Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

30 April 2017

Teknik Dasar Teatrikal dan Olah Tubuh

Teknik Dasar Teatrikal dan Olah Tubuh


Sebelum kita membahas lebih jauh tentang acting, sebaiknya kita mengenali terlebih dahulu tentang apa itu Seni Teater. Teater berasal dari kata Theatron ( yunani ) yang artinya tempat pertunjukan, ada juga yang mengartian dengan gedung pertunjukan , juga ada yang mengartikan panggung ( Stage ). Dalam arti luas, Teater adalah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak. Sedangkan arti sempitnya adalah kisah hidup dan kehidupan manusia yang diekspresikan diatas pentas dan disaksikan oleh orang  banyak. Media ungkap yang digunakan yaitu : percakapan, gerak dan laku ( acting )dengan atau tanpa dekor, didasarkan pada konsep , naskah dengan iringan musik, nyanyian dan tarian.

Istilah acting, pasti sudah tidak asing . orang sering dikatakan berakting kalau melakukan tingkahlaku yang menirukan orang lain. Kalau begitu apa sebenarnya yang disebut dengan acting ? acting adalah perwujudan peran sesuai dengan karakter yang diinginkan oleh naskah dan sutradara baik secara Fisik maupun psikis. Peran yang dimainkan oleh actor sebutan popular bagi pemeran teater, harus sesuai tuntutan tokoh, bila berlebihan bisa mengakibatkan Over Acting, atau acting yang berlebihan. 
Juga jangan sampai under acting atau dengan kata lain kekuatan actingnya kurang.

Dari mana modal acting tersebut ? modal acting adalah pengalaman hidup sehari hari , baik pengalaman diri sendiri maupun pengalaman orang lain yang ditampilkan kembali di depan penonton. Untuk menampilkan acting yang baik maka diperlukan latihan yang tekun dan disiplin. Latihan itu meliputi latihan olah tubuh olah vocal dan oleh rasa.

- Olah Tubuh 


Tubuh merupakan eleman dasar dalam bermain teater. Tubuh menjadi pusat perhatian penonton saat seorang actor teater bermain di atas penggung. Tubuh merupakan bahasa simbol dan isyarat dalam bermain teater. Tubuh memlalui gerstur mencerminkan karakter atau watak tokoh yang sedang diperankan. Fleksibilitas gerak tubuh merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh pemain teater. Latihan olah tubuh diarahkan untuk mendukung kemampuan pemain dalam mewujudkan acting yang baik. 

Pada latihan olah tubuh, hal utama yang harus dilakukan adalah melakukannya dalam kondisi bugar, segar dan menyenangkan . buat semua permainan yang dilakukan dengan gembira. Mulai dengan meregangkan seluruh persendian dan otot tubuh, mulai dari bagian kepala hingga kaki atau bisa dibalik dari kaki hingga kepala. Selain itu juga , pemain teater juga harus menguasai teknik dasar olah vocal dan olah rasa.


Teknik Dasar Dalam Dunia Teatrikal ( Teater ) dan Olah Tubuhnya
Teknik Dasar Dalam Dunia Teatrikal ( Teater ) dan Olah Tubuhnya
a. Dari kepala 

kita bisa melakukan gerak peregangan dengan cara duduk atau berdiri dan memulainya dengan menggelengkan kepala ke atas dan kebawah hingga hitungn ke delapan, kesamping kanan dan kiri dengan hitungna yang sama dan memutar kepala searah putaran jarum jam dan memebalasnya dengan melawan arah jarum jam.

b. Bagian tangan 

latihan pada tangan ditujukan untuk mengolah persendian , kekuatan otot dan kelenturan otot tangan. Pengolahan gerak tangan lebih variasi karena dapat dilakukan kesegala arah. Tangan dapat dilakukan dengan lurus keatas, kesamping , kebawah kedepan, memutar telapak tangan , melentikkan jari tangan serta gerakan lainnya.

c. Bagian Badan 

Bagian badan meliputi bagian perut, dada dan punggung. Pengolahan ketiga bagian badan ini memiliki peran penting bagi seorang pemain teater karena merupakan bagian yang memberikan efek pada sikap tubuh peran. 

Latihan yang dilakukan pada badan ini dapat dilakukan dengan menggerakkan dan melenturkan badan kedepan dan membungkuk, kebelakang dengan menekuk pada bagian perut sehingga tubuh melengkung ke belakang.

d. Bagian Pinggul 

bagian pinggul juga penting untuk diolah agar gerakan tubuh lebih lentur dan pleksibel. Pada bagian pinggul gerakan tubuh dapat dilakukan kesamping , kedepan dan membungkuk.

e. Bagian Kaki

Kaki memiliki peran penting . kekuatan kaki perlu dilatih sehingga kita dapat tetap tegak  berdiri di atas panggung. Berdiri diatas satu kaki merupakan salah satu latihan keseimbangan tubuh.

Demikian penjelasna singkat ini semoga bermanfaat dan semakin menambah ilmu pengetahuannya tentang dunia seni teatrikal.

Sumber : KEMENDIKBUD
           

Advertisement 2

Teknik Dasar Teatrikal dan Olah Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar