang dapat digunakan untuk menggungkapkan maksud dan tujuan tertentu

- Menurut S. Hamardani bahwa Tari adalah ungkapan ekspresi dalam bentuk gerak yang ritmis dan indah

- Menurut Soedarsono bahwa tari adalah ekspresi jiwa manusia dalam gerak-gerak yang indah dan ritmis 

- Menurut Soeryodinignrat bahwa tari adalah Gerak anggotra tubuh yang selaras dengan bunyi musik atau gamelang diatur oleh irama sesuai dengan maksud tujuan tari.

Itulah beberapa pendapat para ahli tentang pengertian daripada seni tari yang pada dasarnya memiliki arah tujuan yang sama antara gerak tubuh yang indah dan diselaraskan dengan iringan musik sesuai dengan pesan dalam tari yang ingin disampaikan. 

Pengertian Tari Tradisional Menurut Para Ahli dan Jenisnya
Tari Pajonga Sulawesi Selatan
2. Pengertian Tari Tradisional 

Tari tradisional adalah suatu tarian yang pada dsarnya berkembang di suatu daerah tertentu yang berpdoman luas dan berpijak pada adaptasi kebiasaan turun temurun yang di anut oleh masyarakat yang memiliki tari tersebut.

Dari referensi lainnya disebutkan juga mengenai pengertian tari tradisional yaitu sautu tarian yang berasal dari masyarakat daerah tersebut yang sudah turun temurun dan menjadi budaya masyarakat tersebut.

Adapun pembagian daripada tari tradisional dibagi menjadi tiga bagian yaitu tari klasik, tari folklasik atu tari rakyat dan tari kreasi baru dan berikut penjelasannya.

1. Tari Klasik

Yaitu merupakan tari tradisional yang lahir dilingkungan keraton , hidup dan berkembang sejak zaman feudal dan diturunkan secara turun temurun dikalangan para bangsawan. 

Tari klasik ini pada umumnya memiliki beberapa cirri khas yaitu berpedoman pada pakem tertentu ( standarisasi ), memiliki nilai estetis ysng tinggi dan makna yang dalam , disajikan dalam penampilan yang serba mewah mulai dari gerak , riasan, hingga kostum yang dikenakan.

2. Tari Folklasik ( tari Rakyat )

Yaitu merupkan jenis tari tradisional yang lahir dari kebudayaan masyarkat local, hidup dan berkembang sejak zaman primitive, dan secara turun temurun  sampai sekarang ini.

 Tari rakyat atau juga dikenal dengan tari folklasik umumya memiliki beberapa cirri khas yang merupakan kebalikan dari tari klasik anatara lain : kental dengan nuansa social , merujuk pada adat dan kebiasaan masyarakat, memiliki gerak , rias dan kostum yang sederhana.

3. Tari Kreasi Baru

Yaitu  merupakan tari klasik yang diarasemen dan dikembangkan sesuai perkembangan zaman, namun mempertahankan nilai-nilai yang terkandung didalamnya . tari kreasi baru umunya diciptakan oleh para pakar tari. 

Demikianlah penjelasan singkat tentang beberapa pengertian tari menurut para ahli dan jenis tarinya , semoga bermanfaat dan menambah referensi kita serta semakin menambah ilmu kita tentang seni yang beragam di wilayah masing.

Terimaksih Semoga Bermanfaat
Sumber : KEMENDIKBUD 


Advertisement 2

Pengertian Tari Tradisional Menurut Para Ahli dan Jenisnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih