Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

10 Juni 2017

2 Jenis Fungsi Seni Rupa dan Penjelasannya

2 Jenis Fungsi Seni Rupa dan Penjelasannya 


Berikut ialah penjelasan yang akan menjelaskan fungsi daripada Seni Rupa dan adapun penjelasannya dalah sebagai berikut;

1. Fungsi Individu

Fungsi individu terbagi menjadi beberapa bagian fungsi yaitu adalah sebagai berikut

- fungsi pemenuhan kebutuhan fisik

pada dasarnya manusia adalah mahluk homofabel yang memiliki kecakapan dalam apresiasi pada keindahan dan pemakaian benda-benda, seni terapan memang mengacu kepada pemuasan kebutuhan fisik sehingga dari segi kenyamanan menjadi hal yang penting, sebagai contoh seni bangunan, furniture, seni pakaian/textile, kerajinan dan lainnya.

- fungsi pemenuhan kebutuhan emosional

setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda dengan manusia lainnya. Pengalaman dari setiap orang sangatlah berbeda untuk mempengaruhi sisi emosional atau perasannya. Contohnya perasaan sedih , gembira, lelah letih, kasihan, cinta, benci dan lain sebagainya. Manusia mampu merasakan semua itu karena didalam dirinya terdapat dorongan emosional yang merupakan situasi kejiwaan pada sitiap manusia normal. Untuk memnuhi kebutuhan emosional manusia memerlukan dorongan dari luar dirinya yang sifatnya menyenangkan, memuaskan kebutuhan batinnya, contohnya mengalami keletihan sehingga membutuhkan rekreasi seperti teater, nonton bioskop, konsert, pameran seni dan lainnya.

2. Fungsi Sosial

Fungsi social seni rupa juga terbagi menjadi beberapa bagian yaitu ;

- Fungsi social seni bidang rekreasi

Banyaknya aktifitas seseorang membuat mereka merasa jenuh sehingga orang tersebut memerlukan penyegaran seperti berlibur ketempat atau objek wisata dan seni rupa juga sebagai benda rekreasi seperti seni teater, pameran lukisan, pegelaran musik, dan pameran bonsai. Arti seni benda rekreasi adalah seni yang menciptakan kondisi bersifat penyebaran dan pembaharuan kondisi yang telah ada.

Fungsi-Fungsi Dari Seni Rupa
Fungsi-Fungsi Dari Seni Rupa

- Fungsi social seni bidang komunikasi

Setiap manusia pasti berkomunikasi denga bahasa karena merupakan sarana komunikasi yang paling efektif dan dapat dengan mudah dimengerti. Namun bahasa memiliki keterbatasan karena tidak semua bahasa dapat dimengerti seluruh manusia atau orang didunia ini karena setiap Negara berbeda-beda maka dari itu dibutuhkan bahasa universal yang digunakan untuk berkomunikasi diseluruh dunia. Berdasarkan pernyataan tersebut seni diyakini dapat berperan sebagai bahasa universal, seperti affandi yang berkomunikasi ke seluruh dunia dengan lukisannya, shakespare berkomunikasi dengan puisi-puisinya. Berdasarkan cari contoh nyata tersebut, seni dapat menembus batas-batas verbal, maupun perbedaan lahiriah setiap orang.

- Fungsi social di bidang pendidikan

Dalam arti luas, pendidikan adalah suatu kondisi yang bertransformasi yang mengakibatkan kondisi tertentu menjadi lebih maju. Seni dapat memberikan pendidikan karena dari setiap pertunjukan seni terdapat makna yang disampaikan. Seni bermanfaat untuk membimbing dan mendidik mental dan tingkah laku seseorang berubah menjadi lebih maju dari yang sebelumya. Dari hal ini disimpulkan bahwa seni menumbuhkan pengalaman, estetika dan etika.

- Fungsi social seni bidang rohani

Menurut Kar Barth bahwa keindahan bersumber dari tuhan, Agama merupakan salah satu sumber inspirasi seni yang berfungsi untuk kepentingan keagamaan. Pengalaman-pengalaman religi menggambarkan bentuk nilai estetika.

Tak hanya itu saja, beberapa fungsi seni dapat dilihat pada keterangan dibawah ini : 

a. Memberi kepuasan batin tersendiri terhadap penciptanya
b. Memberikan keindahan yang dinikmati secara luas berdasarkan penilaiaan yang berbeda.
c. Mempunyai nilai-nilai budaya dan ekspresi seniman
d. Sebagai benda kebutuhan sehari-hari atau benda praktis
e. Sebagai media atau alat untuk mengenang suatu peristiwa tertentu
f. Sebagai sarana ritual keagamaan

dari keterangan tersebut diatas, kita bisa sedikit mengambil kesimpulan bahwa seni tidak hanya dinilai dari aspek keindahan dan atau sebatas hiburan semata melainkan banyak aspek yang berpengaruh pula didalamnya sesuai keterangan yang tercantum diatas tersebut, 

Demikian penjelasan singkat ini semoga ada manfaatnya dan suskses selalu menyertai anda dalam menimbah ilmu dan semoga segala katifitas kita bernilai ibadah disisi Allah SWT  aammiinnn…

Terimakasih semoga bermanfaat 
Sumber : KEMENDIKBUD. 
    

Advertisement 2

2 Jenis Fungsi Seni Rupa dan Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar