Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Fungsi Serta Macam - Macam Sel dan Jaringannya Pada Tumbuhan dan Hewan

Fungsi Serta Macam - Macam Sel dan Jaringannya Pada Tumbuhan dan Hewan


Silahkan dan mari kita sama- sama menyimak penjelasan berikut yang akan membahas mengenai sel dan jaringannya sebagai unit struktur dan fungsi kehidupan. Adapun ulasannya adalah sebagai berikut:   

A. Sel

Sel terdiri dari bagian - bagian pokok yang meliputi inti sel,protoplasma dan membran sel. dimana protoplasma itu sendiri terdiri dari nukleoplasma, dan sitoplasma yang kemudian sitoplasma terbagi lagi atas organ-organ sel yang meliputi mitokondria, retikulum endoplasma,ribosom,badan golgi, lisosom,vakuola,plastida dan dinding sel, sentriol.

a. Mitokondria berfungsi sebagai tempat respirasi sel dan penghasil energi.
b. Retikulum endoplasma berfungsi sebagai  penyintesis materi genetika.
c. Ribosom berfungsi mensintesis protein.
d. Badan golgi berfungsi sebagai alat sekresi protein.
e. Lisosom merupakan organel sel yang berupa kantong yang terikat membran berisi enzim hidrolitik yang fungsinya untuk mengontrol pencernaan intraseluler pada berbagai kondisi.
f. Vakuola adalah rongga antar sel yang berisi cairan dan terbungkus oleh selapis membran dan berfungsi menyimpan cadangan makanan sisa metabolisme tubuh.
g. Kloroplas hanya terdapat pada tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat terjadi proses fotosintesis.
h. Dinding sel hanya terdapat pada tumbuhan yang fungsinya sebagai lapisan pelindung yang terdapat pada bagian luar membran sel.

Pada hierarki organisasi kehidupan, sel berada di tingkat structural terendah yang masih mampu menjalankan semua fungsi kehidupan. Sel mampu melakukan regulasi terhadap dirinya sendiri, memproses energy, tumbuh dan berkembang, tanggap terhadap lingkungan, serta melakukan reproduksi untuk melestarikan jenisnya.

Sel dan Jaringannya Sebagai Unit Struktur dan Fungsi Kehidupan
Sel dan Jaringannya Sebagai Unit Struktur dan Fungsi Kehidupan

Setiap organisme tersusun atas salah satu dari dua sel jenis sel  yang secara truktural berbeda. Kedua jenis sel tersebut adalah sel prokariotik dan sel eukariotik . pada system lima kingdom , hanya monera ( bakteri dan ganggang biru ) yang memiliki sel prokariotik . protista, jamur, tumbuhan, dan hewan semuanya terdiri atas sel uekariotik .

Sel prokariotik berasal dari bahasa yunani , yaitu prokaryote, pro berarti “ sebelum “ dan karyote berarti “ nucleus “. Sel prokariotik memiliki nucleus/inti sel, tetapi inti sel tersebut tidak diselubungi membrane inti. Sel eukariotik  ( bahasa yunani ,eu berarti sejati/sebenarnya ) merupakan sel yang memiliki inti sel dan inti sel tersebut dibungkus oleh membrane inti.

Sel prokariotik terdapat pada bakteri , termasuk sianobakteri. Sel prokariotik strukturnya lebih sederhana daripada struktur sel eukariota, karena tidak mempunyai organel yang membungkus membrane. Batas sel ialah membrane plasma. Diluar membrane plasma terdapat dinding sel yang cukup kaku dan sering kali berupa kapsul luar yang biasanya mirip jeli. Sebagian bakteri memiliki flagella ( organel pergerakan ) , pili ( struktur pelekatan ) , atau yang menonjol dari permukaan selnya.

Sel tersebut akan menyusun tubuh mahluk hidup melalui pengorganisasian yang sistematis. Dalam organisasi tubuh , sel memiliki peranan yang sangat penting. Kamu tidak dapat mengamati sel secara jelas pada tanaman dan hewan hanya dengan mata telanjang. Kamu membutuhkan alat bantu berupa mikroskop.

- Sel merupakan unit terkecil kehidupan didalam sel terdapat penyusun sel atau organel sel. Namun organel tidak disebut sebagai unit terkecil kehidupan sebab organel tidak mampu hidup mandiri

- Mahluk hidup bersel satu dapat hidup mandiri dan dapat mencukupi kebutuhan hidupnya seperti energy, mineral, dan sebagainya.

- Umumnya, sel berukuran mikroskopis. Namun , ada sel yang berukuran mikroskopis ( besar ), seperti telur burung unta dan sel saraf  zarafah yang memiliki panjang lebih dari 1 meter.
Sebagian besar sel berdiameter antara 1 sampai 100 um, sehingga hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop. Perhatikan skala yang dipakai dibawah ini, skala dimulai dari bagian atas dengan 10 meter dan menurun . setiap pengukuran dari sisi kiri menunjukkan pengecilan ukuran sepuluh kali. 

Pengukuran. 

1 cm ( Centimeter ) = 10-2 m= 0,4 inci
1 mm ( Millimeter ) = 10-3 m
1 um ( Mikrometer ) = 10-3 mm = 10-6 m
1 nm ( Nanometer ) = 10-3 um = 10-9 m. 

Perlu direnungkan bahwa sel yang ukurannya kecil ternyata terdiri atas organel-organel yang lebih kecil lagi dan saling membutuhkan satu sama lain. Tidak ada yang dapat menghidupan sel kecil tersebut , kecuali Tuhan yang Maha hidup dan pemberi kehidupan . oleh karena itu, kita harus senantiasa bersyukur atas anugerah Tuhan Sang Pemberi kehidupan.

Sel dan Jaringannya Sebagai Unit Struktur dan Fungsi Kehidupan
Sel dan Jaringannya Sebagai Unit Struktur dan Fungsi Kehidupan

Coba kembali renungkan . mengapa ada sel hewan yang tidak dijumpai dinding sel , sedangkan pada sel tumbuhan terdapat dinding sel ? Tuhan yang maha kuasa juga pasti memiliki rahasia lain yang menakjubkan  dibalik itu bukan ?

B. Jaringan 

Jaringan pada hewan dan manusia dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu jaringan epitel, otot, saraf, dan jaringan penyokong/ikat, jaringan embrional/merismatik dan jaringan lemak.

a. Jaringan epitelium berfungsi sebagai pelindung jaringan dibawahnya.
b. Jaringan otot berfungsi sebagai alat gerak individu yang terbagi menjadi beberapa jenis otot yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung.
c. Jaringan Ikat berfungsi untuk menegakkan tubuh dan dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu.

- Jaringan tulang rawan yang berfungsi untuk melindungi bagian tubuh yang lemah,
- Jaringan tulang yang berfungsi untuk membentuk rangka tubuh dan melindungi tubuh,
- Jaringan ikat yang berfungsi sebagai pengikat dan menguatkan hubungan antartulang,
- Jaringan darah dan getah bening yang berfungsi sebagai alat transportasi zat makanan, hormon, dan sisa metabolisme tubuh.

d. Jaringan lemak terdiri atas sel-sel lemak yang fungsinya sebagai tempat penyimpanan cadangan makan pada tubuh.
 
Setiap sel suatu organisme memiliki ukuran yang bervariasi. Ukuran sel mencerminkan fungsi yang dilakukan sel yang bersangkutan . semua fungsi hidup organisme bersel satu dilakukan oleh sel tunggal itu sendiri. Pada organisme bersel banyak , seringkali sel tidak dapat berkerja sendiri. Setiap sel bergantung pada sel yang lain . kerja sama dan interaksi  diantara sel ini menyebabkan organisme dapat mempertahankan hidupnya. Sel-sel yang memiliki fungsi dan bentuk yang sama akan berkelompok. Kelompok sel disebut dengan jaringan sel.

Tumbuhan memiliki bermacam-macam jaringan . jaringan pembuluh kayu ( xylem ) berfungsi mengangkut air dan unsure hara dari akar ke daun. Sedangkan jaringan pembuluh tapis ( floem ) mengangkut zat makanan dari daun keseluruh tubuh tumbuhan. Hewan maupun manusia memiliki bermacam-macam jarungan juga . ada jaringan apitel, jaringan otot, jaringa tulang rawan, jaringan saraf dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang sel dan jaringan sel sebagai struktur dan fungsi kehidupan ini semoga dapat menambah ilmu serta serta referensinya dalam belajar .

Terimakasih dan selamat belajar 
Sumber : KEMENDIKBUD 

Advertisement 2

Fungsi Serta Macam - Macam Sel dan Jaringannya Pada Tumbuhan dan Hewan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih