Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

14 Juli 2017

Macam-Macam Pasar Menurut Kriterianya

Macam-Macam Pasar Menurut Kriterianya 


Berikut ini adalah artikel yang masih berkaitan erat dengan artikel sebelumnya yang membahas menganai pengertian pasar dan fungsi pasar, untuk mempersingkat waktu mari kita simak ulasan berikut ini :  

Pasar banyak macamnya dan pada dasarnya pasar dapat dibedakan menurut beberapa criteria, antara lain sebagai berikut :

A. Macam pasar menurut wujudnya

1. Pasar Konkrit ialah pasar nyata atau pasar yang unsure-unsur pasarnya, seperti penjual, pembeli dan barang yang diperjualbelikan ada disitu. Contohnya dari pasar ini yaitu pasar yang setiap hari kita kunjungi untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari. Barang yang kita beli dapat langsung kita lihat dan dipilih, sehingga kita dapat mengetahui kualitas dari barang tersebut. Selain itu antara penjual dan pembali langsung melakukan transaksi di pasar tersebut.

2. Pasar Abstrak, yaitu Pasar yang antara penjual, pembeli dan barang yang diperjualbelikan tidak dapat bertemu langsung didalm pasar akan tetapi transaksi dilakukan atau dilaksanakan melalui alat komunikasi dan barang yang diperjualbelikan sudah diketahui betul oleh sipembeli. Seperti pemesanan Pizza hanya melalui telepon dan barang akan diantarkan langsung kealamat yang dituju.

B. Menurut jenis barang yang diperdagangkan

1. Pasar barang konsumsi, yaitu pasar yang memperjualbelikan barang-barang keperluan sehari-hari. Contohnya pasar ikan, pasar buah-buahan, dan supermarket atau mall.

2. Pasar barang produksi, yaitu Pasar yang menyediakan keperluan factor-faktor produksi. Contoh pasar ini antara lain : pasar tenaga kerja yang merupakan tempat tenaga kerja mencari lapangan pekerjaan dan pasar modal.

C. Menurut luas jaringan distribusi

1. Pasar setempat, yaitu pasar yang digunakan oleh masyarakat di wilayah sekitar dan melibatkan penjual dan pembeli disekitar daerah tersebut. Bentuk dan jenis barang yang diperdagangkan sangat dipengaruhi oleh lingkungan social budaya setempat. Seperti pasar klewer disolo atau pasar bringharjo di Yogyakarta yang menjual batik hasil daerah tersebut. Penjual pada pasar ini memakai kain batik untuk melestarikan budaya sehingga permintaan batik pada daerah ini sangat banyak dan ini berbeda dengan permintaan batik didaerah lain.


Macam-Macam Pasar Menurut Kriterianya
Macam-Macam Pasar Menurut Kriterianya 
2. Pasar Nasional, yaitu pasar yang cakupan pembelinya dalam wilayah suatu Negara. Penjual dan pembeli dari berbagai daerah diwilayah Negara tersebut. Produk yang dijual dibutuhkan oleh masyarakat Negara tersebut. 

3. Pasar Regional yaitu pasar yang daerah pemasarannya meliputi bebrapa Negara yang berada dalam suatu kawasan. Pasar ini biasanya dibawah suatu organisasi yang berada dalam wilayah kawasan tersebut.

4. Pasar internasional, yaitu pasar yang menyediakan komuditas barang dagangan untuk rakyat seluruh dunia. Biasanya komuditi yang dijual merupakan produk-produk yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat.

D. Menurut waktu penyelenggaraan

1. pasar harian yaitu pasar yang melakukan kegiatan setiap hari dan menjual barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari. Contoh pasar ini antara lain : pasar induk yang terdapat disekitar kalian.

2. Pasar mingguan yaitu pasar yang dilaksakan seminggu sekali. Contoh pasar ini antara lain pasar hewan yang hanya buka seminggu sekali.

3. Pasar bulanan yaitu pasar yang kegiatannya sebulan sekali. Pasar ini dapat kita temukan didaerah industry atau kantor pos. pasar ini dibuka pada saat karyawan pabrik gajian atau pembayaran pensiunan pegawai pos.

4. Pasar tahunan yaitu pasar yang diadakan setahun sekali. Pasar ini bersifat nasional maupun internasional. Penyelenggaraan pasar ini sebagai ajang promosi untuk produk-produk tertentu ataupun produk baru. Contohnya antara lain : PRJ ( Pekan Raya Jakarta ) dan pasar malam sekatenan di solo.

E. Menurut organisasi/ struktrunya

1. Pasar persaingan sempurna yaitu pasar didalamnya banyak terdapat penjual dan pembeli yang sama-sama tela mengetahui situasi pasar. Barang yang diperjualbelikan homogen ( sejenis ) penjual dan pembeli tidak bebas menentukan  harga karena harga ditentukan oleh kekuatan pasar. Contoh pasar ini antara lain : pasar sayur-sayur, pasar buah, dan pasar tekstil.

2. Pasar persaingan tidak sempurna yaitu pasar penjual dan pembeli memiliki kebebasan dalam menentukan harga dan jumlah barang yang diperjualbelikan. Dalam pasar ini penjual dan pembeli dapat mempengaruhi harga.

Demikianlah penjelasan singkat diatas semoga ada manfaannya dan dapat bernilai ibadah disisi Allah SWt aammiinn… 

Sumber : KEMENDIKBUD   
   

Advertisement 2

Macam-Macam Pasar Menurut Kriterianya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar