Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

15 Mei 2017

Pengertian Atmosfer Bumi dan Komponen Bumi

Pengertian Atmosfer Bumi dan Komponen Bumi 


Bumi merupakan Planet ketiga dalam system galaksi bima sakti. Bumi berbentuk bulat seperti bole sebagaimana yang dikemukakan oleh National Aeronautics and Space Administration ( NASA ). 

Seperti yang kita ketahui bahwa hingga saat ini, bumi merupakan satu-satunya planet dalam galaksi bima sakti yang diketahui mampu menunjang kehidupan. Hal ini disebabkan karena adanya komponen- komponen pendukung kehidupan tersedia di bumi, mulai dari air, udara, dan tanah yang merupakan tempat tumbuhnya berbagai tanaman untuk mendukung kehidupan.   

Sahabat pendidikan sekalian, perlu kita ketahui pula bahwa secara umum Bumi terdiri dari tiga ( 3 ) komponen Utama, yaitu komponen gas yang disebut dengan atmosfer, komponen padatan yang disebut dengan Litosfer, dan komponen air yang disebut dengan Hidrosfer. Selain dari 3 komponen utama tersebut, Bumi juga memiliki komponen lainnya yaitu, Bumi bagian es disebut Kriosfer dan Bagian Bumi tempat dimana berlangsungnya kehidupan yang dinamakan Biosfer.

- Pengertian Atmosfer

Sudah kita ketahui bahwa Bumi adalah satu-satunya planet di Bima Sakti yang menunjang adanya kehidupan. Mengapa demikian ? seperti yang telah kamu pelajari bahwa mahluk hidup aerob memerlukan oksigen dari udara untuk bernafas. Udara adalah komponen pendukung kehidupan yang sangat penting. Udara di Bumi ini terdapat pada bagian atmosfer ( atmosfhere ), atmosfer berasal dari dua kata yunani , yakni atmos yang berarti UAP dan Sphaira yang berarti LAPISAN. Jadi , atmosfer adalah lapisan Uap yang menyelimuti Bumi.

Atmosfer bumi terdiri dari campuran dari gas, serta sedikit cairan dan padatan yang menyelimuti bumi mulai dari permukaan bumi hingga luar angkasa. Komposisi atmosfer saat ini berbeda dengan komposisi atmosfer pada saat awal terbentuknya. Atmosfer pada awalnya terbentuk dari letusan gunung berapi yang kaya nitrogen dan karbon dioksida, akan terapi sedikit oksigen. Kemudian, organisme fotosintetik mengolah karbon dioksida menjadi oksigen dan melepaskan oksigen tersebut ke atmosfer sebagai hasil pengolahan makanan yang memanfaatkan matahari.
Baca juga : Pengertian Pemanasan Global dan Faktor Penyebab Pemanasan Global

Komponen Bumi dan Pengertian Atmosfer Bumi
Komponen Bumi dan Pengertian Atmosfer Bumi

Setelah terdapat oksigen di atmosfer, terbentuklah ozon ( O3 ). Ozon memiliki peran yang penting bagi keberlangsungan hidup organisme yang ada dibumi. Ozon melindungi bumi dari radiasi matahari yang sangat berbahaya bagi organisme di bumi. Ozon juga melindungi tumbuhan hijau hingga dapat berkembang dan menghasilkan lebih banyak oksigen. Saat ini , berbagai organisme yang hidup di bumi sangat bergantung dengan banyaknya oksigen di atmosfer.

Atmosfer saat ini merupakan campuran dari beberapa gas, atmosfer sebagian besar tersusun atas gas nitrogen sebesar 78 %. oksigen menyusun 21 % atas atmosfer. Karbon dioksida, argon, dan beberapa gas lain menyusun sebagian kecil dari atmosfer.

Seiring dengan berjalannya waktu, komposisi atmosfer berubah dalam jumlah yang kecil namun memberi dampak yang besar bagi bagi kehidupan. Misalnya, asap kendaraan, asap pabrik, dan pembakaran bahan bakar fosil seperti minyak bumi yang menghasilkan polusi udara. Polutan ( zat pencemar ) tersebut akan bereaksi dengan oksigen dan zat kimia lainnya menghasilkan asap. Pembakaran batu bara , minyak bumi, dan gas alam akan menghasilkan karbon dioksida. Semakin banyak penggunaan bahan bakar fosil akan meningkatkan jumlah karbon dioksida di atmosfer.

Selain gas, pada atmosfer Bumi juga terdapat padatan dan zat cair dalam jumlah yang kecil. Salah satu padatan pada atmosfer adalah debu. Partikel debu menjadi bagian atmosfer karena terbawa angin yang berhembus di permukaan bumi hingga ke udara. Zat cair pada atmosfer yang sering di jumpai adalah sekumpulan tetesan air yang berbentuk awan. Awan terbentuk Karena proses penguapan air di permukaan bumi, kemudian uap air tersebut menyatu menjadi awan.    

Demikianlah penjelasan singkat tentang Bumi dan pengertian atmosfer tersebut diatas dan semoga bermanfaat serta menjadi ilmu yang berharga untuk kedepannya,

Selamat belajar dan sakses selalu menyertai anda.
Sumber : KEMENDIKBUD

Advertisement by Google 2

Pengertian Atmosfer Bumi dan Komponen Bumi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar