Pengertian Inovasi Pendidikan serta 8 Jenis Kecerdasan Dalam Dunia Pendidikan

Tempat Berbagi Dalam Berbagai Ilmu Pengetahuan

26 Juli 2017

Pengertian Inovasi Pendidikan serta 8 Jenis Kecerdasan Dalam Dunia Pendidikan

Pengertian Inovasi Pendidikan serta 8 Jenis Kecerdasan Dalam Dunia Pendidikan


Sahabat pendidikan sekalian, berikut adalah artikel yang akan membahas mengenai Inovasi Pendidikan anak usia dini dan pengertiannya yang semoga dapat menjadi pelajaran yang berharga untuk kita semua akan pentingnya pendidikan pada usia dini demi terciptanya generasi yang dapat meneruskan cita-cita bangsa dan negara kita yang tercinta ini dan untuk mempersingkat waktu mari kita simak bersama ulasannya berikut ini :

Budaya hidup yang serab cepat dan persaingan dunia kerja yang sekarang ini secara tidak langsung mempengaruhi para orang tua untuk memicu dan menjadikan anaknya untuk unggul di segala bidang, dengan harapan bahwa semakin cepat seorang anak menguasai suatu bidang keterampilan, semakin hebat pula anak itu di lingkungannya. Padahal setiap anak adalah anugerah yang unik yang sekiranya dapat berkembang dengan cara alamiah dan bukan tumbuh sebagai bentuk yang diinginkan orang tuanya tanpa mengetahui terlebih dahulu apa kemampuan yang dimiliki anak tersebut sesuai dengan fitrahnya, usianya, psikisnya dan minatnya. 

Kepakaan mereka untuk mempelajari sesuatu yang membutuhkan waktu serta melewati suatu proses. Untuk itu, diperlukan suatu cara agar anak merasa nyaman dan tidak terbebani dalam belajar, belajar yang menarik ( Attractive learning ) dan belajar yang menyenangkan ( joyful Learning ) itulah sebabnya di dalam pendidikan dibutuhkan suatu inovasi.

Pengertian inovasi pendidikan juga dapat di artikan sebagai metode pendidikan yang dianjurkan bagi anak usia dini. Metode ini seharusnya merangnsang kecerdasan majemuk anak balita. Karena pada usia ini mereka sedang berada pada masa keemasannya ( golden Age ) metode kecerdasan majemuk (multiple intelligences) yang di prakarsai oleh Dr. howard Gardner, guru besar bisang pendidikan di Harvard university ini mengatakan bahwa ada 8 jenis kecerdasan : 

- Bahasa atau linguistic
- Logis dan matematis
- Spasial ( titik ruang )
- Kinestetik ( jasmani )
- Musical
- Interpersonal
- Intrapersonal
- Naturalis

Pengertian Inovasi Pendidikan
Pengertian Inovasi Pendidikan  

Delapan jenis kecerdasan di atas juga menunjang makna pendidikan yang diusung oleh Unesco, yang meliputi empat pilar yaitu :

-  belajar , untuk mengetahui makna dan manfaat sesuatu bagi kehidupan ( learning to know ) , 
- belajar untuk bisa melakukan sesuatu yang  bermakna untuk kehidupan ( learning to do ), 
- belajar untuk menjadi diri sendiri dan paham terhadap kebutuhan dan jati dirinya ( learning tobe)
-  dan belajar untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya ( learning to live together ).

Menurut penjelasan undang –undang system pendidikan republic Indonesia No.20/2003. Pasal 28 ayat 1 : pendidikan usia dini diselenggarakan bagi anak yang sejak lahir sampai dengan 6 tahun dan bukan merupakan prasyarat untuk mengikuti pndidikan dasar. 

Beberapa penyelenggara pendidkan anak usia dini ( taman kanak-kanak ) di Indonesia sudah mulai menerapkan metode kecerdasan majemuk sebagai inovasi dalam pendidikan anak usia dini, yang mana setiap keunggulan anak akan lebih diarahkan lagi agar menjadi anak yang berbakat dan mengasah kecerdasan anak yang belum menonjol lainnya sehingga tidak hanya pengetahuan yang didapatkan melainkan keterampilan hidup sebagai bekal dimasa depannya. 

Demikainlah penjelasan singkat tersebut diatas semoga dapat menjadi bahan renungan serta dapat menjadi pelajaran berharga bagi kita semua dan semoga dapat bernilai ibadah bagi kita dikemudian hari aammiinn..

Terimakasih semoga bermanfaat 

Advertisement 2

Pengertian Inovasi Pendidikan serta 8 Jenis Kecerdasan Dalam Dunia Pendidikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Edhokasilmu

0 komentar:

Posting Komentar