Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

14 Juli 2017

Pengertian Pasar dan Fungsi Pasar

Pengertian Pasar dan Fungsi Pasar 


Sahabat pendidikan sekalian, berikut adalah artikel yang masih berkaitan dengan artikel sebelumnya tentang penawaran lengkap dengan pengertiannya serta factor dan contoh kurva penawarannya dan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dan macam-macam pasar menurut kriterianya dan semoga dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi sahabat sekalian, berikut adalah ulasannya : 

Kegaitan penjualan yang dilakukan pada umumnya di pasar. Kita dapat melihat pasar yang ada dilingkungan sekitar kita. Pasar tersebut bukan hanya untuk melakukan transaksi jual beli, akan tetapi beberapa orang datang kepasar hanya untuk melihat-lihat atau sekedar mengetahui keadaan barang dan harga. 

Pasar disekitar kita ada yang merupakan pasar tradisional dan ada pula yang modern. Coba bedakan antara pasar tradisional dan modern. Perbedaan tersebut sebenarnya dapat kita lakukan dengan melihat kualitas barang dagangan, cara penataan barang, tempat, dan harga barang. Pada dasarnya konsumen dapat memperoleh barang kebutuhannhya dipasar. Dalam memenuhi kebutuhannya manusia akan berupaya untuk memperoleh barang dan jasa yang sebagain besar disediakan oleh macam-macam pasar. Kalau kita mencoba pergi kepasar, maka kita akan melihat hal-hal yang penting didalam pasar seperti melihat berbagai jenis barang dagangan, ada penjual dan pembeli, dan ada tawar menawar dalam transaksi jual beli. 

Dalam “ pangertian yang paling sederhana “, pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Pada era globalisasi saat ini transaksi tidak hanya terjadi dipasar akan tetapi dapat pula dilakukan melalui sms atau jual beli secara online. Oleh karena itu pengertian pasar tidak terbatas pada tempat bertemunya penjual dan pebeli, melainkan adanya transaksi jual beli barang dan jasa yang disepakati oleh penjual dan pembeli. 

Dari uraian tersebut jelas bahwa “ pengertian pasar secara luas “ merupakan sarana bertemunya penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan jual beli atau proses terjadinya interaksi antara penjual dan pembali untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah barang atau jasa yang diperjual belikan.

Ada unsur yang harus dipenuhi dalam membentuk suatu pasar antara lain : adanya barang yang diperjualbelikan walaupun hanya berupa sampel ( contoh ), adanya penjual dan pembeli walau tidak bertemu langsung , adanya kesepakatan antara penjual dan pembeli dan adanya media komunikasi antara penjual dan pembeli. Pada mulanya pasar terbentuk dalam tingkat local, seiring dengan perkembangan pertukaran barang yang semakin meningkat , lambat laun pasar semakin menjadi luas. 
Pengertian dan Fungsi Pasar
Pengertian dan Fungsi Pasar 

Pasar memiliki fungsi, antara lain adalah : 

a. Fungsi Distribusi

fungsi distribusi dimaksudkan untuk memperlancar distribusi barang dan produsen ke konsumen. Melalui transaksi jual beli, produsen dapat memasarkan barang baik secara langsung maupun tidak langsung atau melalui perantara. Melalui pasar inilah konsumen dapat memperoleh barang yang diinginkan secara mudah dan capat. 

b. Fungsi Pembentuk Harga

pasar membentuk kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. Transaksi penjual dan pembeli pada mulanya melakukan tawar menawar dan akhirnya terjadi kesepakatan harga. Tawar menawar ini dilakukan agar terjadi kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. Pembeli biasanya membeli barang dengan memperhitungkan manfaat atau kegunaan dari barang, sedangkan pedagang biasanya memperhitungkan laba yang diinginkan. Hal inilah yang menimbulkan perbedaan sehingga terjadi tawar-menawar harga. 

c. Fungsi Promosi

promosi artinya memperkenalkan hasil produksi kepada masyarakat, melalui fungsi ini pasar menjual barang sekaligus memperkenalkan hasil produksinya kepada masyarakat. Barang dagangan biasanya dipajang ditempat yang terlihat oleh konsumen dan dengan cara itu diharapkan konsumen dapat merasa tertarik untuk membelinya. Fungsi promosi ini sangat menentukan omzet penjualan apalagi ditunjang dengan kualitas barang yang bagus dan harga yang terjangkau.

Demikanlah penjelasan diatas semoga ada manfaatnya dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda tentang pasar itu sendiri. 

Terimakasih semoga bermanfaat 
Sumber : KEMENDIKBUD

Advertisement 2

Pengertian Pasar dan Fungsi Pasar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar