Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

27 Juli 2017

Sejarah Lahirnya Kerajaan Kutai di Indonesia

Sejarah Lahirnya Kerajaan Kutai  di Indonesia  


Salam sahabat pendidikan sekalian, Berikut ini merupakan artikel yang secara khusus akan membahas satu persatu kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia yang diharapkan dapat menjadi pedoman anda didalam belajar dan menyelesaikan tugas-tugas anda, berikut dibawah ini adalah ulasannya : 

Lahirnya kerajaan –kerajaan yang bercorak hindu-buddha merupakan salah satu bukti adanya pengaruh kebudayaan hindu-buddha di Indonesia. Pada masa pemerintahan kerajaan-kerajaan ini, tradisi agama dan kebudayaan  hindu-buddha di kepulauan Indonesia berkembang dengan pesat. 

- Kerajaan Kutai 

Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia Bag. 1 ( Kerajaan Kutai )
Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia Bag. 1 ( Kerajaan Kutai )


Kerajaan kutai berdiri sekitar abad ke 5, kerajaan ini kerajaan ini terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur, tepatnya dihulu sungai Mahakam. Informasi tentang awal mula kerajaan kutai di ketahui dari Yupa. Ada tujuh buah Yupa yang menjadi sumber utama bagi para ahli untuk mengetahui sejarah kerajaan Kutai.” Yupa adalah “ tugu batu yang berfungsi sebagai tugu peringatan.

Yupa ini dikeluarkan pada masa pemerintahan Raja Mulawarman. Prasasti Yupa ditulis dengan huruf Pallawa dan bahasa sansakerta. Berdasarkan salah satu isi prasasti yupa, kita dapat mengetahui nama-nama raja yang pernah memerintah di kutai, yaitu kundungga, aswawarman dan mulawarman.
Namun kundungga tidak dikenal dalam bahasa india, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nama tersebut merupakan nama asli daerah tersebut. Kundungga mempunyai anak bernama aswawarman dan cucunya yang bernama Mulawarman. Dua nama terakhir merupakan nama yang mengandung unsure india. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh hindu-buddha pada keluarga kerajaan itu sudah mulai masuk pada masa kundungga yang dibuktikan dengan diberikannya nama hindu pada anaknya.

Satu diantara yupa di kerajaan kutai berisi keterangan bahwa raja mulawarman telah membari sedekah 20.000 sapi kepada para brahmana. Hal ini menjelaskan bahwa kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat kutai adalah usaha peternakan. Disamping peternakan, masyarakat kutai melakukan pertanian. Letak kerajaan kutai ditepi sungai, sangat mendukung untuk pertanian. Selain itu, masyarakat kutai juga melakukan perdagangan. Diperkirakan sudah terjadi hubungan dagang dengan luar. Jalur perdagangan internasional dari india melewati selat Makassar, terus ke Pilifina dan sampai di Cina. Dalam pelayarannya dimungkinkan para pedagang itu singga terlebh dahulu di kutai.

Demikianlah penjelasan singkat diatas yang membahas  mengenai kerajaan hindu-buddha di Indonesia dan semoga bermanfaat bagi sahabat pendidikan sekalian serta sukses selalu menyertai anda. 

Terimakasih semoga bermanfaat 
Sumber : KEMENDIKBUD 

Advertisement by Google 2

Sejarah Lahirnya Kerajaan Kutai di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar