Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

15 April 2017

Sejarah Tentang Pembentukan BPUPKI

Sejarah Tentang Pembentukan  BPUPKI


Salam Pendidikan, pembahasan kali ini akan membahas mengenai materi –materi pendidikan kewarganegaraan, yang bertemakan atau membahas mengenai sejarah terbentuknya BPUPKI sesuai dengan materi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyangkut dengan judul diatas untuk lebih jelasnya mari kita sama-sama menyimak pembahasan berikut dibawah ini :

Amati gambar suasana siding BPUPKI tersebut dengan teliti, kemudian buatlah pertanyaan dari hasil pengamatan kalian. Pertanyaan tersebut berkaitan dengan BPUPKI, khususnya hal-hal berikut : kapan dibentuk, siapa yang membentuk suasana pembentukan , jumlah anggota , susunan organisasi, tugas BPUPKI, kapan melaksanakan siding, dan tokoh pendiri Negara yang menyampaikan pidatonya dalam sdang tersebut.

Sejarah Pembentukan  BPUPKI
Sidang BPUPKI
Coba pertanyaan kalian tersebut dicari jawabannya didalam uraian berikut ini.

Bangsa Indonesia mengalami sejarah yang panjang melawan pejajah, bangsa Indonesia pernah mengalami  penderitaan ketika dijajah belanda. Sejarah juga mencatat kekalahan belanda oleh jepang kemudian menyebabkan bangsa Indonesia dijajah oleh jepang. Pepatah ‘ lepas dari mulut harimau , masuk kemulut buaya’tepatlah kiranya untuk mengambarkan bagaimana kondisi bangsa Indonesia saat

Jepang mulai mengusasai Indonesia setelah belanda menyerah kepada jepang dikali jati, subang jawa barat, pada tanggal 8 maret 1942. Semboyang ‘ jepang pelindung asia, jepang pemimpin asia, dan jepang cahaya asia’ didengungkan oleh jepang untuk menarik simpati rakyat Indonesia. Sejak berkuasa di Indonesia , jepang dengan segala cara menguras kekayaan dan tenaga rakyat Indonesia yang menimbulkan kesengsaraan bagi rakyat Indonesia . 
Penjajah oleh belanda dan jepang menimbulkan penderitaan yang dalam bagi bangsa Indonesia namun, penderitaan tersebut tidak menyurutkan semangat bangsa indnesia untuk meraih kemerdekan. Berbagai uapya dilakukan bangsa Indonesia dengan menyusun barisan dan bersatu padu mewujudkan kemerdekaan yang dicita-citakan.

Pada bulan September 1944 , perdana menteri jepang , Koiso, dalam sidang parlemen mengatakan bahwa jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. Tindak lanjud dari janji tersebut, pada tanggal 1 maret 1945, jepang mengumumkan pembentukan dokuritsu zyunbi Tyoosakai ( badan penyelidik usaha –usaha persiapan kemerdekaan Indonesia/BPUPKI ). BPUPKI beranggotakan 62 orang yang terdiri atas tokoh-tokoh bangsa Indonesia dan 7 orang anggota perwakilan dari jepang. Ketua BPUPKI adalah Dr.K.R.T Ratjiman Wedyodiningrat, dengan 2 wakil ketua, yaitu : Ichibangase Yosio (Jepang ) dan R.P Soeroso.

BPUPKI mengadakan sidang sebanyak dua kali siding resmi dan satu kali siding tidak resmi. Siding resmi pertama tanggal 20 mei sampai dengan 1 juni 1945 , membahas tentang dasar Negara . sedangkan sidang kedua berlangsung tanggal 10 sampai 17 juli 1945 dengan membahas rancangan UUD. Sidang BPUPKI dilaksanakan di Gedung ‘ Chuo Sangi In’ dan kini gedung itu dikenal dengan sebutan gedung Pancasila. 

Dengan penjelasan diatas semoga para peserta didik mampu untuk memahami intisari pelajaran yang ada dipembahasan tersebut dan mampu menelaah maksud dan tujuan daripada tujuan pembentukan BPUPKI itu sendiri dan menjadi lebih bermanfaat untuk kesuksesan belajar disekolah masing-masing.

Demikianlah artikel singkat tentang sejarah pembentukan BPUPKI ini dan sebagai masukan dari penulis bahwa keinginan untuk berhasil dalam belajar tidak dinilai dari hasil yang didapatkan semata melainkan dari usaha peserta didik itu sendiri untuk memiliki keteguhan hati untuk mau belajar sebab dengan keinginan yang kuat dan komitmen yang baik maka apa yang menjadi keinginan itu sendiri insyaAllah mampu untuk didapatkan dan dengan sendirinya maka hasil yang diharapkan akan ikut tercapai.

Sumber : KEMENDIKBUD

Selamat belajar dan terimaksaih atas perhatiannya 




Advertisement 2

Sejarah Tentang Pembentukan BPUPKI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar