Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Artikel Kesehatan Jantung, Anatomi, Pengisian, Sirkulasi Pulmonal, dan Sirkulasi Sistemik

Artikel Kesehatan Jantung, Anatomi, Pengisian, Sirkulasi Pulmonal, dan Sirkulasi Sistemik 


Oleh : Saryono Iwan Purnawan ( Medical Book )

Salam sahabat pendidikan sekalian, berikut adalah artikel yang membahas mengenai Jantung yang didalamnya berisikan pembahasan tentang Lapisan jantung, ruang jantung dan katup pada jantung yang diharapkan dapat membantu anda dalam proses belajar, berikut adalah ulasannya :

- Anatomi Jantung

Jantung terdiri dari empat ruang, yaitu, ruang atrium kanan dan kiri, serta ventrikel kanan dan kiri. Dinding ventrikel kiri 3 kali lebih tebal disbanding ventrikel kanan. Bagian basis jantung terletak di belakang sternum setinggi kosta ke-3 (ICS III) dan bagian apeks terletak pada setinggi kosta ke-5 (ICS V). jantung berbentuk konus, panjang sekitar 10 cm, besar sekitar 9 ons dan ukuran sebesar genggaman tangan. Lapisan jantung terdiri dari pericardium,miokardium dan endocardium. Jantung terdiri atas 4 katup yang mengontrol arah aliran darah. Antara atrium dan ventrikel kanan dipisahkan oleh katup trikuspidalis (3 daun katup). Daun katup terkait oleh chorda tendinea dan maskulus papillaris. 

Antara atrium dan ventrikel kiri dipisahkan oleh katup mitral/bikuspidalis (dua daun Katup). Katup aortic terletak pada pintu keluar ventrikel kiri menuju aorta. Katup pulmonal terletak pada pintu keluar ventrikel kanan menuju pulmonalis. Kedua katup ini mencegah aliran darah balik menuju ventrikel. Daun katup aortic dan pulmonal terdiri dari 3 daun, berbentuk skalop (flat), permukaannya halus dan tidak ada chorda tandinea.

Anatomi, Pengisian, Sirkulasi Pulmonal,Sirkulasi Sistemik Pada Jantung
Anatomi, Pengisian, Sirkulasi Pulmonal,Sirkulasi Sistemik Pada Jantung

- Pengisian Jantung

Pada saat ventrikel kontraksi, katup mitral dan trikuspidalis menutup (menimbulkan bunyi “lup”) akibat tekanan yang tinggi di ventrikel.bunyi penutup katup mitral ini dikenal juga dengan bunyi jantung S1. Katup aortic dan pulmonalis terbuka, darah mengalir keluar jantung menuju sirkulasi umum dan pulmonal. Pada saat tekanan ventrikel menurun, lebih rendah dibandingkan tekanan di aktup aortic dan pulmonalis, maka katup ini akan menutup (menimbulkan bunyi “dup”), seiring dengan pembukaan katup mitral dan trikuspidalis. Bunyi penutup katup seminular aortic dan pulmonalis dinamakan sebagai bunyi jantung S2.
- Sirkulasi Pulmonal

Atrium kanan menerima darah dari vena cava anferior, vena cava superior dan sinus coronaries. Darah mengalir ke ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis, dan selanjudnya ke paru-paru melewati arteri pulmonalis memalui katup pulmonal. Dari paru-paru darah mengambil oksigen dan melepaskan CO2. Darah yang telah mendapatkan oksigen, mengalir kembali kejantung melalui 4 buah vena pulmonalis, menuju atrium kiri. Setiap paru masing-masingmengalirkan melalui 2 buah vena pulmonalis kanan dan kiri. Dari atrium kiri, darah mengalir menuju ventrikel kiri melalui katup bikuspidalis.

- Sirkulasi Sistemik.

Darah dari ventrikel kiri dipompa keluar menuju seluruh tubuh melewati katup aortic dan melalui pembuluh darah aorta. Aorta bercabang-cabang menjadi arteri, mengantarkan darah keseluruh jaringan tubuh. Darah kemudian kembali melalui vena, menuju cava kemudian ke atrium kanan. Saat ventrikel berkontraksi untuk memompa darah disebut systole dan saat relaksasi untuk pengisian ventrikel disebut diastole.

Volume dan tekanan didalam pembulu darah arteri akan menurun saat relaksasi, serta volume dan tekanan akan meningkat saat kontraksi ventrikel. Gerakan naik turun volume dan tekanan di arteri ini mengakibatkan gerakan bergelombang yang dapat diraba sebagai denyut nadi. Sedangkan dorongan kekuatan darah terhadap dinding arteri disebut tekanan darah.


Anatomi, Pengisian, Sirkulasi Pulmonal,Sirkulasi Sistemik Pada Jantung
Anatomi, Pengisian, Sirkulasi Pulmonal,Sirkulasi Sistemik Pada Jantung

Demikianlah penjelasan singkat diatas yang semoga ada manfaatnya untuk sehabat pendidikan sekalian dan semoga dapat bernilai ibadah disisi Allah swt aammiinn.., 

Terimkasih dan sukses selalu menyertai anda 
Sumber : Medical Book  


Advertisement 2

Artikel Kesehatan Jantung, Anatomi, Pengisian, Sirkulasi Pulmonal, dan Sirkulasi Sistemik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih