Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

5 Mei 2017

Fungsi dan Jaringan Organ Pada Tumbuhan, Hewan dan Manusia

Fungsi dan Jaringan Organ Pada Tumbuhan, Hewan dan Manusia


Salam. Tema kita kali ini akan membahas kelanjutan dari pembahasn sebelumnya yang mambahas tentang sel dan jaringan jaringan maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas hal yang berkaitan dengan artikel sebelumnya yaitu tentang jaringan dan organ yang ada pada tumbuhan , hewan dan manusia. Adapun ulasannya adalah sebagai berikut :


Setiap sel suatu organisme memiliki ukuran yang bervariasi. Ukuran sel mencerminkan fungsi yang dilakukan sel yang bersangkutan. Semua fungsi hidup organisme bersel satu dilakukan oleh sel tunggal itu sendiri. Pada organisme bersel banyak , seringkali sel tidak dapat bekerja sendiri. Setiap sel bergantung kepada sel yang lain. Kerja sama dan interaksi di antara sel ini menyebabkan organisme dapat mempertahankan hidupnya . sel-sel yang mempunyai fungi dan bentuk yang sama akan berkelompok. Maka kelompok sel ini disebut dengan jaringan.

Tumbuhan mempunyai macam-macam jaringan . jaringan pembuluh kayu ( Xilem ) berfungsi mengangkut air dan unsure hara dari akar kedaun, sedangkan jaringan pebuluh tapis ( floem ) mengangkut zat makanan dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan. Hewan dan manusia juga memiliki bermacam-macam jaringan juga . ada jaringan epitel, jaringan otot, jaringan tulang rawan, jaringan saraf dan sebagainya.

2. Organ-organ pada hewan dan tumbuhan

Pada waktu pengamatan tumbuhan , kamu perlu memotong salah satu bagian tumbuhan , misalnya daun. Didalam daun ternyata ada beberapa macam jaringan. Kumpulan dari berbagaimacam jaringan yang berbeda akan membentuk satu kesatuan untuk melakukan fungsi tertentu dan itulah yang disebut dengan organ.

3. Sistem Organ dan Organisme pada manusia serta fungsinya

Beberapa organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi kerja tertentu disebut dengan system organ. System organ merupakan bentuk kerja sama antarorgan untuk melakukan fungsinya. Setiap organ tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan oragan tersebut saling bergantung dan saling memengaruhi satu sama lain. Tanpa ada kerjasama dengan organ organ lainnya maka proses dalam tubuh tidak akan terjadi. System organ manusia secara diteil dapat kita lihat pada penjelasan berikut ini :

1. System pencernaan manusia terdiri dari : organ mulut ( lidah, gigi ), faring, esophagus, lambung, usus halus, usus besar, hati, rectum, pancreas dan anus , yang berfungsi untuk : mencerna makanan, mengabsorbsi molekul molekul makanan yang sudah disederhanakan.

2. System  pernafasan berfungsi untuk menunjang oksigen masuk kedalam tubuh

Jaringan dan Organ Pada Tumbuhan, Hewan dan Manusia
Jaringan dan Organ Pada Tumbuhan, Hewan dan Manusia

3. system gerak ( rangka ) yaitu tulang yang berfungsi sebagai penyokong dan melindungi  organ dalam, coba bayangkan tubuh manusia tanpa rangka tubuh didalamnya.. 

4. System transportasi/sirkulasi/peradaran darah yang meliputi organ jantung, arteri, vena, kapiler dan sel-sel darah yang fungsinya untuk mengangkut oksigen dari sari makanan keseluruh sel tubuh, dan mengangkut zat hasil metabolisme yang tidak berguna keluar dari sel tubuh, serta melndungi tubuh dari mikroorganisme penyebab penyakit.

5. System ekskresi yaitu paru-paru, ginjal , kulit dan hati yang berfungsi untuk mengeluarkan sisa metabolism yang tidak terpakai dari dalam tubuh dan menjaga keseimbangan sel dengan lingkungannya.

6. System reproduksi yang terdiri dari ovarium, rahim dan vagina yang berfungsi untuk melakukan proses perkembangbiakan atau regenerasi manusia.

Telah kalian ketahui bahwa didalam tubuh manusia terdapat beberapa system organ. Pada kelompok mahluk hidup multiseluler seperti manusia, antarsistem organ saling berhubungan dan bekerja sama untuk menjalankan fungsinya. System organ ini kemudian membentuk orgnisme, yaitu suatu jenis mahluk hidup/individu, misalnya manusia.

Sebagai Rangkuman : 

organisme merupakan hierarki struktur mahluk hidup yang membentuk organisasi kehidupan. hierarki ini disebut dengan hierarki biologi. Organisme kehidupan terdiri dari Atom, molekul, organel sel, sel, jaringan, organ, system organ, dan organisme.

Sel berada ditingkat structural terandah yang masih mampu menjalankan semua fungsi kehidupan. Sel mapu melakukan regulasi terhadap dirinya sendiri, memroses energy, tumbuh dan berkembang, tanggap terhadap lingkungan , serta melakukan reproduksi.

Kerjasama dan interaksi diantara sel-sel ini menyebebkan organisme dapat mempertahankan hidupnya. Sel-sel yang mempunyai fungsi dan bentuk yang sama akan berkelompok dan kelompok sel itu disebut dengan jaringan. Kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda dan membentuk satu kesatuan untuk melakukan fungsi tertentu disebut organ. System organ merupakan bentuk kerjasama  antarorgan untuk melakukan fungsi tertentu. 

Dari penjelsan singkat di atas maka kita sebagai manusia sudah sepatutnya bersyukur atas nikamt yang Tuhan berikan sebab tak satupun ciptaa Tuhan yang diciptakan secara sia-sia. Semuanya yang diciptakannya memiliki manfaat dan fungsi tertentu bagi kehidupan. Maka dari itu renungkanlah segala nikmat yang telah Tuhan berikan kepada kita sebagai manusia yang bersyukur.        

Terimakasih Semoga Bermanfaat 
Sumber : KEMENDIKBUD

Advertisement by Google 2

Fungsi dan Jaringan Organ Pada Tumbuhan, Hewan dan Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar