Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

Sejarah Lahirnya Kerajaan Tarumanegara di Indonesia

Sejarah Lahirnya Kerajaan Tarumanegara di Indonesia 


Salam sahabat pendidikan sekalian, Berikut ini merupakan artikel yang secara khusus akan membahas satu persatu kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia yang diharapkan dapat menjadi pedoman anda didalam belajar dan menyelesaikan tugas-tugas anda, berikut dibawah ini adalah ulasannya : 

Lahirnya kerajaan –kerajaan yang bercorak hindu-buddha merupakan salah satu bukti adanya pengaruh kebudayaan hindu-buddha di Indonesia. Pada masa pemerintahan kerajaan-kerajaan ini, tradisi agama dan kebudayaan  hindu-buddha di kepulauan Indonesia berkembang dengan pesat.

- Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan tertua dipulau jawa diperkirakan berdiri pada abad ke 5 masehi. Berdasarkan catatan sejarah dan peninggalan artefak disekitar lokasi kerajaan, terlihat bahwa kerajaan tarumanegara adalah kerajaan hindu beraliran Wisnu.

Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia Bag. 2 ( Kerajaan Tarumanegara )
Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia Bag. 2 ( Kerajaan Tarumanegara )

Sumber sejarah mengenai kerajaan tarumanegara diketahui dari prasasti-prasasti yang ditinggalkannya. Prasasti itu menggunakan huruf Pallawa dan bahasa sansakerta. Sampai saat ini ada ditemukan tuju buah prasasti, yaitu : prasasti kebon kopi, ciaruteun, pasir awi, jambu, muara cianten, dan prasasti tugu. Selain itu, sumberlain tentang kerajaan tarumanegra diperoleh dari cacatan seorang musafir cina yang bernama Fa-hien. Dalam perjalanan ke india singgah di ye-po-ti ( pulau jawa ).

Berdasarkan dari sumber-sumber tersebut dapat diperoleh gambaran tentang kehidupan masyarakat tarumanegara. Mata pencahariannya ialah bertani dan berdagang. Menurut berikta yang ditulis fa-hien, barang yang diperdagangkan ialah cula badak, kulit penyu dan perak. Fa-hien juga menjelaskan bahwa di kerajaan tarumanegara terdapat tiga agama yaitu agama hindu, Buddha dan kepercayaan animism. Raja memeluk agama hindu.
Raja yang terkenal dari kerajaan tarumanegara adalah Purnawarman. Ia dikenal sebagai raja yang aggah berani dan tegas. Ia juga dekat dengan para brahmana dan rakyatnya, ia raja yang jujur, adil, arif dalam memerintah. Untuk memajuka bidang pertanian, raja memerintahkan pembangunan irigasi dengan cara menggali sebuah saluran sepanjang 6112 tumbak ( kurang lebih 11 km ) saluran itu disebut dengan sungai Gomati. Saluran itu selain berfungsi sebagai irigasi juga berfungsi untuk mencegah bahaya banjir.

Demikianlah penjelasan singkat diatas yang membahas  mengenai kerajaan hindu-buddha di Indonesia dan semoga bermanfaat bagi sahabat pendidikan sekalian serta sukses selalu menyertai anda. 

Terimakasih semoga bermanfaat 
Sumber : KEMENDIKBUD 


Advertisement 2

Sejarah Lahirnya Kerajaan Tarumanegara di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 comments:

Post a Comment

Mohon Saran dan Masukan yang Relefan untuk Blog ini pada kolom komentar. Terimakasih