Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

26 Mei 2017

Pengaruh Interaksi social Teradap Pembentukan Lembaga Sosial

Pengaruh Interaksi social Teradap Pembentukan Lembaga Sosial


Salam Sahabat pendidikan sekalian, tema tersebut di atas sangat erat kaitannya dengan tema sebelumnya yang membahas mengenai Bentuk-bentuk atau ragam interaksi social yang dimana ulasan tema berikut ini adalah sebagai berikut :

Interaksi social adalah kunci dari semua kehidupan social, karena tanpa interaksi social tidak mungkin ada kehidupan bersama.bertemunya orang-perorangan atau kelompok dalam pergaulan hidup akan menghasilkan suatu kelompok social yang hidup bersama yang membutuhkan suatu aturan, sehingga menghasilkan suatu lembaga untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia.

Suatu lembaga terbentuk akibat dari berbagai aktifitas manusia dalam memenuhi kebutuhan melalui interaksi social. Peristiwa aktifitas manusia yang selalu diulang-ulang dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan mencari berbagai alternative kebututhan itu akhirnya melembaga dan melekat pada masing-masing individu.

Berbagai kebutuhan hidup manusia melahirkan beraneka ragam lembaga dalam rangka pemenuhan kebutuhannya itu. Semua kebutuhan manusia didapat dengan melakukan interaksi  dengan manusia lainnya. Adanya interaksi social antara individu dan kelompok maupun iteraksi social antara kelompok, dimana mereka berinteraksi dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan hidupnya maka dalam masyarakat terbentuklah berbagai lembaga social. Adanya lembaga social dimaksudnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan pokok dari kehidupan manusia.

Manusia mempunyai kebututuhan yang bermacam-macam dan lembaga sociallah yang memenuhi kebutuhan individu pada masyarakat. Contohnya manusia membutuhkan pendidikan. Orang tua akan mendaftarkan anaknya pada sekolah dan mematuhi peraturan sekolah serta semua hal yang berkaitan dengan pendidikan diatur pada lembaga pendidikan. Manusia membutuhkan nafkah atau penghasilan, diatur dalam lembaga ekonomi. Misalnya, bekerja, berdagang, atau melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi lainnya. Dengan demikian interaksi social merupakan syarat utama dalam pembentukan suatu lembaga dalam masyarakat.

Artikel berkaitan : Pengertian, Ciri, Proses, dan Syarat Interaksi Sosial

Interaksi social berpengaruh besar terhadap terbentuknya lembaga social masyarakat yang bersangkutan. Melalui interaksi social, manusia saling bekerja sama, menghargai, menghormati, hidup rukun, dan gotong royong. Sikap-sikap tersebut mampu menciptakan keteraturan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat yang mendorong munculnya lembaga social. Perhatikan gambar berikut ini.

 Pengaruh Interaksi social Teradap Pembentukan Lembaga Sosial
Pengaruh Interaksi social Teradap Pembentukan Lembaga Sosial

Pada gambar diatas dapat kita lihat dan simpulkan bahwa antara manusia yang satu dengan yang lainnya saling membutuhkan melalui interaksi social. 

Dalam rangka memnuhi kebutuhan itu manusia harus melakukan interaksi dengan orang lain, baik secara individu maupun secara kelompok. Misalnya, manusia untuk memperoleh beras dengan membeli dari pedagang di pasar karena secara individu tidak mampu menghasilkan beras itu. Agar manusia memenuhi semua kebutuhan hidupnya dengan tertib dan teratur, maka dalam kegiatannya manusia perlu mematuhi aturan-aturan atau norma-norma yang berlaku di masyarakat dalam bentuk lembaga social. Semakin kompleks kehidupan suatu masyarakat, makan akan semakin kompleks pula lembaga social yang di butuhkan untuk pemenuhan kebutuhan dalam kehidupan bersama. Misalnya, kebutuhan masyarakat akan pendidkkan mendorong lahirnya lembaga pendidikan, seperti sekola mulai dari taman kanak-kanak sampai pada jenjang perguruan tinggi. 

Demikianlah penjelasan singkat diatas semoga dapat bermanfaat untuk semua, menambah pengetahuan dan referensinya dalam belajar serta sukses selalu menyertai anda.

Terimaksih semoga bermanfaat 
Sumber : KEMENDIKBUD   

Advertisement by Google 2

Pengaruh Interaksi social Teradap Pembentukan Lembaga Sosial Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar