Tempat Berbagi dan Berbagai Pembelajaran

11 Juli 2017

Macam-Macam Kebutuhan Manusia Menurut Tingkatan, Sifat, Penggunaan dan Subjeknya

Macam-Macam Kebutuhan Manusia Menurut Tingkatan, Sifat, Penggunaan dan Subjeknya


Sahabat pendidikan sekalian, artikel berikut akan membahas mengenai macam-macam kebutuhan manusia sesuai dengan tema diatas, yang dimana artikel ini akan mengurai satu persatu hal tersebut dengan jelas akan dapat menjadi bahan belajar yang bermanfaat bagi peserta didik sekalian, dan ulasannya adalah sebagai berikut : 

Kebutuhan ialah suatu keinginan terhadap suatu barang atau jasa yang menuntut adanya pemenuhan, apabila bila tidak dipenuhi maka akan mempengaruhi kehidupan. Contohnya, bagi mereka yang lapar menuntut untuk di penuhi kebutuhan untuk makan, begitu juga mereka yang haus harus segera minum. Apabila tidak terpenuhi akan berakibat pada kelangsungan hidup manusia atau orang tersebut.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang kubutuhan manusia sebaiknya kita perlu mengetahu macam-macam kebutuhan manusia dan berikut adalah penjelasannya : 

A. Macam-Macam kebutuhan manusia menurut intensitasnya atau tingkatannya.

1. Kebutuhan Primer atau kebutuhan pokok adalah kebutuhan yang harus dipenuhi karena jika tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup. Adapun yang termasuk kebutuhan primer antara lain : kebutuhan akan makan, minum, kebutuhan ini apabila tidak dipenuhi maka manusia tidak dapat hidup. Pakaian, kebutuhan ini harus dipenhi karena manusia perlu bersosialisasi dengan sesama dan apabila tidak dipenihi maka manusia akan mengalami kesulitan dalam bersosialisasi atau bergaul. Perumakan, merupakan kebutuhan tempat untuk berteduh dan melepaskan lelah sehingga mutlak untuk dipenuhi.

2. Kebutuhan sekunder ( Tambahan ) adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder merupakan pelengkap dari kebutuhan primer. Tidak terpenuhinya kebutuhan ini tidak mengganggu kelangsungan hidup. Kebutuan sekunder antara lain, perabotan rumah tangga, sabun mandi, sabun cuci, almari, dan lain sebagainya.

3. Kebutuhan tersier atau atau kebutuhan barang mewah adalah kebutuhan kebuthan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kebutuhan ini tidak mutlak untuk dipenuhi tetapi disesuaikan dengan kondisi keuangan dari masing-masing orang atau individu. Biasanya kebutuhan ini berhubungan dengan harga diri atau derajat orang tersebut, apabila seseorang mampu memiliki barang –barang mewah. Pada masa ini sangat sulit menemukan mana barang mewah dan mana yang bukan, karena tergantung dari tingkat kekayaan yang dimiliki masing-masing orang.

B. Macam-Macam Kebutuhan menurut Sifat

Macam-macam kebutuhan menurut sifatnya dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu kebutuhan jasmani dan rohani.

1. Kebutuhan Jasmani adalah kebutuhan yang bersifat member kepuasan pada badan atau jasmani. Kebutuhan ini bersifat materi. Contoh kebutuhan akan makan, obat bagi yang sakit, minum, kesehatan dan olah raga.

2. Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan yang dirasakan untuk kepentingan jiwa manusia. Apabila kebutuhan ini terpenuhi akan merasa puas, aman dan tenag. Contohnya kebutuhan akan rekreasi, agama, nonton, baca buku serta pendidikan.


Macam-Macam Kebutuhan Manusia Menurut Tingkatan, Sifat, Penggunaan dan Subjeknya
Macam-Macam Kebutuhan Manusia Menurut Tingkatan, Sifat, Penggunaan dan Subjeknya

C. Macam-Macam Kebutuhan Menurut Waktu Penggunaannya.

Menurut waktunya, kebutuhan manusia dibedakan menjadi dua bagian yaitu :

1.  kebuthan sekarang adalah kebutuhan yang harus segera dipenuhi pada saat dibutuhkan. Apabila tidak dilakukan dengan segera akan berakibat tidak baik terhadap kelangsungan hidupnya, dan yang termasuk kebutuhan sekarang ialah : 

a. makan sangat dibutuhkan oleh orang yang kelaparan sebab dapat mengakibatkan kematian jika tidak segera dipenuhi.
b. minum sangat dibutuhkan segera bagi orang yang kehausan.
c. obat sangat dibutuhkan bagi orang yang sakit.

2. Kebutuhan masa yang akan datang adalah kebutuhan manusia yang pemenuhannya dapat ditangguhkan pada masa yang akan datang. Pemenuhan ini dapat dipersiapkan pada masa sekarang. Contoh, menyisihkan sedikit uangnya untuk memenuhi kebutuhan yang akan datang.

D. Macam-Macam Kebutuhan Menurut Subjeknya

Kebutuhan ini dibagi menjadi dua bagian yaitu : 

1. kebutuhan individual adalah kebutuhan yang berhubungan langsung dengan perorangan. Kebutuhan ini dirasakan oleh diri pribadi seseorang dan pemenuhannya dilakukan secara individu. Contohnya, makan, minum, sepatu, mobil, kca mata dan lain sebagainya. Kebutuhan ini tergantung pada kebutuhan masing-masing.

2. kebutuhan kelompok atau kolektif adalah kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersama-sama dan pemenuhannya juga dilakukan secara bersama-sama, contohnya, kebutuhan akan rumah ibadah, jalan, jembatan, pasar, sekolah dan lain sebagainya.

Perbedaan kebutuhan ini disebabkan oleh beberapa factor yang mempengaruhinya dan factor-faktor tersebut ialah : 

1. jenis kelamain
2. tingkat pendidikan
3. lingkungan tempat tinggal
4. kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
5. tingkat pendapatan
6. status social
7. perbedaan selera.

Sudah kita ketahui bersama bahwa kebutuhan manusia tidak ada batasnya, yang artinya setiap saat selalu bertambah dan berkembang seiring dengan kemajuan peradaban manusia, untuk bisa melangsungkan kehidupannya dengan memperoleh kemakmuran.  

Demikanlah penjelasan singkat tentang macam-macam kebutuhan manusia dan tingkat kebutuhannya semoga bermanfaat dan dapat memudahkan anda dalam melakukan aktifitas belajar dan mengajar disekolah anda. 

Terimakasih Semoga Bermanfaat 
Sumber : KEMENDIKBUD 

Advertisement by Google 2

Macam-Macam Kebutuhan Manusia Menurut Tingkatan, Sifat, Penggunaan dan Subjeknya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar