Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Pengertian Pemanasan Global dan Faktor Penyebab Pemanasan Global

Pengertian Pemanasan Global dan Faktor Penyebab Pemanasan Global 


Sehubungna dengan artikel sebelumnya maka kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian daripada pemanasan global dan Penyebab daripada pemanasan global itu sendiri yang semoga bisa menambah referensi anda dalam belajar, adapun ulasannya adalah sebagai berikut ini :

1. Pengertian Pemanasan Global

Aktifitas manusia  selalu menghasikan zat sisa baungan yang salah satunya berupa gas. Sebagian orang berfikir bahwa atmosfer dapat menyerap gas-gas buangan tersebut secara tidak terbatas dan tidak menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan. Akan tetapi saat ini diketahui bahwa banyaknya gas-gas buangan tersebut dapat menyebabkan perubahan mendasar di atmosfer dan juga kondisi kehidupan di bumi.

Berbagai aktifitas manusia dibumi seperti penggunaan bhan bakar fosil, penebangan dan pembakaran hutan untuk mengalihfungsikannya menjadi lahan pertanian, pemukiman dan industry akan menyumbangkan CO2 ke atmosfer dalam jumlah yang banyak. Lebih dari beberapa periode, CO 2 di atmosfer meningkat sekitar 20 % . meningkatnya konsentrasi gas –gas rumah kaca seperti CO 2 akan memengaruhi kadar panas di bumi. Banyak dari radiasi matahari yang menyinari permukaan bumi, kemudian di refleksikan kembali ke angkasa.

Meningkatya kadar CO 2 di atmosfer selama 150 tahun terakhir membuat para ilmuan prihatin karena hal tersebut berkaitan erat dengan meningkatnya suhu global. Lebih dari satu abad, ilmuan telah mempelajari bagaimana gas-gas rumah kaca menghangatkan bumi dan bagaimana pembakaran bahan bakar fosil berkonsentrasi terhadap pemanasan suhu bumi. Sebagian besar ilmuan meyakini bahwa pemanasan global telah dimulai dan akan meningkat cepat diabad ini.

Lebih dari seratus tahun yang lalu, temperature rata-rata suhu di permukaan bumi meningkat sekitar 0,6o C. peningkatan temperature inilah yang disebut dengan pemanasan global. Pemanasan global adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan suhu rata-rata atmosfer bumi dan lautan secara bertahap, serta sebuah perubahan yang diyakini secara permanen mengubah iklim bumi.


Pengertian Pemanasan Global dan Penyebab Pemanasan Global
Pengertian Pemanasan Global dan Penyebab Pemanasan Global 

2. Penyebab Pemanasan Global

Segala bentuk aktifitas manusia berdampak bagi lingkungan. baik itu membawa dampak positif ataupun membaa dampak yang negative. Begitu pula dengan kondisi atmosfer bumi saat ini yang mengalami perubahan akibat aktifitas manusia. Pembakaran bahan bakar fosil dan penebangan hutan dapat meningkatkan kadar CO 2 di atmosfer. Dikarenakan CO 2 adalah salah satu gas rumah kaca , maka meningkatnya kadar CO 2 di atmosfer akan berkonsentrasi pada terjadinya pemanasan global. Oleh karena itu, setiap tahun kadar CO 2 di atmosfer terus meningkat.

Beberap factor penyebab terjadinya pemanasan global di muka bumi ini adalah sebagai berikut :

- Emisi CO 2 yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil sebagai pembangkit tenaga listrik

- Emisi CO 2 yang berasal dari gasoline sebagao bahan bakar alat transportasi seperti motor dan mobil.

- Emisis metana dari hewan , lahan pertanian, dan dari dasar laut artik

- Deforestation ( penebangan liar ) yang disertai dengan pembakaran lahan hutan.

- Penggunaan chlorofluorocarbon ( CFCs ) dalam refrigator ( pendingin ) 

- Meningkatnya penggunaan bahan pupuk kimia dalam dunia pertanian.

Itulah beberapa factor penyebab terjadinya pemansan global yang dampaknya atau memiliki dampak yang sangat luar biasa untuk kelangsungan hidup manusia ataupun kehidupa lainnya yang semoga dapat dijadikan pelajaran bahwa segala bentuk peristiwa di dunia itu tidak lepas dari ulah manusia itu sendiri dan semoga kita tidaklah termasuk didalam daripada bahagian tersebut.

Cobalah kawan untuk sedikit lebih bijak dalam memanfaatkan apa yang telah Tuhan berikan kepada kita dan semoga kita bukanlah termasuk daripada golongan orang-orang yang memetingkat keinginannya sediri dan tidak memikirkan dampak atau akibat yang telah kita lakukan selama ini.

Terimakasih semga bermanfaat 
Sumber : KEMENDIKBUD   

Advertisement 2

Pengertian Pemanasan Global dan Faktor Penyebab Pemanasan Global Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih